[Provoke!] Di Mana Lo Pas Istirahat?

Bel jam istirahat pun berbunyi. Suara suka cita anak-anak yang berlarian riang gembira menuju kantin. Tapi.. gak dengan lo.  Uang jajan yang udah gak mumpuni, bikin lo gak ada alasan buat maksa tetep pergi ke kantin. Terus, ke mana lo mesti ngabisin waktu istirahat ini?

Perpustakaan

Ini tempat pelarian paling mulia. Saat yang lain sibuk ngisi perut. Lo tetep konsisten buat ngasih asupan untuk otak kamu. Betapa bersinarnya lo di antara yang lain.

Pilihlah baca-bacaan yang ringan. Misalnya, novel, majalah, atau komik. Sangat disarankan buat gak baca buku-buku sejarah, filsafat, politik. Apalagi matematika. Ini bakal bikin perut lo makin laper. Soalnya otak dipaksa mikir lebih ekstra lagi. Jadi jangan ya. Daripada suara perut lo membahana di perpustakaan.

Tempat Fotokopi/Warnet

Nah, ini tempat pelarian yang masih terbilang bijak. Biasanya selalu aja ada tugas kelompok yang sifatnya dadakan atau mungkin emang belum sempet di-print atau fotokopi kemarin. Dan sementara anggota kelompok yang lain pada jajan, mending lo pergi ke warnet buat ngeprint, terus langsung di-jilid di tempat fotokopi. Soalnya bukan cuma lo yang gak punya uang jajan, jadi pasti ngantri banget juga disana. Lumayankan kalo dapet gelar pahlawan karena udah nyelametin nilai tugas kelompok lo. Syukur-syukur ntar dibawain oleh-oleh dari kantin sama mereka.

Di kelas lain

Rasa lapar di perut  udah gak bisa ditahan. Mau ngutang, semua penjaga kantin udah nggak mempan buat diakalin. Trus gimana? Tenang, masih ada cara buat ngebales sautan cacing-cacing di perut kamu kok. Coba pergi main ke kelas lain aja. Masih punya temen kan? Pasti satu diantara sekian banyak temen kamu, ada yang suka bawa bekal ke sekolah.  Tapi inget, jangan langsung minta ya. Selain nggak sopan, reputasi lo juga bisa anjlok. Jadi, ajak ngobrol aja dulu. Bilang aja  udah kangen banget sama dia. Abis dia bawa bekal terus sih, jadi jarang keluar kelas deh. Nah selama ngobrol, tetep temenin dia aja sambil makan. Kalau udah nggak tega, ntar juga dia bakal nawarin lo. Oh ya, kalau udah ditawarin, tetep jaga sikap ya. Inget, ancamannya reputasi lho. Hehehe

Di koridor kelas

Udah nggak punya uang, eh nggak punya temen juga. Ini sih kebangetan ya. Tapi ya udah, namanya juga hidup, harus tetep nggak boleh ngebosenin. Pake aja jam istirahatnya buat nongkrong di koridor kelas. Ngapain kek. Berdiri sambil liatin yang lain bawa jajanan juga boleh. Lumayan buat muasin air liur. Atau ngegodain adek atau kakak kelas yang lewat juga boleh. Itu pun juga kalo berani sih. Tapi lebih bagus ajak kenalan aja deh. Katanya nggak punya temen kan tadi? Siapa tahu mereka mau temenan sama lo. Siapa tahu ya. Siapa tahu.

Ya, semoga abis baca ini, lo udah bisa punya uang jajan lagi deh. Masa 3 tahun sekolah nggak pernah main ke kantin sama sekali sih.

as seen on: Provoke! Magazine