Komentar-Komentar Alumni

Buat kamu yang sering ngobrol-ngobrol sama alumni, mau alumni SMA kamu, alumni kampus kamu, alumni apa aja deh, kamu pasti tau kalau ngobrol sama alumni itu nggak selamanya menyenangkan.

Ada alumni-alumni yang bersifat membangun. Alumni yang begini enak banget nih diajak ngobrol, jadi berasa punya masa depan aja gitu. Nah tapi ada juga alumni yang komentarnya nggak enak melulu! Nih komentar-komentar alumni yang sangat umum!

1. Wah Kalau Jaman Saya Dulu…

Nah udah pada tau banget kan kalimat yang model begini. Kalau kalimat ini diselesaikan dengan pujian sih nggak apa apa, tapi seringnya diakhiri dengan kritik. Misalnya: “Kalau jaman saya dulu kami sekolah di sini nggak pake celana! Sekarang kalian ngapain sih pake pake celana segala? Padahal dulu itu jadi identitas kita!”

Susah banget jelasin ke alumni bahwa jaman sudah berubah. Yang dulu baik belum tentu baik jika diterapkan sekarang. Tapi bagi alumni macem ini penjelasan mah nggak penting, pokoknya yang sekarang udah beda sama yang dulu.

2. Wah Ternyata Sekarang Sudah…

Ini adalah kontra-nya nomor 1. Kalau alumni nomor 1 tadi membandingkan keadaan dia dulu dengan keadaan sekarang dan cenderung konservatif gitu, nggak terbuka dengan perubahan. Nah kalau alumni yang nomer dua ini lebih positif. Dia melihat perubahan sebagai sesuatu yang baik, progresif. Misalnya “Wah ternyata sekarang sudah pada pake celana ya. Bagus.. Bagus..”

Alumni-alumni yang seperti ini nih yang bagus untuk perkembangan institusi. Kenapa? Karena artinya alumni ini mendukung kemajuan institusi, gak cuma ngebandingin sama jaman dia muda dulu.

3. Wah Masih Aja…

Kalau ternyata institusinya nggak mengalami banyak perubahan, biasanya alumni-alumni akan berkomentar seperti ini. Misalnya kamu ketemu alumni sekolah kamu di suatu acara, kemudian dia bertanya sesuatu tentang sekolah kamu – menanyakan apakah hal yang dia alami dulu masih dialami oleh pelajar di sekolah kamu. Misalnya: “Wah masih aja pada nggak pake celana ya ternyata!”

Oiya, komentar ini juga sering digunakan sebagai respon ketika sang alumni mengetahui kalau guru atau dosen yang dulu ngajar dia, sekarang masih ngajar di institusi itu.

4. Nih, Saya Kasih Tau...

Nah yang gini gini nih yang kita damba-dambakan. Ngobrol-ngobrol sama alumni  pasti kita berharap untuk mendapatkan informasi yang belum kita ketahui sebelumnya kan? Misalnya kamu lagi di penjara gitu trus kamu dapet kesempatan ngobrol sama alumni penjara kamu trus dia bilang “Nih, saya kasih tau. Kemarin saya keluar dari sini bayarnya 12 juta, jangan mau bayar lebih ya.”

Nah begitulah. Apakah kamu seorang alumni? Atau punya pengalaman ngobrol sama alumni? Silakan share di comments.