Mengartikan Orang Telat

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kebudayaan. Dari ratusan jiwa penduduknya, belasan ribu pulau, kita punya puluhan suku, budaya dan bahasa daerah yang khas. Dan selain bahasa daerah, ada lagi bahasa-bahasa gaul dan bahasa informal sehari-hari, diantaranya adalah bahasa orang telat.

Kali ini, MBDC mau ngasi tau kamu arti sebenernya kalimat yang orang telat ucapkan dari mulutnya. Bahasa orang telat adalah bahasa yang penuh kode dan intrik, jadi kamu gak bisa mengartikannya langsung seperti bahasa Indonesia. Inilah beberapa kalimat-kalimat khas orang telat, dan makna sebenarnya. 

Udah Jalan

Kalo ada orang telat bilang dia udah jalan, kamu jangan seneng dulu. Udah jalan itu artinya sangat luas dan ambigu. Jalannya dimana? Apakah dia udah jalan dari pintu depan rumah ke pager? Apa dia udah jalan ke halte bus? Atau misalnya kamu janjian di Thamrin, sedangkan rumah temen kamu ada di BSD. Nah dari BSD ke Thamrin, berapa KM kan tuh jalannya, tepatnya dia ada dimana, gak jelas.

Arti sebenarnya dari kalimat "Gue udah jalan" itu adalah "Udah lo tunggu aja, gue udah berangkat nih menuju lo. Pokoknya nanti bakal sampe deh, suatu hari nanti. Lo sabar aja. Orang sabar disayang tuhan."

Udah Deket

Gak puas sama jawaban "Udah jalan" kamu pun nanya lebih lanjut: "Dimana?"

Lalu temen kamu pun jawab, "Udah deket."

Ini pun masih ambigu. Apakah deket sama tempat janjian, deket sama rumah neneknya, deket tapi belom nembak, gak jelas kan.

Arti sebenarnya adalah, "Sabar. Tenang. Gue pasti nyampe kok. Lo santai aja. Ngapain dulu kek, nonton dulu, boker dulu. Pokoknya gue bakal dateng."

Macet Nih

Selain bilang "Udah deket," orang yang telat biasanya nambah-nambahin embel-embel "Macet nih" sebelom pembicaraan terakhir, untuk meyakinkan kamu kalo dia pasti bakal dateng, tapi telat, tapi telatnya bukan salah dia, soalnya ya emang macet, mau gimana lagi, jadi kamu musti maklum aja kalo temen kamu itu kejebak macet. Dan nanti pas dia dateng, kamu gak boleh ngomel-ngomel karena ya emang macet. Ngerti gak sih macet!

Arti sebenernya adalah, "Ck. Resek deh lo nanya-nanya mulu. Jadi orang sabaran dikit ngapah?!"

X Menit Lagi

Kamu mulai was-was, temen kamu yang tiap 5 menit kamu telponin itu gak dateng-dateng, padahal dia bilang udah deket, tapi ya kejebak macet. Kamu pengen semua orang dateng on time, soalnya ceritanya kan mau nonton, dan kamu udah nunggu-nungguin banget film ini. Kamu pengen semua orang dateng sebelom film dimulai, jadi nanti pas ditengah-tengah film kamu gak perlu keluar bioskop buat ngasi tiketnya.

Kamu pun mulai nanya spesifik, berapa menit lagi dia nyampe.

Dia bilang "5 menit lagi."

Tapi sebenernya maksud dia adalah, "Taik lo resek. Udah ah gue mau minggir makan dulu. Hahaha. Bodo amat."

Aku Telat Nih

Arti sebenernya adalah, "Kamu musti tanggung jawab."

Sekarang kamu ngerti ya, apa maksud sebenernya omongan-omongan orang telat. Sana gih, tanggung jawab atas perbuatan kamu.