Dimanakah Seharusnya Kamu Meletakkan CCTV?

Jadi katakanlah kamu baru punya toko. Trus supaya toko kamu aman, kamu pun memutuskan untuk memasang CCTV. Kamu pun membeli beberapa CCTV sekaligus. Kamu memasangnya di beberapa tempat: Di beberapa sudut toko, di deket kasir, sama di depan toko. Tapi kemudian tiba-tiba seorang teman kamu mempertanyakan keputusan kamu untuk naro CCTV di depan toko. Dia bilang "CCTV kok di jalan? Ini aneh ini." Trus kamu pun bingung. Emang ini sebuah hal yang tidak lazim ya? Apakah kamu memang bodoh?

Sesungguhnya memasang CCTV yang mengarah ke jalan memang tidak lazim. Emang kamu mau liat apa sih? Calon pelaku perampokan yang mau masuk ke toko kamu? Mobilnya pelaku perampokan yang pasti diparkir di jalan? Pelaku kejahatan yang berbuat kejahatan di depan toko kamu? Penjahat yang nabrak orang naik motor dan diseret sampe 500 meter? Gak kan? Kalo kamu masang CCTV ngarah ke jalan, kamu malah bisa dikenakan sebuah pertanyaan kritis: "Apakah video yang kamu rekam di depan toko kamu itu sebuah simulasi atau fakta yang terjadi? Sebab aneh, bagaimana mungkin begitu ada peristiwa di jalan trus ada yang "nyoting", siapa yang nyoting?". Demikianlah kira-kira.

Nah, jadi sebenernya dimana kamu harus meletakkan CCTV kamu sih? Nih MBDC kasih tau tempat-tempat dimana seharusnya CCTV bisa dipergunakan dengan baik.

1. Di Kamar Ganti Cewek

Ya sekalian ajalah buat hiburan kamu kan. Ngapain harus liatin masalah di depan toko kalo kamu bisa dapet hiburan di dalem. Resikonya apa sih. Paling ditangkep polisi trus dipenjara, trus dicap sebagai penjahat kelamin doang kan.

2. Di Kamar Mandi / WC

Gak puas sekedar di kamar ganti? Ya boleh lah coba pasang di kamar mandi/WC. Jangan tanggung-tanggung lah.

3. Di Muke Lo

Jadi apapun yang kamu liat bisa kerekam gitu. Gak ada rekayasa. Kalo kamu sempet liat sebuah kejadian, itu udah pasti kerekam di CCTV.

4. Di Malam yang Sesunyi Ini

Aku sendiri, tiada yang menemani. Akhirnya kini kusadari, dia telah pergi. Tinggalkan diiirikuu...

Ah sudahlah. Ngapain sih ngebahas ginian. Terserahlah mau pasang CCTV dimana. Kamu tau kan yang bener gimana. Crot.