Momen Timnas Indonesia Yang Gak Boleh Dilupakan

Fyuh, akhirnya setelah kurang lebih 20 tahun gak dapetin gelar (kalo gak salah terakhir itu tahun 1991, SEA GAMES di Vietnam) akhirnya timnas Indonesia berhasil menjadi juara dalam gelaran AFF U-19, Senin, 22 September 2013 kemarin. Momen kemenangan para jagoan muda Indonesia ini tentunya bikin bangga kita semua dong sebagai rakyat Indonesia.

Selain gelar juara, ada banyak momen penting dari timnas Indonesia yang gak bisa kamu lupain gitu aja. Berikut MBDC kasih tau beberapa momen timnas Indonesia yang gak boleh kamu lupain, Yah, kalo pun kamu emang gak tau, berarti sekarang jadi tau.

1. Indonesia VS Kuwait (AFC Asian Cup 1996)

Menurut MBDC ini adalah salah satu pertandingan terbaik yang pernah dilakonin timnas Indonesia dan sekaligus line up terbaik yang pernah dimiliki timnas Indonesia. Di depan kita punya duo Ronny Wabia dan Widodo C. Putro yang punya naluri mencetak gol cukup tinggi, di tengah ada Bima Sakti yang terkenal sama tendangan gledeknya, bagian belakang ada Aples Tecuari yang kokoh, dan gawang dijaga sama Kurnia Sandy yang cukup cekatan.

Indonesia bermain sangat cepat dan bikin repot Kuwait. Bahkan Indonesia berhasil unggul lebih dulu sebelum petaka menghampiri tim asuhan Danur Windo ini, setelah permainan keras Kuwait membuahkan cedera buat kiper utama Indonesia, Kurnia Sandy. Akhirnya, Indonesia harus puas main imbang 2:2.

2. Bicycle Kick Widodo C. Putro 

Masih di AFC Asian Cup 1996 dan masih di pertandingan melawan Kuwait. Walaupun bermain imbang, Indonesia sukses ngasih tau kalo Indonesia itu patut diperhitungkan dan Indonesia punya pemain dengan kualitas dunia macam Widodo C. Putro yang membungkam Kuwait lewat gol bicycle kick-nya yang cukup indah nan fenomenal itu. Ah Widodo kamu selalu di hati ku.

3. AFF Suzuki Cup 2010

Ah masa kamu lupa sih sama event ini? Masih inget dong tentunya. Yes, di tahun ini sebenernya bisa jadi titik balik buat sepak bola Indonesia setelah sekian lama terpuruk. Mungkin ini salah satu timnas Indonesia yang paling terkenal. Kamu pasti masih inget sama Markus Horizon, Firman Utina, Yongki Aribowo, Hamkah Hamzah, dan Bambang Pamungkas. Oh iya di tahun ini Indonesia juga memperkenalkan dua pemain naturalisasi yaitu Irfan Bachdim dan Christian Gonzalez. Dua orang pemain ini kemudian jadi langganan iklan yang gak nyambung, seperti misalnya iklan sebuah produk sosis instan.

Nah, ini dia nih para pemain yang kemudian jadi langganan iklanNah, ini dia nih para pemain yang kemudian jadi langganan iklan

Indonesia tampil perkarasa dan percaya diri dengan mengalahkan lawan-lawannya di babak penyisihan sampai ke babak semifinal. Tapi ternyata dewi fortuna tidak berpihak pada Indonesia (Ini sering dijadiin alesan). Di babak final, tim yang sangat dielu-elukan itu kayaknya sedikit kecapean atau mungkin puas dengan ketenaran dan akhirnya kalah lawan Malaysia, yang sebenernya di babak penyihan udah dibantai sama timnas Indonesia.

4. Sepak Bola Gajah Indonesia vs Thailand (Tiger Cup 1998)

MBDC gak mau kasih tau momen yang bagus aja, momen yang jeleknya juga harus dikasih tau. Yes, timnas Indonesia pernah melakukan hal paling tidak terpuji dalam sejarah sepak bola. Yaa sebenernya sih ini baik Indonesia dan Thailand sama-sama mencoreng citra sepak bola dalam pertandingan ini.

Jadi begini ceritanya: Di Tiger Cup 1998 yang berlangsung di Vietnam, Indonesia berada satu grup dengan Thailand. Nah, kedua negara udah berada di posisi aman buat melaju ke babak semi final. Tapi karena alesan yang sangat klise, di pertandingan terakhir grup antara Indonesia vs Thailand, kedua tim sama-sama gak mau menang dalam pertandingan karena negara yang menang bakal jadi juara grup dan otomatis akan bertemu tuan rumah Vietnam di babak semi final. Hmmm, ya ya ya ya.

Pertandingan pun berlangsung berjalan dengan cukup................ males-malesan. Kedua negara main setengah hati. Tapi tetep mencetak gol sih, karena kiper ama pemain bertahan juga kayak ogah-ogahan gitu loh jagainnya.

Singkat cerita sampe menit ke 90 skornya 2 sama untuk kedua negera. Nah, Indonesia yang kalo seri aja tetep jadi juara grup pun kalang kabut. Pelan-pelan para pemain timnas Indonesia menggiring bola ke arah pertahanan sendiri dan......hal yang paling memalukan pun terjadi. Mursyid Effendi dengan santainya memasukan bola ke gawang sendiri. Indonesia pun akhirnya berhasil mendapatkan cita-citanya, jadi runner up dan menghindari Vietnam di semi final. Trus Indonesia menang gak di semi final? Harusnya menang dong ya? Tapi ternyata Singapura yang disangka bakal lebih ringan malah naklukin timnas dengan skor 2:1. Oiya, akibat jasa tersebut Mursyid Effendi diskor gak boleh main di kancah Internasional seumur hidupnya.

Udah dulu ya tentang timnasnya. Mungkin kamu mau share pengetahuan tentang sepak bola Indonesia? Boleh lho. Nah, kalo kamu mau tau siapa aja yang bakal kamu temuin pas nonton bola di stadion, kamu bisa tengok sini.