5 Film Indonesia Yang Harus Kamu Tonton Versi MBDC

Buat kamu penggemar film, mungkin nonton film Indonesia belum jadi prioritas utama. Masih lebih enak nonton film bule. Iya sih. Tapi menurut MBDC, ada banyak juga film Indonesia yang bagus-bagus. Beberapa film yang akan MBDC bahas ini adalah yang secara historis (asik) penting bagi perfilman Indonesia. Makanya wajib kamu tonton. Jadi yah:

Malam Satu Suro

Ini udah pernah kita bahas di artikel Film Horor Indonesia Jadul Yang Bikin Trauma. Seperti yang sudah pernah kita sepakati bersama bahwa SUKETI ITU LEGENDA! Seserem-seremnya pelem horor adalah pilem Malam Satu Suro. Enough said. Beberapa tahun lalu sih masih sering diputer di tipi lokal, tapi sekarang coba aja cari di yutub. Uji nyali aja, masih berani gak kamu nontonnya sendirian malem-malem. Kenapa pilem ini kita anggap sebagai salah satu yang terpenting di perfilman Indonesia? Ya supaya mengingatkan bahwa kita pernah punya era film horor yang bombastis dibandingkan dengan era film horor sekarang yang jatohnya kayak komedi ngasal.

Ada Apa dengan Cinta

Ya kali deh kamu gak nonton AAdC. Film ini penting karena semacam angin segar yang menandakan bangkitnya pelem Indonesia komersil ke ranah bioskop tanah air. Lagian ya, dibandingkan dengan pelem-pelem Indonesia sejenis lainnya yang sekarang ramai di bioskop, AAdC ini masih lebih bagus. Beneran deh. Kayaknya sih DVD/VCD nya masih beredar di toko toko CD di kota Anda. Mudah mudahan.

Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI

Udah MBDC kasih alasannya di artikel 5 Alasan Kenapa Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI Itu Bagus. Baca aja lagi sendiri yes. Yang jelas film ini teramat sangat penting bukan cuma dalam konteks sejarah perfilman, tapi juga sejarah Indonesia. Sedap. Di yutub ada kok.

The Act Of Killing

Mungkin beberapa dari kamu gak familiar sama film ini. Karena memang ini film festival dan baru dirilis sekitar akhir tahun lalu. Pemutarannya pun terbatas hanya di pusat-pusat kebudayaan dan beberapa kampus. Film ini sangat penting untuk ditonton karena semacam anitesis dari film Penumpasan Penghianatan G30S PKI. Bentuknya dokumenter tentang para algojo yang bertugas menghabisi para pengikut PKI di Indonesia. Kalau mau nonton filmnya mungkin kamu bisa menghubungi sutradaranya Joshua Oppenheimer di twitter untuk minta diadain pemutaran film yang bisa kamu tonton bareng temen-temen kamu. Serius tonton deh.

Tjoet Nyak Dhien

Kenapa penting? Karena merupakan film Indonesia pertama yang diputer di festival film Cannes pada tahun 1990. Bukan cuma casting-nya yang luar biasa, tata sinematografi dan musiknya pun sangat kece. Salah satu film yang bikin kita bangga deh pernah bisa bikin film semacam ini. Tonton dimana ya? Coba cari aja VCD originalnya kayaknya juga masih ada di toko-toko CD.

Sebetulnya masih banyak lagi dan film-film Warkop, Benyamin S, bahkan Rhoma Irama pun sebetulnya pengen kita masukin ke list ini. Tapi kan udah pernah dibahas sendiri masing-masing. Nah sisa film yang lain menurut kamu penting, tambahin sendiri yaa.

Other Post