MBDC Recommends: Zoom H4N [Gadget]

Jumpa lagi di MBDC Recommends, tempatnya MBDC merekomendasikan hal-hal random yang MBDC suka, mulai dari film, musik, apps, games, makanan, apapun deh. Yang jelas apapun yang MBDC rekomendasikan di sini semuanya bebas sponsor alias kita melakukan ini karena kita beneran suka aja.

Hari ini MBDC mau merekomendasikan sebuah gadget yang berjasa banget dalam proses pembuatan video-video MBDC:

H4N

Belakangan ini kan ngerekam video pake DSLR itu makin populer ya. MBDC juga bikin sebagian besar video kita pake kamera DSLR. Problemnya dengan kamera DSLR itu adalah masalah audio. Karena biarpun ada colokan buat mic external, tapi kalo pake kamera DSLR, kamu gak bisa monitor audionya. Selain itu kualitas audio dari kamera DSLR itu juga terbatas. Nah, untungnya ada alat yang satu ini nih.

H4N itu adalah sebuah portable digital audio recorder. Bentuknya gak terlalu besar, tapi kemampuan ngerekam suaranya manteb banget. H4N ini bisa menerima 3 mic external secara langsung dan bisa ngerekam 4 channel sekaligus. Udah gitu, yang paling penting kalo pake H4N ini kamu bisa monitor audionya juga gitu. Keren deh pokoknya. Harganya juga gak terlalu mahal untuk kualitasnya. Sekitar 3 jutaan gitu lah. Kalo kamu mau serius mah gak mahal lah. Tapi kalo kamu mau iseng-iseng nyoba, banyak juga rental yang nyewain kok. Kalo gak salah harga sewanya rata-rata 200 ribuan per hari. Pokoknya kalo kamu suka bikin-bikin video pake DSLR, kamu kayaknya wajib nyobain gadget yang satu ini.