#TanyaJawabMBDC: Gimana Cara Supaya Makan di Restoran Jepang Bayarnya Murah?

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya MBDC menjawab segala macam pertanyaan kamu yang mungkin bahkan tidak bisa dijawab oleh para orang pintar. Nah, hari ini ada pertanyaan yang sungguh menarik. Pertanyaan hari ini datang dari @95a:

Hmm, kamu pengen banget makan makanan Jepang tapi gak mampu gitu ya? Kasian. Baiklah, MBDC akan berikan step-step yang bisa membuat kamu makan makanan Jepang dengan murah!

  1. Belajar dengan sangat rajin
  2. Menjadi lulusan terbaik di kampus dan diperebutkan oleh banyak perusahaan besar
  3. Bekerja dengan sangat keras sampe dapet promosi
  4. Rajin bergaul dengan orang-orang kaya, sehingga mendapat banyak koneksi
  5. Bikin perusahaan sendiri yang sukses besar
  6. Menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dan kalo bisa di dunia.
  7. Makan di restoran Jepang favorit kamu. Dengan kondisi kamu yang sudah kaya raya sekarang, niscaya kamu akan menganggap restoran tersebut murah.

Nah begitulah. Karena sesungguhnya mahal/murah itu kan relatif banget ya. Seorang bijak pernah berkata, "Di dunia ini itu gak ada barang yang mahal. Yang menjadi masalah itu adalah kondisi finansial kamu." Jadi kalo kamu miskin...ya gak usah sok-sok makan di restoran Jepang yang mahal lah. Kan ada juga warung makanan Jepang yang murah tapi enak, kayak misalnya Roku-Roku di Fatmawati/Panglima Polim, Sopongiro di Panglima Polim atau Ikiena di Cinere. Makan yang sesuai kantong ajalah. Kalo kata almarhum KH Zainuddin MZ, "Intinya adalah pengendalian diri." Sekian dan terima kasih.