Cara-cara Nagih Utang

Kalo kamu rajin baca MBDC, pasti kamu tau cara-cara ngutang yang baik dan juga tipe-tipe orang ngutang. Disitu disebutin kalo kebanyakan dari orang yang ngutang, pasti susah ditagihinnya. Mungkin karena mereka juga udah baca cara menghindari tagihan utang kali ya. Ada aja alesan gitu biar gak usah bayar utang. Sayangnya, kita gak bisa tau orang yang kita utangin tipe yang kayak apa, dan apakah bener dia bakal nepatin janjinya buat bayar minggu depan.

Makanya, kita sekarang mau ngajarin kamu gimana cara-cara ampuh buat nagih utang. Langsung yok.

Sindir

Sindir menyindir adalah senjata yang ampuh untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, tanpa menyebutkan apa yang kamu inginkan secara langsung. Dalam urusan nagih utang, sindir menyindir juga bisa dipake. Pas ketemu orang yang kamu utangin, kamu bisa coba nyindir-nyindir dia kayak:

"Wah lagi banyak duit nih!"

atau

"Kalo gue punya duit (jumlah yang dia ngutang) asik kali ya"

Harusnya sih, harusnya lho, dia ngerasa kesindir terus bayar utangnya sama kamu.

Pas Patungan

Kamu juga bisa ngajak orang yang kamu utangin buat patungan beli sesuatu, misalnya beli kado buat temen, atau makan bareng gitu. Nah waktu saatnya bayar, langsung lah kamu hajar:

"Eh lo kan masih ada utang sama gue, jadi lo bayarin gue ya."

Kalo perlu kamu tambahin awalan atau akhiran "Aduh dompet gue ketinggalan" atau "Pas banget nih ternyata duit gue cuma nyisa segini."

Ini cara gak langsung buat dapetin uang kamu sih, utangnya kebayar, tapi kamu gak dapetin utang kamu dalam bentuk uang gitu, dan gak bisa kamu pake. Dan kalo kamu cerdik, bisa jadi jumlah patungan kamu yang dibayarin itu lebih besar dari jumlah utangnya.

Utang Balik

Ini cara yang bisa kamu lakuin kalo yang kamu utangin itu tipe pelupa ato sok-sok lupa. Jadi kamu ngutang balik aja sama dia, dan jumlahnya mirip-mirip ato sama dengan jumlah yang kamu utangin. Terus nanti pas dia nagih, kamu pura-pura ngeluarin dompet, terus sok sadar sesuatu

"Eh lo kan waktu itu juga ngutang sama gue, belom bayar juga kan. Yaudah ya impasin aja!"

Silakan keluarkan dansa kemenanganmu, kawan.

Takut-takutin

Kamu datengin orang yang ngutang sama kamu. Terus kamu cerita kalo kamu abis ketemu sama guru ngaji kamu. Terus kamu diceritain sama si guru ngaji kalo utang itu dibawa mati, jadi misalnya kamu ngutang dan belom bayar terus kamu keburu mati, nanti di akhirat bakal di tagihin. Tapi yang nagih bukan yang ngutang, tapi siksa kubur gitu. Terus kamu ceritain lah panjang lebar gimana detilnya siksa kuburnya itu.

Selese cerita, tinggalin aja. Harusnya sih sebelom 7 langkah kamu ninggalin dia, dia bakal ngejar-ngejar kamu buat langsung bayar utangnya.

Ato ya.. Sewa debt collector aja, biar orang itu yang nerror.

Tagih Langsung

Kadang, solusi dari masalah yang paling sulit pun ternyata sangat simpel. Kalo kamu pengen duit kamu cepet balik, langsung aja tagih, gak usah pake banyak cingcong. Pokoknya kamu tagihin terus, tiap kali ketemu sampe yang ngutang ini bayar. Kalo perlu kamu samperin ke rumahnya dia pagi-pagi buta, sambil bawa senjata tajam buat nagih.

Sejauh ini, MBDC pake cara-cara ini utangnya selalu balik sih. Kamu punya cara lain buat nagih utang yang gak kalah ampuh juga? Bagi-bagi lah ke kita semua. Pengetahuan penting nih.