Hal-hal yang Gak Boleh Dilakukan Pria Sejati Saat Sedang Berdebat

Dalam hidup ini, kamu pasti pernah berdebat. Berdebat itu suatu hal yang sangat wajar. Biasanya sih yang namanya berdebat itu digunakan untuk membela pendapat kamu, dengan harapan lawan bicara kamu bisa mendukung pendapat kamu itu. Tapi terkadang ada juga sih yang istilahnya debat kusir, yaitu dimana suatu hal yang diperdebatkan itu sebenernya gak ada juntrungannya dan gak ada azaz manfaatnya juga.

Nah, dalam suatu proses berdebat, terkadang situasi menjadi memanas dan tidak terkendali. Namun apabila kamu adalah seorang pria sejati, ada hal-hal yang TIDAK BOLEH kamu lakukan. Kenapa? Ya karena ini menunjukkan harga diri kamu sebagai lelaki sejati aja sih. Jadi inilah hal-hal yang gak boleh dilakukan pria sejati saat sedang berdebat.

1. Membuat Argumen Anak Kecil

Kalo kamu baca MBDC, kita berasumsi bahwa kamu sudah dewasa ya. Dan kalo kebetulan gender kamu adalah seorang lelaki, maka sebagai seorang pria dewasa haram hukumnya bagi kamu untuk membuat argumen anak kecil. Seperti apa argumen anak kecil itu? Contohnya gini:

A: Cantikan Jennifer Lawrence ah.

B: Kagaklah, Jennifer Lawrence itu --

A: POKOKNYA CANTIKAN JENNIFER LAWRENCE!!! BLABLABLABLA! WEEEEEK, GUE GAK DENGER! MUKE LO JELEK!

Seperti itu. Sebuah argumen yang...sebenernya bukan argumen sama sekali sih. Intinya kamu gak mau dengerin orang lain aja. Kalo kamu udah umur 30 dan masih suka melakukan argumen kayak gini...mungkin kamu pantesnya main sama anak SD.

2. Nangis

Jadi ceritanya kamu lagi berdebat sama teman kamu mengenai tim sepakbola mana yang paling jago. Kamu bilang Real Madrid dan teman kamu bilang Barcelona. Temen kamu ngasih sejuta fakta menarik kenapa Barcelona lebih hebat dari Real Madrid. Kamu gak terima. Kamu gak terima Real Madrid dijelek-jelekin. Tapi bukannya ngasih fakta tandingan, kamu malah nangis tersedu-sedu. Teman kamu pun melihat dengan pandangan aneh. Sejak saat itu kamu pun dijadikan anak bawang. Kalo kamu ngomong apapun, temen-temen kamu langsung mengiyakan tanpa mendengarkan kamu lagi ngomong apa. Dan sejak saat itu juga, kamu gak pernah lagi diajak ngumpul sama temen-temen kamu.

3. Main Pukul

Ya ngerti sih kamu cowok dan kamu pengen nunjukin kejantanan kamu gitu. Tapi kamu kan ceritanya lagi berdebat gitu ya. Kamu lagi beradu intelektualitas. Kalo kamu sampe kalah debat, ya gak perlu sampe main pukul dong. Ini akan membuat kamu terlihat primitif dan pastinya bikin kamu keliatan makin bego. Adu mulut ya dilawan pake adu mulut dong ah.

4. Nyiram Lawan Bicara Pake Segelas Air

Jadi ceritanya kamu lagi berdebat. Kamu tersudut, karena emang argumen kamu itu bodoh. Sesuai aturan binatang buas, kalo kamu sudah terdesak, kamu harus jadi galak dong. Kamu berusaha berbicara lebih keras dari lawan bicara kamu dan bilang kalo si lawan bicara kamu ini gak ngerti apa yang lagi diomongin. Saat kamu lagi ngomong gitu, si lawan bicara ini memotong dan justru bilang kalo sebenernya emang kamu yang gak ngerti apa yang lagi diomongin (sebenernya emang kamu gak ngerti, tapi kamu gak suka aja kalah). Begitu dia ngomong, dengan cepat kamu langsung mengambil segelas air, menyiramkan ke mukanya, sambil teriak, "Kamu diam kalo saya lagi ngomong!" Dengan demikian kamu pun merasa menang.

Sesungguhnya ini sangatlah tidak cowok gitu ya. Kenapa? Karena scene paling terkenal dimana ada orang yang nyiram lawan bicaranya pake air adalah scene ini:

Kayaknya gak cocok aja gitu ya kalo ada cowok yang melakukan hal ini. Apalagi kalo dilakukannya di TV nasional.

Gitu deh kira-kira. Ada lagi hal-hal yang sekiranya gak boleh dilakukan pria sejati saat sedang berdebat? Silakan share di comments.