MBDC Travel: Seoul - Makanan

Beberapa waktu yang lalu editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan. Seperti biasa, demi mendapat cuti, dia berjanji untuk membuat artikel tentang perjalanannya ini. Nah, kalo minggu lalu udah dibahas tentang persiapan kalo mau ke Seoul sama akomodasi dan transportasinah kali ini yang akan kita bahas adalah makanan-makanan enak di Seoul.

Ps: Ada kemungkinan besar bahwa yang MBDC makan ini bukan yang paling enak sih, soalnya MBDC kan sebenernya cuma asal makan aja. Tapi ini yang paling enak yang MBDC makan selama di sana.

옛날농장 

옛날농장

Restoran ini letaknya di daerah Daehangno, deket sama hostel Korea Central Backpackers yang MBDC inepin. Paling jalan kaki cuma 3 menit. Jadi restoran ini kurang lebih dibacanya (kalo gak salah) 'Yenalnojang'. Ini adalah restoran Korean BBQ gitu. Tau restoran Chung Gi Wa di daerah Wijaya? Nah, ini kayak gitu, cuma lebih otentik aja. Menunya kurang lebih kayak gini:

옛날농장 menuYang enak di sini itu adalah Grilled Pork Ribs sama Samgyeopsal.

Grilled pork ribs & Samgyeopsal

Nyaaammmm...Duh, enak banget inih.

Sate Korea

Sate Korea

MBDC gak tau sih ini bahasa Koreanya apa. Jadi makanan ini sih ada dimana-mana, biasanya banyak di daerah deket universitas gitu, di tenda pinggiran. Yang ini MBDC makannya di deket Ewha Women's University. Harga satunya sekitar 2000 Won (20ribuan lah). Dagingnya ada yang sapi dan ada yang ayam. Ini bukan makan besar sih, tapi enak banget buat nyemil-nyemil malem gitu.

Miss Lee Cafe

Ms Lee Cafe 01Oke, jadi sebenernya makanan di Ms Lee Cafe ini sih gak enak-enak amat. Cukup unik, tapi gak spesial. Yang bikin spesial tempat ini adalah karena tempat ini tuh penuh banget coret-coretan dari pengunjung yang dateng. Jadi kamu tuh bisa ninggalin pesen-pesen gitu deh di sini. Cocok banget buat couple-couple gitu.

Ms Lee Cafe 02Itu semua pesan-pesan cinta orang.

Tempat ini rame banget dan padet banget. Biasanya kamu kena waiting list gitu kalo mau masuk.

Ms Lee Cafe 03

Jadi sebenernya tempat ini jualan makanan apa sih? Sebenernya Ms Lee Cafe ini banyakan jualan dessert dan aneka minuman latte gitu deh. Tapi mereka juga jualan menu nasi yang unik:

Ms Lee Cafe 04Jadi nasinya itu ditaro di dalem kotak besi gitu. Sebelum kamu makan, kotak ini harus kamu kocok-kocok dulu, jadi semua isinya ini nyampur. Rasanya...ya gitu deh. Mayan enak sih. Tapi gak biasa aja. Oh iya, tempat ini kayaknya beberapa kali dikunjungin sama artis Korea gitu, makanya laku banget. Lumayanlah dikunjungin, buat pengalaman aja. Oh iya, Ms Lee Cafe ini adanya di daerah Insa-dong.

Korean Fried Chicken

Korean Fried ChickenNah ini. MBDC lupa motret nama restorannya. Jadi MBDC lupa namanya apa. Haha. Yang jelas jualannnya fried chicken ala Korea gitu. Jadi kalo di Korea, fried chicken kayak gini itu adalah cemilan sambil minum bir gitu. Padahal porsinya banyak banget. Ngenyangin banget sih. Jadi kalo yang di restoran ini, kamu bisa milih sausnya gitu. Yang kuning itu honey mustard dan enak banget. Oh yang ini juga letaknya di daerah Daehangno.

다 밥

The BabYang ini juga tempatnya deket banget sama Korea Central Backpackers. Di sekitar sini emang banyak makanan cihuy sih. Jadi 다 밥 ini (alkisah bacanya sih The Bab) jagoannya Bulgogi gitu. Penampakannya kayak gini:

Bulgogi The BabDuh jadi laper. Jadi porsi Bulgoginya itu cukup buat makan bertiga atau bahkan berempat lah. Jadi gak perlu masing-masing pesen satu lah. Udah gitu dapet banyak side dish juga. Kenyang lah ini makan bertiga.

틈새라면

restoran palgyeotok

Jadi si 틈새라면 (bacanya teumsaelamyeon) ini adanya juga di daerah Daehangno, deket sama hostel tempat MBDC nginep. Restoran yang satu ini jualannya adalah Palgyeotok. Apakah itu palgyeotok? Jadi palgyeotok itu adalah ramen, tapi pedes gitu deh. Enak dan seger banget deh. Bentukannya kayak gini:

PalgyeotokYang di sampingnya itu adalah spam riceball, jadi kayak riceball...tapi pake spam. Enak banget deh pokoknya. Oh iya, restoran yang satu ini itu konsepnya self service. Jadi kalo kamu mau pesen, kamu harus datengin ke dapurnya gitu buat pesen. Kalo kamu mau minum atau mau side dish, kamu juga harus ambil sendiri gitu di tempatnya.

Nah, kurang lebih itu deh makanan-makanan enak yang sempet MBDC makan selama di Seoul. Berikutnya, kita akan membahas tempat-tempat seru! Tungguin minggu depan ya.