Seri Pengetahuan Umum: Beda Star Wars & Star Trek - Part 3

Setelah menjelajah jauh ke pelosok alam semesta di bagian pertama dan kedua, kamu pasti udah bisa lah ya bedain Star Wars ama Star Trek. Artikel bagian terakhir ini tujuannya lebih memantepkan lagi aja pengetahuan kamu. Kita bakal bahas beberapa hal lagi, tapi sekilas-sekilas aja.

Teknologi

Dari setiap serial sci-fi, ada beberapa teknologi yang jadi ciri khasnya, misalnya kalo Tron itu Lightcycle dan ID Disc yang nyala-nyala, atau kalo Back to the Future, udah pasti mobil DeLorean dan Hoverboard. Star Wars ama Star Trek juga punya teknologi khas, ini nih.

STAR WARS

lightsaber

Keterlaluan kalo kamu gak tau Lightsaber. Kata Obi-Wan Kenobi, Lightsaber itu "Not as clumsy or random as a blaster. An elegant weapon, for a more civilized age." Pokoknya senjata yang elegan dan gak bisa digunakan sembarang orang deh.

Seorang Jedi, ketika sudah "siap" (semacam akil baligh gitu kali ya) akan membuat lightsaber-nya sendiri. Terus warna pedangnya itu biasanya biru ato ijo, soalnya kristalnya paling banyak itu. Sedangkan Sith, warna pedangnya merah karena mereka pake kristal buatan, bukan yang alami.

"That's no moon !""That's no moon !"

Itu adalah Death Star, senjata sekaligus stasiun luar angkasa kebanggaan the Galactic Empire. Death Star ini punya laser yang saking kuatnya, bisa menghancurkan sebuah planet dengan sekali tembak. Tapi sayangnya, Death Star pun bisa dihancurkan dengan sekali tembak ke sistem pembuangannya. Hebat, tapi cupu di waktu yang bersamaan.

millenium falcon

Ngomongin Star Wars, gak afdol kalo belom ngomongin Millenium Falcon, pesawat kebanggaannya Han Solo. Biarpun keliatannya udah tua dan butut, Millenium Falcon ini salah satu pesawat tercepat di dunia Star Wars.

Ini baru sebagian doang, masih ada pesawat-pesawat keren lainnya kayak X-Wing Fighter, Y-Wing Bomber, terus senjata-senjata dari AT-AT Walker sampe ke Mandalorian Armor-nya Boba Fett. Tapi ntar gak muat artikelnya. Jadi kita lanjut aja ya.

STAR TREK 

USS Enterprise

Nah ini adalah USS Enterprise, pesawat kebanggaannya Starfleet, dan pusat cerita dari Star Trek. USS Enterprise model yang ini adalah yang muncul di film Star Trek tahun 2009 kemaren. Di Original Series dan Next Generation juga kayak gini modelnya, tapi dengan beberapa perbedaan disana-sini.

Transporter

dan teknologi khas Star Trek yang paling keren, udah pasti Transporter, yaitu sebuah alat teleportasi. Cara kerja Transporter ini, adalah objek yang mau dipindahin, biasanya orang, diubah bentuknya menjadi bentuk energi, dan energi tersebut "ditembakkan" atau di-beam ke tempat tujuan, dan dibentuk ulang menjadi bentuk padat.

Quotes

Masing-masing franchise punya quote yang terkenal dan sering diulang-ulang selama film/serialnya main. Kamu harus tau ini biar gak ketuker, dan gak salah nyebut di depan fans-fansnya.

Star Wars - "May the force be with you"

Kata-kata ini semacam good luck-nya dunia Star Wars deh. Awalnya diucapin antara sesama Jedi dan orang-orang yang percaya kekuatan The Force, tapi lama kelamaan menjadi ucapan umum bagi semua khalayak.

Star Trek - "Live long and prosper"

Spock

Kata-kata itu adalah salam khas dari Mr. Spock, yang diomonginnya bareng sambil melakukan Vulcan Salute. Vulcan Salute itu adalah salam khas dari bangsa Vulcan untuk pertemuan dan perpisahan. Gambar diatas itu nunjukin gimana cara melakukan Vulcan Salute.

Yak! Sepertinya udah cukup nih artikelnya. Apalagi ya yang bisa dibahas. Palingan fans Star Wars itu identik dengan istilah Fanboy, sedangkan fans Star Trek biasa disebut Trekkie atau Trekkers. Ya cukuplah pokoknya. Mudah-mudahan kamu gak ketuker lagi ya antara Star Wars ama Star Trek.