Tipe-tipe Pengunjung Toko Buku

Ceritanya kamu adalah pembaca setia MBDC yang kritis. Kamu seneng banget sama seri pengetahuan umum dan menentukan kepribadian seseorang dari hal-hal yang random. Nah karena kamu orangnya kritis, kamu pengen membuktikan bahwa hal-hal yang ditulis di MBDC adalah benar. 

Salah satu caranya ya kamu tanya ke Google. Tapi kamu kurang puas dengan hasil googling-an kamu, dan kamu pengen nyari buku yang ngebahas tentang hal yang kamu cari. Maka pergilah kamu ke toko buku.  

Eits, tapi sebelom kamu ke sana, ada baiknya kamu baca artikel ini dulu biar tau di toko buku itu ada orang kayak apa aja sih. 

Liat-Liat Dulu

Jenis ini bakal banyak banget kamu temuin. Mereka biasanya emang doyan baca, dan toko buku serta perpustakaan adalah tempat favoritnya. Mereka biasanya lagi gak tau mau beli buku apa, tapi pengen beli buku baru yang jelas.

Orang-orang ini bisa dikenali dengan kebiasaannya baca sinopsis buku di belakangnya, terus ditimang-timang, terus ditaro lagi. Abis itu muter-muter lagi dan diulang lagi kerjaan yang tadi. Gak jarang kalo bukunya udah dibuka, diendus-endus juga bau kertasnya. Terus ulang lagi. Akhirnya keluar toko deh gak beli apa-apa.

Si Efisien

Ini kebalikannya. Mereka tau buku apa yang mau dibeli, kadang juga udah tau bukunya ada di rak yang mana. Mereka dateng ke toko buku, ambil bukunya, bayar, buka bungkusnya dan langsung baca sambil jalan keluar.

Tapi kalo kamu pikir orang ini bakal nabrak karena jalan sambil baca, kamu salah. Tipe-tipe ini udah bertahun-tahun terlatih dalam hal membaca sambil jalan. Biarpun matanya asik baca, mereka kayak punya radar yang ngasi tau mereka kalo ada orang atau tembok di depannya. Canggih pokoknya.

Tukang Baca Gratis

Ini nih yang paling banyak di toko buku dimanapun, apalagi di bagian komik. Motifnya macem-macem, dari ngisi waktu selagi nunggu temen/film/janji, emang pengen beli, atau emang pelit aja ga mau beli, mereka adalah orang-orang yang bikin toko buku merugi.

Mereka juga punya jiwa rebel gitu. Bungkus plastik, tulisan larangan membuka plastik dan pandangan sinis mas-mas karyawan toko buku gak menghentikan mereka untuk mengoyak segel plastik buku dengan liar. Abis itu mereka dengan seenaknya membaca, membolak balik halaman dengan brutal sampe bukunya lecek. Kalo udah puas, ditaro aja lagi di rak, ditinggal gitu aja. Kriminal abis.

Pembaca Abad 21

Ini jenis baru, kira-kira muncul pada tahun 2010an. Lagaknya sih keren, nongkrongnya di bagian buku-buku impor yang harganya mahal dan isinya kayaknya ribet. Terus mereka ngeliat beberapa buku gitu. sambil baca sinopsis di belakangnya. Gak berapa lama, mereka keluar dari toko tanpa beli apa-apa.

Lho kok?

Iya, tipe yang ini cuma pengen nyari judul aja, biasanya di catet atau di foto cover bukunya. Terus mereka pulang, dan nyari ebook gratisan buat buku yang baru aja mereka liat di toko.

Penulis Buku

Kalo ini biasanya belagak liat-liat doang, tapi nongkrongnya lamaa banget di tokonya. Dan muter-muternya di situ-situ aja, deket rak buku-buku baru atau di rak buku tertentu. Kalo kamu perhatiin lebih jeli lagi, sebenernya mereka bukan lagi ngeliatin buku, tapi orang-orang yang lalu lalang ngelewatin rak buku yang mereka awasin.

Buat apaan?

Mereka pengen tau siapa yang beli buku mereka. Dan siapa tau ada lawan jenis yang kece gitu beli buku mereka dan bisa diajak kenalan.

Nah itu tuh yang MBDC temuin di toko buku. Ada yang lain? Ayo com- Eh. Daripada main internet mulu, sana gih ke toko buku, beli buku baru buat menambah cakrawala pengetahuan kamu.