5 Kebohongan Masa Kanak-kanak

Anak kecil itu gampang dibohongin. Gak terkecuali kamu waktu kamu masih kecil dulu. Pasti orang tua kamu sering menggunakan tipu daya dan muslihat supaya kamu gak rewel dan mengikuti kemauan mereka. Dan kebohongan-kebohongan masa kecil itu biasanya simpel dan bener-bener gak masuk akal. Dan kamu karena masih kecil, ya mau-mau aja diboongin. Pas kamu udah gede kamu biasanya baru sadar kalo dulu kamu diboongin.

Ini nih, beberapa kebohongan masa kecil kamu, yang mungkin sampe sekarang kamu belom sadar.

Makanan Sisa Menangis 

Kalo kamu lagi susah disuruh makan, mama kamu bakal bilang "Kalo nasinya gak diabisin nanti dia nangis lho." Kamu pun, seorang bocah yang polos dan berhati mulia, langsung menghabiskan makanan di depan kamu dengan lahap, karena kamu gak tega untuk melihat si butir nasi bersedih dan menangis karena kamu gak memilih dia untuk kamu makan.

Baru setelah kamu gedean dikit kamu sadar kalo ini hanyalah kebohongan. Nasi kan gak punya mata! Gimana bisa nangis! Beda lagi ceritanya kalo kamu kamar telor mata sapi...

4 Sehat 5 Sempurna

Ini doktrin yang populer banget jaman dulu. Katanya kalo kamu nasi, lauk, sayur dan buah, kamu bakal sehat. Kalo ditambah sama susu, jadinya sempurna.

Setelah kamu dewasa, kamu pun belajar kalo itu pun juga bohong. Sekeras apa kamu berusaha, dan sebanyak apapun susu yang kamu minum, kamu gak akan bisa menjadi sempurna. Karena gak ada yang sempurna di dunia ini. Yang kamu bisa lakukan hanyalah pasrah, terima kenyataan ini, dan carilah orang yang mau menerima kamu apa adanya.

"Kalau tidak bobok digigit nyamuk.."

MBDC sebenernya masih penasaran sama Nina di lagu Nina Bobok. Siapa sih dia? Anak yang bikin lagu? Atau itu cuma ungkapan aja? Terus kenapa musti Nina sih ? Kan banyak nama-nama yang lain, atau kata ganti orang yang bisa dipake buat lagu.

Eniwei, lagu Nina Bobok juga mengandung lirik yang menyesatkan. Menurut lagu tersebut, kamu musti tidur kalo gak mau digigit nyamuk. Justru kalo kamu tidur, kamu menjadi sasaran empuk para nyamuk. Mereka bisa menggigit dan menghisap darah kamu sepuasnya, tanpa perlawanan. Sedangkan kalo kamu bangun, kamu bisa mengadakan perlawanan, dengan nepok ato pake raket listrik.

Nanti Rusak

Kalo kamu pengen megang sesuatu, mama kamu langsung ngelarang dengan alasan "nanti rusak" kalo kamu pegang. Padahal kamu cuma mau nyentuh doang. Gak ngejatohin, gak ngebanting, ato kamu telen. Ini alasan yang ngeremehin banget sih sebenernya. Sayangnya kamu masih kecil aja, jadi gak bisa membantah.

Papa sama Mama lagi...

Jadi ceritanya kamu kebangun tengah malem karena mimpi buruk. Ketakutan untuk tidur sendiri lagi, kamu pun beranjak ke kamar papa mama kamu. Ini ceritanya kamu masih kecil gitu, jadi gak malu kalo tidur sama papah mamah. Terus kamu sampailah ke pintu kamar mereka. Karena kamu masih kecil, dan ketakutan abis mimpi buruk, kamu gak ngerti juga sama konsep ngetok pintu dan langsung nyelonong masuk.

Ternyata papa dan mama kamu lagi sibuk... Melakukan sebuah kegiatan. Mereka kaget ngeliat kamu dan langsung berhenti. Kamu sendiri pun heran, karena kamu belom pernah ngeliat kegiatan itu. Kamu pun nanya, mereka lagi ngapain.

Nah orang tua kamu pun langsung jawab sekenanya, misalnya "Lagi nyari duitnya papa keselip di dalem selimut," atau "Lagi ngajarin mama main golf." Kamu gak peduli sih. Langsung aja kamu naek ke tempat tidur mereka, tanpa menyadari betapa kentangnya malam itu.

Suatu hari di masa depan, kamu akan teringat lagi akan malam itu, sadar dengan kebohongan orang tua kamu, dan menyadari apa yang pernah kamu saksikan oleh mata kepala kamu sendiri: gimana adek kamu diciptakan. Terus kamu langsung nelpon psikolog, karena trauma.

Apalagi bohong-bohong yang pernah kamu terima waktu kecil dulu? Share yuk di comment.