Alat-alat Masak yang Kamu Butuhkan Ketika Naik Gunung

Dulu MBDC pernah ngasih tau kamu cara packing yang baik dan benar untuk naik gunung. Sekarang kamu ceritanya udah fix mau naik gunung nih, tapi kamu belum tau mengenai alat-alat masaknya apa dan kegunaannya apa. Karena MBDC itu baik banget, kita bakalan ngasih tau kamu nama-nama alat-alat masak di gunung yang standard dan cara penggunaannya.

Trangia

Trangia 1

Ini adalah alat masak paling ideal untuk naik gunung, isinya terdiri dari 3 buah panci, 1 buah kompor spiritus + penahan angin, satu penggorengan dan alat japit serbaguna. Kalau udah bawa trangia, kamu tinggal sediain aja spiritus (dan bahan masakan tentunya). Kendalanya adalah, trangia ini agak sedikit mahal dibanding alat-alat yang akan MBDC sebutkan lainnya.

Trangia 2

Kegunaan: Alat masak multifungsi, bisa untuk goreng-goreng, merebus, atau bahkan menanak nasi

Pisau-sendok lipat

Pisau Sendok Lipat yang BenarPisau Sendok Lipat yang Benar

Pisau sendok lipat ya, bukan pisau lipat, kenapa? Kalau pisau lipat, biasanya gak ada sendok apalagi garpu nya, tapi kalau pisau-sendok lipat udah pasti ada sendok dan garpunya.

Bukan pisau-sendok lipatBukan pisau-sendok lipat

Kegunaan: jelas dong, buat jadi sendok, garpu, maupun pisau. Disitu juga ada beberapa alat lain yang multifungsi, nanti begitu di buka, sendok dan garpu bisa dipisah, kayak gambar di atas. Jadi kayak ada dua part gitu deh.

Kompor beserta bahan bakar

Bahan bakar padat (parafin) beserta kompor lipatBahan bakar padat (parafin) beserta kompor lipat

Ada beragam jenis untuk alat masak ini, salah satunya adalah paraffin dan kompor lipatnya, sebagian orang lebih memilih menggunakan paraffin karena multifungsi, selain untuk masak, bisa juga sebagai salah satu pemicu api untuk bikin api unggun. Cuma sebagian tetep milih kompor gas lipet, karena api yang dihasilin bisa lebih gede daripada paraffin dan lebih cepet nyala.

Kompor gas lipatKompor gas lipat

Kegunaan: menyalakan api, memasak

Nesting

nesting

Ini adalah versi murahnya trangia. Isinya kurang lebih sama, bedanya gak ada kompor spiritus dan agak kurang enak kalau dipake goreng-goreng. Kalau pake nesting ini, pasangan untuk masaknya biasanya sih pake kompor gas atau kompor paraffin.

Kegunaan: goreng-goreng, rebus-rebusan, bisa juga dijadikan nampan pengganti piring, bisa diletakan barang-barang kecil seperti paraffin di bagian dalam panci ketika tidak dipakai memasak.

Veldples

veldples

Terakhir, ini alat minum yang lebih familiar dengan sebutan “tempat minum tentara” sebenernya alat ini berguna banget, selain untuk tempat minum, veldples (atau veples) ini juga ada satu bejana yang bisa dipake buat dijadiin cangkir. Nah, kalau kamu mau masak minuman anget semacam teh gitu, daripada bingung masak airnya dimana, bisa di bejana nya itu.

Kegunaan: alat minum serbaguna, wadah untuk memasak air hangat 

Piring dan cangkir

piring plastik

Kamu salah besar kalau kamu kira gak perlu piring atau cangkir, walaupun alat-alat kayak trangia itu udah praktis, ketika kamu akan pergi berkelompok, percayalah, gak semua orang mau makan langsung dari panci penggorengan. Apalagi bekas kamu.

Kita saranin kamu bawa piring dan cangkir atau gelas plastik ya, kenapa? Selain ringan, bersihinnya juga gampang. Dan gak usah bawa piring atau gelas sekali pake, kenapa? Ntar takutnya kamu (atau sebagian temen kamu) bakalan nyampah di gunung.

Jangan bawa mug ini, karena gampang pecah.  Bawa yang plastik aja.Jangan bawa mug ini, karena gampang pecah. Bawa yang plastik aja.

Kegunaan: membagi dan memisahkan makanan sesuai porsi orang masing-masing.

Dari kita segitu aja, kalau diantara kamu ada yang hobby naik gunung, share dong. Bukan gunung yang lain ya yang kita bahas disini.