MBDC Travel: Seoul - Tempat-tempat Menarik

Beberapa waktu yang lalu editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan. Seperti biasa, demi mendapat cuti, dia berjanji untuk membuat artikel tentang perjalanannya ini. Nah, kalo minggu lalu udah dibahas tentang persiapan, transportasi-akomodasi, dan makanan-makanan enak, maka kali ini yang akan kita bahas adalah tempat-tempat menarik di Seoul! Mari!

Daehangno

Daenghangno

Kita mulai dari daerah tempat MBDC nginep dulu deh. Jadi Daehangno ini adalah salah satu pusat mahasiswa gitu deh. Di Korea, daerah-daerah yang rame itu pasti ada di sekitaran kampus gitu deh. Nah, di Daehangno ini ada banyak toko, gallery, dan teater-teater gitu. Daerahnya keren dan enak buat jalan-jalan. Kalo kamu ada banyak waktu, kamu bisa coba nonton salah satu pertunjukan teater yang diadain regular di daerah ini.

Temuan Menarik di Tempat Ini: 

Galeri ini:

Galeri Daenghangno

Hongdae

IMG_0581

Ini juga adalah salah satu daerah paling rame dan terkenal di Seoul. Lagi-lagi tentunya deket kampus. Jadi daerah ini itu ada di sekitaran Hongik University, salah satu universitas paling terkenal di Seoul. Di daerah ini ada...macem-macem sih. Kayaknya apa-apa ada. Kebanyakan toko, cafe, dan tempat makan gitu deh.

Temuan Menarik di Tempat Ini:

Coffee shop ini.

IMG_0877

Katanya sih ini salah satu coffee shop terbaik di Korea gitu.

Gangnam

IMG_0620

Gara-gara lagunya Psy, daerah ini jadi terkenal. Ya paling gak terkenal namanya lah. Nah jadi sebenernya ada apa sih di daerah ini? Jadi Gangnam itu daerah mahal gitu. Brand-brand besar dan mahal macem Louis Vuitton gitu punya toko besar di sini. Selain itu agency-agency K-Pop yang besar macem SM Entertainment (agencynya Girls' Generation) juga kantornya ada di daerah sini.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Apa ya? Kantornya SM Entertainment kali ya. MBDC ke situ ngarep ketemu Girls' Generation. Tapi sayangnya gak ketemu tuh.

Coex Mall

IMG_0630

Jadi Coex Mall ini ya sebenernya mall biasa aja sih, cuma gede banget dan letaknya underground gitu. Di dalem mall ini ada semacam sea world gitu, trus ada bioskop yang super gede, namanya Megabox. Tapi ya udah sih gitu aja.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Waktu ke sini lagi ada performance dari quartet cewek yang main biola gitu. Mayan lah.

IMG_0632

Dongdaemun

IMG_0651

Dongdaemun ini adalah sebuah shopping district yang buka sampe dini hari gitu. Model-modelnya sih kayak Mangga Dua gitu lah, cuma bedanya bukanya sampe malem banget aja. Jadi kalo tiba-tiba kamu ngerasa butuh banget beli baju tengah malem, kamu bisa ke sini. Ada banyak banget toko yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling terkenal itu namanya Doota.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Apaan ya? Jualan-jualan aja sih sebenernya.

Nami Island

nami island

Sebenernya ini daerah standart banget sih. Kalo kamu ke Korea pake tour, pasti diajak ke daerah ini. Terbukti pas MBDC kemari, MBDC langsung ketemu rombongan orang Indonesia. Tapi buat kamu yang pengen sedikit ke luar kota tapi gak pengen jauh-jauh, bolehlah mampir ke Nami Island. Jadi Nami ini terkenal gara-gara pulau ini dijadiin setting sebuah K-Drama kondang yang judulnya Winter Sonata. Nah, di pulau ini kamu bisa nemuin banyak banget memorabilia Winter Sonata gitu deh. Pulaunya sendiri...ya bagus sih. Romantis-romantis Korea gitu. Kayaknya sih tapi cuma bagus kalo Winter atau Spring deh.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Waktu MBDC kemari lagi ada semacem pameran ilustrasi gitu. Keren deh.

IMG_0690

Myeongdong

IMG_0709

Myeongdong ini adalah sebuah daerah perbelanjaan gitu deh. Isinya blok-blok penuh toko gitu, mirip sama Shibuya di Tokyo. Ada aneka macem toko dan restoran di sini dan kayaknya gak abis sih diputerin sehari.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Ternyata Samsung juga punya line fashion kalo di Korea.

IMG_0926

Insadong

IMG_0761

Insadong ini juga daerah perbelanjaan, tapi bedanya apa yang dijual di sini itu kebanyakan barang antik dan artwork gitu. Di sini itu juga ada banyak banget gallery-gallery kecil gitu. Kalo kamu lagi ngerasa sok-sok nyeni gitu, boleh mampir kemari.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Toko buku ini:

IMG_0810

Di sini kamu bisa nemuin banyak buku tentang Korea dalam bahasa Inggris. Selain itu mereka juga jualan CD dan DVD Korea gitu. Orang-orang yang jaga bisa bahasa Inggris dan bisa ngasih kamu rekomendasi. Kamu juga bisa ketemu sama yang punya toko ini (Mr. Kim) kalo kamu ke sini hari Sabtu.

Bukchon Hanok Village

IMG_0771

Bukchon Hanok Village adalah sebuah daerah dimana kamu bisa liat rumah-rumah Korea jaman dulu gitu. Nah, uniknya adalah sebenernya tempat ini tuh bukan daerah yang dibuat untuk tujuan wisata. Bukchon Hanok Village ini adalah perumahan beneran, as in ada orang-orang yang tinggal di perumahan ini. Cuma karena bentuk-bentuk rumah di daerah ini bentuknya masih menyerupai bentuk rumah Korea jaman dulu, maka daerah ini jadi daerah populer untuk wisata. Kalo kamu jalan-jalan di daerah ini, kamu gak boleh berisik, karena takut mengganggu para penghuni rumah. Jalan-jalan di sekitaran sini enak banget deh rasanya.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Rumah-rumahnya keren banget. Muter-muter aja, pasti banyak nemu yang bagus.

N-Seoul Tower

IMG_0823

N-Seoul Tower ini adalah titik tertingginya Seoul. Jadi N-Seoul Tower ini adalah sebuah menara yang bentuknya menyerupai menara penyiar TV gitu. Letaknya ada di sebuah bukit. Kamu bisa mencapai N-Seoul Tower ini lewat jalan biasa, tapi yang lebih populer itu naik cable car. Di N-Seoul Tower ini ada beberapa restoran, trus juga ada Teddy Bear Museum.

Temuan Menarik di Tempat Ini: 

IMG_0853

Terkenal banget nih. Katanya kalo mau cintanya abadi harus masang gembok di sini.

Seoul Folk Flea Market

IMG_0990

Jadi sesuai namanya, Seoul Folk Flea Market ini adalah tempat jual barang-barang second gitu. Jualannya random abis sih, mulai dari baju, alat musik, sepatu, poster film, sampe barang-barang antik. Kalo kamu telaten, kamu bisa dapet banyak harta karun sih di sini. Eh tapi harga-harga barangnya kalo yang antik gitu mayan mahal sih.

Temuan Menarik di Tempat Ini: Ada yang jualan VHS! Trus ternyata film-film yang lumayan baru pun masih ada versi VHS-nya lho. MBDC nemu Transformers 2 sama Iron Man 2 di sini.

Kurang lebih gitu deh. Nah, minggu depan MBDC akan membahas hal-hal random di Seoul! Stay tuned!