MBDC Travel: Seoul - Persiapan

Beberapa waktu yang lalu, editor MBDC @JHadiprojo kembali berkesempatan untuk jalan-jalan! Kali ini dia mengunjungi kota Seoul di Korea Selatan! Akh, kok enak banget sih MBDC?! Ya enak lah. Dibilangin gak pernah percaya sih. Anyway, seperti biasa, supaya dapet ijin buat jalan-jalan, si @JHadiprojo harus nulis artikel tentang perjalanannya buat MBDC. Nah, maka dari itu selama beberapa minggu ke depan, MBDC akan memuat info-info yang sekiranya kamu perlu tau kalo mau pergi ke Seoul!

Di edisi pertama ini, seperti biasa MBDC akan membahas hal-hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Mari!

Beli Tiket Pesawat

Lho kok tau-tau beli tiket pesawat? Iya, kamu emang harus beli tiket pesawat dulu sebelum ngurus visa, karena nantinya tiket pesawat ini bisa jadi bahan untuk ngajuin aplikasi visa. Nah, ada banyak maskapai yang terbang ke Korea, mulai dari yang murah sampe yang mahal. Cuma kamu harus jeli nih, karena yang murah belum tentu paling murah, dan yang mahal belum tentu lebih mahal dari yang murah. Intinya rajin-rajin ngecek dan ngebandingin deh.

Pesen Hotel

Kamu juga harus pesen hotel di muka, karena nantinya bukti pemesanan hotel ini juga akan kamu sertakan pas mau ngajuin aplikasi visa. Untuk booking hotel, kamu bisa coba lewat agoda.com (kalo kamu maunya pake hotel) atau hostelworld.com (kalo kamu yang backpacker-backpacker gitu). Untuk hotel rekomendasi MBDC bakal MBDC kasih tau di edisi depan ya.

Visa

Seperti halnya pergi ke Jepang, ke Korea Selatan juga perlu pake Visa. Proses pengurusan dan lama pengurusannya juga kurang lebih sama kayak ke Jepang. Nah, jadi gimana sih cara ngurus visa ke Korea Selatan?

Pertama-tama kamu harus tau dong ngurusnya dimana. Jadi tempat ngurus visa KorSel itu ada di The Plaza Office Tower lt. 30. The Plaza Office Tower itu adalah gedung kantoran yang ada di Plaza Indonesia itu lho.

Dokumen-dokumen

Sebenernya semua dokumen yang diperluin itu udah ditulis di website mereka. Tapi buat kamu yang males research, nih MBDC kasih tau dokumen-dokumen yang perlu kamu bawa:

  1. Formulir aplikasi yang udah diisi plus selembar foto yang ditempel di formulir aplikasi
  2. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  3. Surat keterangan kerja dan SIUP tempat kerja. Kalo gak kerja? Ya gak usah.
  4. Kalo kamu pergi sekeluarga, harus ada kartu keluarga atau dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga
  5. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  6. Bukti keuangan, kayak misalnya buku tabungan. Kalo kamu masih sekolah/kuliah, kamu harus menyertakan bukti keuangan orang tua kamu.

Nah, syarat di atas itu sih syarat yang ditulis sama websitenya kedutaan Korea. Tapi waktu kemaren ngajuin aplikasi, MBDC nyertain:

  1. Tiket pesawat
  2. Bukti pemesanan hotel
  3. Itinerary perjalanan

3 hal tersebut emang gak disebut, tapi mendingan disertain aja sih. Biar pasti diterima gitu.

Biaya

Biaya visanya Korea itu $ 30. Lho terus harus bayar pake dollar? Nggak sih, bayarnya pake rupiah. Tapi harga rupiahnya berubah tergantung berapa dollar hari itu. Jadi kamu bawa duit lebihan aja. Biaya ini dibayar di muka dan gak bisa dibalikin.

Lama Pembuatan

Pembuatan Visa Korea lumayan cepet kok, cuma sekitar 3 hari kerja. Jadi deg-degannya gak terlalu lama gitu.

Masa Berlaku

Jadi visa Korea ini juga ada masa berlakunya gitu, yaitu 3 bulan sejak terbit. Jadi kalo kamu mau pergi tahun depan, ya jangan bikin dari sekarang. Nah selain masa berlaku, visa ini juga ngejelasin berapa lama kamu boleh stay di Korea. Biasanya sih cuma dikasih sekitar sebulan.

Uang

Jadi berapa banyak tabungan yang kamu harus punya supaya visa kamu diterima? Seperti halnya ke Jepang, gak ada itungan pastinya sih. Yang jelas kayaknya sih harus masuk akal aja.  Kalo tabungan kamu gak terlalu banyak, ya jangan bilang kalo kamu mau muterin seluruh Korea lah. Bilang aja mau di Seoul doang.

Nah, tapi berapa banyak uang yang sebenernya kamu butuhin buat survive di Korea? Kalo ini sih tergantung gaya hidup kamu ya. Kamu mau nginep dimana? Hotel atau hostel? Kamu mau makan apa? Harus fine dining atau boleh apa aja? Ini semua bakal ngaruh banget ke berapa uang yang kamu butuhin. Yang jelas sih biaya hidup di Seoul itu tinggi. Apa-apa (kecuali kosmetik) itu mahal. Rata-rata makanan di sana itu harganya 7000 Won (sekitar 70 ribu). Porsinya gede sih. Kalo kamu pergi berdua enak nih, satu makanan bisa buat share berdua. Untuk nginep sendiri juga variatif. Kalo hostel semalemnya bisa cuma sekitar 300 ribuan. Tapi kalo hotel ya bisa jutaan semalemnya.

Cuaca

Korea Selatan punya 4 musim. Nah, ini penting banget buat kamu tau sebelum berangkat. Jangan sampe salah kostum pas udah sampe sana. Gosipnya sih musim dingin di Korea itu dingin banget. Jadi kalo kamu berangkat sekitaran bulan Desember...ya siapin aja jaket yang tebel-tebel.

MBDC kemaren ke sana pas lagi musim panas. Biarpun judulnya musim panas, tapi ujan mulu. Asli tiap hari ujan. Jadi kalo kamu ke sana pas summer, ya siap-siap aja bawa baju ganti, handuk kecil, dan kalo bisa sih sepatu yang tahan air. Gak enak banget lho pake sepatu basah. Selain dingin, kaki juga jadi bau. Ya gitu deh.

Persiapannya kurang lebih gitu sih. Girls Generation, here we come!