Seri Pengetahuan Umum: Beda Star Wars & Star Trek – Part 2

Kalo kemaren di bagian pertama kita udah bahas sedikit tentang bedanya Star Wars dan Star Trek dari segi background ama karakter-karakter utama dan ikoniknya, sekarang kita lanjutin lagi nih, biar kamu makin tau bedanya antara Star Wars ama Star Trek. Yang mau kita bahas kali ini, pertama adalah:

TKP dan Waktu 

Kalo misalnya ada cerita apa-apa, orang biasanya nanyain kan, tempat dan waktu kejadiannya kapan. Walaupun Star Trek ama Star Wars keliatannya futuristik dan serba canggih gitu teknologinya, tempat dan waktu kejadian ceritanya beda.

Star Wars, semua kejadiannya terjadi di suatu tempat dan suatu masa yang disebut dengan "Long long time ago, in a galaxy far far away." Kalo diterjemahin, cerita Star Wars itu kejadiannya di masa lalu banget, dan di sebuah galaksi yang jauh banget dari galaksi Bima Sakti ini. Dimana dan kapan tepatnya, gak ada yang tahu. Bumi gak disebut-sebut di Star Wars, biarpun manusia disana sama persis sama manusia bumi dan pake bahasa enggres kalo ngomong.

Sedangkan Star Trek, ceritanya terjadi di masa depan, tapi di galaksi kita ini dan sekitarnya. Awal banget cerita Star Trek itu adalah ketika manusia berhasil melakukan "Warp Flight", yaitu penerbangan menembus galaksi dengan kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya, pada tahun 2063. Terus Star Trek Original Series dan film yang tahun 2009 itu, kejadiannya pada sekitar tahun 2200-an, dan Star Trek Next Generation itu kejadiannya 1 abad setelahnya, pada 2300-an.

Oh iya, menurut Star Trek, tahun 2049 nanti bakal ada Perang Dunia Ketiga. FYI aja sih.

Organisasi

Itu di Star Wars, kok ada orang-orang yang kemana-mana pake jubah kimono gitu sih ? Terus itu yang di Star Trek kok pake seragam-seragaman gitu, emang mereka siapa sih ? Ini MBDC jelasin nih.

Di Star Wars, orang-orang yang pake kimono ama jubah itu namanya Jedi. Jedi itu sebuah organisasi mirip agama di dunia Star Wars yang udah lama banget keberadaannya, yang tugasnya menjaga kedamaian di alam semesta. Mereka ini datang dari berbagai macam planet dan ras, tapi satu hal yang sama, mereka bisa mengendalikan "The Force.

Apaan tuh?

The Force itu semacam kekuatan supranatural yang ada di dunia Star Wars. Force itu, menurut Obi-Wan Kenobi, "It surrounds us and penetrates us. It binds the galaxy together." Semua orang harusnya bisa merasakan efek Force, tapi cuma segelintir orang yang bisa mengendalikannya, dan mereka dididik lah oleh para Jedi untuk menjadi Jedi juga.

Para Jedi ini bisa mengendalikan Force untuk macem-macem, misalnya buat menambah kekuatan fisik untuk lari, loncat, atau berantem gitu. Terus bisa telekinesis, dan bisa ngendaliin pikiran orang dalam skala kecil.

Jedi

Dalam setiap cerita kan ada 2 sisi. The Force juga sama, ada sisi baik, dan sisi kegelapan. Para Jedi menggunakan Force untuk yang baik-baik, sedangkan orang-orang yang pake Force untuk kejahatan (Dark Side of the Force) adalah para Sith.

Sith

Dark Side of the Force menurut para Sith, lebih kuat dan lebih gampang dikendaliin. Kurang lebih penggunaannya sama sih, tapi Sith biasanya lebih jahat aja, misalnya pake Force untuk nyekek orang secara telekinesis, atau ngeluarin petir dari tangannya.

Sith punya peraturan yang namanya The Rule of Two, yaitu cuma boleh ada 2 orang, guru dan murid. Kalo muridnya mati, gurunya bakal nyari murid baru, atau bisa jadi gurunya dibunuh sama muridnya, naik pangkat dan nyari murid baru. Terus Sith selalu pake alias Darth, seperti Darth Vader, Darth Siddious dan Darth Maul.

Terus, kan Star Wars itu tentang perang kan ya. Siapa sih yang perang ? Di Original Trilogy, yang perang itu adalah The Rebel Alliance, sekelompok pemberontak yang ingin meruntuhkan tirani The Galactic Empire. Sedangkan di Prequel yang perang adalah The Galactic Republic dan The Separatists. Para Jedi dan Sith sedikit banyak berperan di kedua belah pihak yang berperan itu.

Sedangkan di Star Trek, di artikel sebelomnya kan karakter-karakternya itu pake seragam dan naik pesawat. Nah mereka semua tergabung dari Starfleet, sebuah organisasi yang tugasnya diantaranya eksplorasi, menjaga perdamaian, dan juga militer. Starfleet ini adalah sebuah cabang dari United Federations of Planets, yaitu federasi planet-planet yang bekerja sama gitu. Kayak PBB gitu deh, tapi antara planet, bukan negara aja.

Logo StarfleetLogo Starfleet

Starfleet itu punya akademi, jadi orang-orang yang mau gabung musti masuk akademinya dulu selama 4 taun gitu. Akademi dan markas utama Starfleet adanya di Bumi, dan kebanyakan anggotanya adalah manusia bumi. Tapi makhluk ras lain juga boleh jadi anggota, walaupun jumlahnya gak sebanyak manusia Bumi, seperti Mr. Spock yang seorang Vulcan, atau Mr. Worf, karakter Next Generation, seorang Klingon.

Warna baju seseorang di Starfleet menunjukkan jabatannya. Di Original Series, yang baju kuning itu adalah orang-orang pimpinan di pesawat, baju biru adalah petugas-petugas medis dan science officer. Sedangkan yang baju merah, kerjaannya yang teknis-teknis, kayak di bagian mesin, security, komunikasi, dan lain-lain. Di Next Generation, merah sama kuning tukeran fungsinya, sehingga kapten-kapten di Next Generation pake baju yang merah.

Segini dulu deh artikel bagian yang ini. Kita lanjutin lagi.... Kapan-kapan.