Macam-macam Ketagihan Di Dunia Maya

Teknologi memang berkembang sangat pesat. 10 tahun yang lalu, kalo kamu lagi ngantri nunggu sesuatu, hal yang bisa kamu lakukan paling cuma main Snake atau kalo nggak basa-basi sama orang di deket kamu. Sekarang? Ada temen aja kamu mainan smartphone, saking banyaknya hal yang bisa kamu liat di situ. Teknologi emang merubah banyak hal, termasuk di antaranya masalah ketagihan. Kalo jaman dulu orang paling cuma bisa ketagihan makanan dan narkoba, sekarang orang juga bisa #KetagihanInternet! Wah kayak gimana nih? Inilah macam-macam ketagihan di dunia maya!

1. Ketagihan Update Status

Sejak jaman facebook, yang namanya update status ini jadi sesuatu yang populer. Tiba-tiba orang ngerasa perlu gitu untuk ngasih tau ke temen-temennya dia lagi ngapain, pengen apa, atau bahkan lagi mikir apa. Orang-orang yang ketagihan update status ini biasanya gampang sekali diidentifikasi. Kamu liat aja timelinenya. Biasanya sih mereka update status tiap 10 menit sekali, minimal. Mau lagi makan, abis itu minum, trus beol, hal pertama yang mereka lakukan pasti update status. Intinya sih timeline kamu pasti rame sama orang ini lah pokoknya. Setiap kamu refresh timeline kamu, status mereka gak pernah gak ada.

2. Ketagihan Belanja Online

Belanja online emang enak sih. Gak perlu keluar rumah, barang dikirim ke rumah. Udah gitu terkadang suka ada barang-barang yang gak ada di toko biasa lagi. Nah, karena kemudahan-kemudahan ini kayaknya bikin beberapa orang jadi ketagihan gitu belanja online. Orang-orang kayak gini biasanya rajin main ke website-website online shopping trus biasanya sering dapet kiriman-kiriman paket gitu deh. Biasanya yang kayak gini cepet tanggal tua nih. Abis gajian, 3 hari kemudian udah mulai ngutang pas makan di warteg.

3. Ketagihan Foto Makanan Sebelum Makan

Dengan semakin banyaknya situs sharing foto, makin banyak juga orang yang ketagihan foto makanan sebelum makan. Tujuannya ya tentu saja untuk pamer ya, membuktikan ke orang-orang kalo hari itu makanannya special gitu. Nah, orang-orang yang ketagihan foto makanan sebelum makan ini biasanya gak cuma motret makanannya sendiri, melainkan makanan orang lain yang makan bareng sama dia juga. Kalo kamu makan sama orang yang ketagihan foto sebelum makan, pasti kamu akan dilarang untuk menyentuh makanan kamu sebelum difoto sama dia. Rese banget deh kalo kamu lagi kelaperan.

 4. Ketagihan Check In

Check in kayak foursquare gitu lho, bukan check in hotel. Ihik. Nah, entah kenapa orang suka banget ngeshare ke khalayak ramai dimana mereka sedang berada. Mungkin mereka kayak pengen dibuntutin gitu kali ya, atau emang parnoan aja makanya harus meninggalkan jejak dimana-mana biar gampang nemuinnya kalo diculik. an sekarang, kebanyakan dari mereka check in dengan menyertai foto biar tampak lebih terpampang nyata. Orang-orang yang ketagihan check in kayak gini gampang diidentifikasi. Biasanya kamu tau deh dari pagi sampe malem dia kemana aja. D Biasanya bahkan mereka udah punya tempat-tempat yang dikasih nama sendiri, misalnya "Lampu Merah Perempatan Ciledug", "Depan warung si gondrong", atau mungkin "Toilet jongkok di Monas".

5. Ketagihan Game Online

Mulai dari Ragnarok sampe World of Warcraft, emang banyak banget sih game-game online yang bikin ketagihan. Biasanya sih seseorang ketagihan 1 judul game aja. Tapi yang namanya ketagihan ini biasanya lumayan ekstrim sih. Di jaman Ragnarok dulu kayaknya banyak tuh yang sampe gak pulang-pulang dari warnet. Yang kayak gini sih biasanya kamu jarang liat di kehidupan nyata. Di waktu senggang (dan waktu gak senggang sekalipun) mereka lebih milih untuk main game online. Kalo kamu mau ketemu ya kamu harus main gamenya juga.

6. Ketagihan Berantem Online

Kalo jaman dulu, yang namanya berantem itu kan ya berantem fisik lah ya. Kalo pun berantemnya cuma berantem mulut, minimal kamu harus ketemu orangnya. Nah, model berantem kayak gini biasanya hanya menguntungkan beberapa pihak gitu, biasanya sih yang kuat, baik kuat secara fisik maupun kuat secara bekingan. Tapi sejak dunia maya menjadi populer, jadi banyak orang yang makin "berani", tapi beraninya di dunia maya aja. Mereka ini biasanya keliatan jagoan banget deh di internet, ngata-ngatain semua orang, ngajak berantem, pokoknya bully banget lah. Apapun topik awalnya, biasanya bisa jadi sarana berantem buat mereka. Kamu lagi ngomongin tentang foto seekor anak anjing yang lucu? 10 komen kemudian, tiba-tiba pembicaraannya udah jadi siapa yang lebih idiot. Sungguh absurd memang. Tapi dalam kehidupan nyata, biasanya justru kebalikannya banget sih. Ada kemungkinan ternyata aslinya orang itu pendiem cupu aja gitu. Cuih.

Nah, itulah beberapa contoh kasus #KetagihanInternet. Kamu termasuk yang mana? Atau mau nambahin? Silakan di comments.