Cara Menggunakan Kamus

Suatu hari kamu ditanya sama keponakan kamu atau mungkin sama anak tetangga kamu, “om/tante, aku disuruh sama guru SD ku buat nyari arti kata ini di kamus, ajarin cara make nya dong!” karena kamu terlalu sering buka kamuslang.com dan make google translate, kamu lupa cara menggunakan kamus yang berbentuk buku. Kamu pun bingung.

Kali ini MBDC bakalan ngasih tau kamu cara menggunakan kamus. Disini kamus apapun ya (inggris – Indonesia, spanyol – inggris, KBBI, Oxford English) pokoknya segala macem kamus. lanjut

Cari awalan huruf dari kata yang mau kamu cari

Misalkan kamu mau cari arti kata “Alternative” gitu ya, berarti Jelas, kamu harus cari di huruf A.

Nah, huruf A ini bakalan ngurutin semua kata-kata yang berawalan dengan huruf A juga, tapi berurutan, artinya, kalo mau cari kata “Alternative”, coba cari bagian huruf A yang huruf keduanya deket-deket huruf L, kalau misalnya “Acknowledge” gitu, berarti masih agak jauh dari “Alternative”. Atau ternyata “Amber” gitu berarti udah kelewatan. Ngerti kan?

Lihat contoh penggunaannya

Jangan lupa liat contoh penggunaannya, biasanya ada di bagian itu juga.

Contoh:

Sodomize

“That boy has been sodomized by the gorilla”

Kurang lebih gitu.

Perhatikan bagian imbuhannya

Ini penting nih, apalagi di KBBI, misalkan kamu nyari kata “Gaul”, dengan imbuhan, artinya bakalan beda!

Antara “Pergaulan”, “Mempergauli”dan ”Menggauli” itu artinya beda loh.

Lempar kamus ke orang yang ngeselin

Ada yang gak jelas kegunaan kamus yang ini? Ini juga salah satu menggunakan kamus kok, cuma diluar kebiasaan aja.

"Diam kamu!""Diam kamu!"

Silakan dicoba, yuk sambil dishare pengalamannya.