Artikel dari Kamu: 6 Fase Mengerjakan Soal Ujian

Artikel dari kamu adalah sebuah rubrik yang diisi oleh artikel-artikel random kiriman kamu yang dipost di Komunitas Malesbanget. Artikel di sini gak terlalu banyak MBDC edit dan kurang lebih masih seperti versi aslinya. Kenapa? Supaya kesannya…artikel dari kamu banget! Semua artikel yang ada di rubrik ini adalah pandangan dan pendapat pribadi para penulis, bukan MBDC. Selamat menikmati!

Manusia selalu berubah. Seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman yang didapatkan, serta perubahan lingkungan, manusia selalu membuat perubahan-perubahan dalam hidupnya agar lebih baik.

Salah satu tahap dalam hidup manusia yang penuh dengan perubahan adalah saat mereka ujian. Dalam hidup, kamu pasti pernah mengalami yang namanya ujian. Dari UTS hingga UAS. Minimal kamu udah pernah ujian nasional deh.
Setelah melakukan penelitian intensif selama bertahun-tahun, aku pun menemukan pola UJIAN yang paling umum diikuti oleh para siswa di Indonesia. Inilah dia.

1. Posisi Menentukan Prestasi 

Kata-kata ‘tempat duduk menentukan prestasi’ itu memang sudah lama populer, sejak jaman papa kamu masih funky juga udah ada kali ya kata-kata ini. Kalau pada saat ujian, duduk di belakang praktis membantu kamu untuk mencontek. Sementara kalau kamu duduk di depan, kamu bakalan malu kalau kamu ketahuan mencontek.

Setelah itu kamu akan...

2. Kerjakan Sebisa Mungkin

Cari soal yang mudah yang paling bisa dikerjakan. Biasanya kalo soal MTK tuh soal nomor 1. Jangan malu-maluin ah, kamu harus belajar.

"Tapi masih banyak yang belum aku kerjain" Maka kamu akan...

3. Menebak dengan Logika

Mengira-ngira jawaban yang benar dengan menganalisis tiap kemungkinan jawaban yang ada. Menggunakan algoritma yang kamu sendiri ngga ngerti buat memecahkan kunci jawaban. Mencari pola si pembuat soal supaya bisa menerka di titik mana dia menyelipkan #kode.

"Tapi aku nggak nemu polanya" Maka kamu akan...

4. Nyontek

Ya! Mencontek, kamu bisa nyontek ke siapa aja. Nyontek kiri-kanan-depan-belakang-serong. Eh tapi kamu tau ngga sih caranya nyontek yang baik? Ngga tau? Pelajarin dulu gih videonya. Tapi kalau ternyata kamu seorang pencontek, kamu pencontek tipe apa?
"Tapi waktunya ngga cukup untuk nyontek" Cara terakhir...

5. Jawab Secara Random

Biasanya ini kalau kamu dah nyerah sama temen kamu yang ternyata lebih parah dari kamu. Segala macam cara didapetin buat nyari jawaban. Mulai dari hitung kancing, hitung jumlah karakter di soal, sampai lempar koin bisa kamu lakukan.

Tapi kalau semua itu kamu tetep aja ngeyel, mending kamu...

6. Pasrah

Yaudah deh. Berdoa aja yang terbaik buat nilai ujian kamu. Tapi sisi baiknya, kamu bisa tidur! Yeah, tidur di kelas itu nikmat banget lho!

Share dong pengalaman ujiannya di komentar.

Artikel Kiriman dari: Irsyad Fikri