MBDC Travel: Seoul - Transportasi & Akomodasi

Beberapa waktu yang lalu editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan. Seperti biasa, demi mendapat cuti, dia berjanji untuk membuat artikel tentang perjalanannya ini. Nah, kalo minggu lalu udah dibahas tentang persiapan kalo mau ke Seoul, kali ini yang akan dibahas adalah Transportasi & Akomodasi! Mari!

Transportasi Menuju Seoul

Ya naik pesawat lah. Apalagi coba. Ya bisa aja sih kalo mau naik kapal, tapi nyampenya bisa beberapa bulan gitu. Seperti halnya penerbangan ke negara-negara lain, ke Seoul ini juga ada penerbangan yang murah dan mahal. Harus jeli-jeli nyari tiket lah intinya. Jangan cuma terpaku sama penerbangan budget aja, karena terkadang penerbangan yang full service harganya bisa sama aja sama yang budget. Waktu ke Seoul kemaren ini, MBDC naik pesawat yang full service dan harga tiketnya mirip tuh sama yang budget. Jadi lebih enak kan.

Soal isi pesawatnya, sama ajalah kayak waktu ke Hong Kong. Gak perlu dibahas lagi lah ya.

Biasalah, Instagram momen di pesawat.Biasalah, Instagram momen di pesawat.

Sekitar 7 jam kemudian, sampailah kita di Seoul! Yeay!

IMG_0532

Transportasi di Seoul

Seperti halnya negara-negara maju lain, transportasi di Seoul ini juga canggih, aman, dan nyaman. Gak perlu bingung lah kalo mau pergi-pergi di Seoul.

Airportnya Seoul itu ada dua, yaitu Gimpo dan Incheon. Yang Gimpo itu kebanyakan dipake buat penerbangan lokal (dan beberapa penerbangan internasional yang deket, kayak ke Jepang) aja, sementara untuk yang luar negeri biasanya sih mendaratnya di Incheon. Incheon ini tuh airport yang super gede dan canggih gitu. Ketika kamu baru mendarat, kamu bahkan masih harus naik kereta antar terminal gitu sebelum sampe ke baggage claim ataupun imigrasi.

IMG_0535Petunjuk menuju Shuttle Train
IMG_0536Nungguin Shuttle Train
IMG_0538Di dalem Shuttle Train

Dari Incheon ke pusat kota itu juga masih jauh. Nah trus gimana dong?! Banyak transportasi aman dan nyaman menuju pusat kota, salah satunya Airport Railroad.

IMG_0545

Seperti yang bisa kamu liat di atas, biayanya sekali jalan 4050 won, atau sekitar 40ribu Rupiah lah. Naik Airport Railroad ini cuma makan waktu sekitar 40 menit gitu dari airport ke pusat kota. Dalemnya kayak gini:

IMG_0547Nyaman deh.

Nah, trus kalo di dalam Seoulnya sendiri gimana? Ada macem-macem transportasi yang enak, tapi yang paling nyaman udah pasti adalah Seoul Metropolitan Subway.

Seoul Metropolitan Subway

Subway di Seoul itu aman, nyaman, cepet, dan harganya cukup terjangkau. Subway di Seoul juga menjangkau banyak banget daerah di Seoul dan di luar Seoul. Berikut ini adalah peta jalur subwaynya Seoul:

seoulsubwayJeng jeng

Mayan ribet ya. Untungnya orang Korea lumayan sigap menanggapi hal ini, jadi mereka punya aplikasi handphone yang fungsinya adalah untuk nyari jalur kereta. Ada versi Android dan iOS. Jadi kalo kamu mau pergi ke suatu tempat dan bingung harus naik kereta apa dan arahnya kemana, kamu tinggal buka aplikasi ini. Bisa dibuka tanpa koneksi internet lagi. Manteb deh pokoknya.

Untuk tiket keretanya sendiri, ada yang model tiket sekali jalan, tapi ada juga yang modelnya kayak kartu bersaldo gitu. Yang tiket sekali jalan bentuknya kayak gini nih:

IMG_0579Yang kayak gini harganya beda-beda, tergantung jarak. Kalo kamu kurang bayar, kamu bisa melakukan fare adjustment seperti halnya di Tokyo. Nah, tapi kalo kamu di Seoul lumayan lama, saran MBDC sih kamu beli ginian:

IMG_0633

Ini namanya T-Money. T-Money ini sebenernya adalah electronic money. Kalo di Indonesia kayak Flazz gitu deh. Nah, T-Money ini nantinya kamu isi saldonya, trus bisa kamu gunain buat macem-macem, mulai dari naik kereta, bus, taksi, sampe beli barang-barang di berbagai toko. Gak rugi sih kalo beli T-Money ini.

Selain itu di Seoul ini juga ada taksi dan bus, tapi MBDC gak sempet naik sih. Yang jelas bentuknya sih bagus.

Akomodasi

Seperti yang MBDC udah pernah bilang, akomodasi di Seoul itu variatif, ada yang murah dan ada yang mahal. Untuk nyari penginapan, kamu bisa cari website-website penginapan standart, kayak misalnya di agoda, hostelworld, atau mungkin booking.com. Suka-suka kamu ajalah.

Korea Central backpackers

Nah, kemarennya ini MBDC nginep di sebuah hostel yang namanya Korea Central Backpackers. Biarpun judulnya hostel, tapi tempatnya bagus dan bersih. Udah gitu lokasinya strategis lagi, deket dari banyak tempat makan, toko, bioskop, theatre district, dan yang paling penting deket sama stasiun subway.

Korea-Central-Backpackers-01Lobby-nya gitu deh.

Di sini kamu bisa pinjem komputer buat internetan gratis. Selain itu di kamar juga ada wifi, jadi kalo kamu bawa laptop, kamu bisa wifian dari kamar. Air putih juga gratis, jadi kalo kamu haus, kamu bisa minum sepuasnya.

Saranghaee!!Saranghaee!!

Interior kamarnya kayak begini:

IMG_1034Mayanlah yaa. Bersih gitu.

Pemiliknya Korea Central Backpackers ini namanya Yong. Dia cukup fasih berbahasa Inggris dan dia bisa ngasih kamu rekomendasi macem-macem gitu. Katanya kan info terbaik itu datengnya dari orang lokal. Naaah...pas banget nih. Tanyain aja si Yong macem-macem. Dia orangnya baik kok.

Ya udah deh segitu dulu. Minggu depan kita bakal bahas tentang makanan-makanan yang enak di Seoul. Oh iya, kalo ada yang mau ditanyain atau mau ngelengkapin boleh langsung tulis di comments aja. Atau mau mention @JHadiprojo di Twitter juga boleh. Bebas ajalah. Sampai jumpa minggu depan.