Cara Menghindari Tagihan Utang

Sebagai pengutang, adalah kepentingan kamu untuk menunda bayar utang selama mungkin dan kalo bisa kamu tunda sampe akhirnya yang ngutangin kamu iklas sama utang itu. Ini bukan masalah gak bayar, tapi dalam ilmu keuangan dan ilmu ekonomi emang diajarinnya begitu. Kalo ada duit orang lain, ngapain kamu pake duit sendiri dulu. Gitu deh kurang lebih ajarannya.

Nah makanya kali ini MBDC mau ngasi tau beberapa muslihat yang bisa kamu pake supaya gak ditagihin. 

Jangan Ketemu Orangnya

Tips yang pertama yang paling jelas lah ya. Kalo kamu gak ketemu sama orangnya, gimana dia mau nagihin. Jadi kamu pelajari lah jurus-jurus ninja untuk menyelinap dan trik-trik menghindari orang supaya gak ketemu sama orang ini. Pokoknya hindarin abis-abisan. Kalo ngeliat orangnya, ngumpet. Kalo ditelpon, jangan diangkat. Kalo di-sms, jangan dibales. Kalo perlu kamu buat dia percaya kalo sebenernya kamu itu gak ada, cuma bagian dari imajinasinya, dan dia ngutangin kamu itu cuma coping mechanism-nya dia karena gak iklas duitnya ilang.

Tapi, kamu itu manusia biasa, pasti bakal berbuat kesalahan dan akhirnya ketangkep juga sama orang yang kamu utangin. Nah saat inilah kamu keluarkan jurus kedua.

Bikin Dia Gak Enak

Kalo sampe ketemu sama orangnya dan ditagihin, saatnya kamu gunakan jurus drama yang kamu pelajari dari bertahun-tahun nonton sinetron. Bilang lah kalo kamu gak punya duit, dan kamu baru aja dipecat dari pekerjaan kamu. Terus keluarga kamu pun sekarang lagi kesulitan soalnya bapak kamu baru aja ditipu orang dan jutaan perak hilang begitu aja. Tambahin juga cerita kalo ada tante yang sakit dan butuh biaya pengobatan yang mahal banget dan kamu lagi mikir buat bikin kampanye "KOIN UNTUK TANTE" untuk bayar biaya rumah sakit itu.

Kalo perlu kamu tambahin sama nangis-nangis kejer gitu, biar dia tambah gak enak dan gak tega buat nagih.

Ngutang sama keluarga 

Ada semacam rahasia umum, kalo ngutang sama keluarga itu, siap-siap aja gak balik, dan anggep aja kamu nolong keluarga.

Nah yaudah, ngutang deh sama keluarga, terus tambahin pake embel-embel "Ini udah terpaksa banget, kalo gak pun saya gak bakal minta bla bla bla" yang selalu dipake kalo ada keluarga yang ngutang. Dan jangan lupa "Nanti bakal dibayar kok, kalo udah ada duitnya."

Ngemeng aja sih itu sebenernya. Yang ngutangin juga tau kalo duitnya gak bakal balik.

Langsung Bayar

Ini tipsnya kan gimana caranya biar gak ditagih. Nah gimana orang mau nagih kalo kamu udah bayar duluan. Simpel.

Pas ketemu sama yang ngutangin kamu, langsung aja kasi duitnya. Jangan kasih dia kesempatan buat nagih. Jangan kasih dia kepuasan itu. Kalo perlu, kamu yang datengin dia, terus lempar duitnya ke muka dia ato banting gepokan duit ke mejanya, sambil teriak dramatis a la Arya Wiguna: "NIH GUE BAYAR! PUAS LO?! PUAS?!"

Gahar. Orang pasti gak bakal mau macem-macem sama kamu lagi. Next time kamu ngutang, gak bakal ada yang berani nagihin, takut disemprot kayak gitu.

Ada lagi tips buat menghindari tagihan utang? Share di comment ya.