5 Bahasa Asing Yang Wajib Dipelajari

Jadi ya, menurut MBDC, salah satu kemampuan yang harus dipunyai di jaman sekarang ini adalah kemampuan berbicara dalam banyak bahasa. Kenapa? Ya kenapa gak? Bahasa ibu itu udah gak usah ditanya lagi deh, emang udah default dari otak kita untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Bahasa Inggris? Well, mau gak mau harus bisa, karena hampir lebih dari setengah penduduk dunia sepakat untuk menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa persatuan. Nah cuman, menurut kita ada juga bahasa lain yang penting untuk dipelajari dan dikuasai. Berikut ini diantaranya:

Klingon

Penting karena sudah banyak orang yang menggunakan Klingon sebagai bahasa pergaulan sehari hari, bahkan mereka punya institute sendiri untuk mempelajari bahasa ini. Keren abis. Oh dan bahkan ada udah ada banyak karya sastra klasik yang diterjemahkan dalam bahasa Klingon, salah satunya adalah Hamlet karya Shakespeare. Seperti salah satu ungkapan Klingon yang terkenal “qo'mey poSmoH Hol” yang artinya kira kira language opens worlds. Sedap.

High Valyrian

Penting karena kalau kamu mengerti bahasa ini, kamu akan bisa berkomunikasi dengan naga. Karena High Valyrian adalah bahasa kuno literatur di Westeros dan Esteros dan yang menggunakan sebagai bahasa ibu hanyalah House Of Targaryen yang sigilnya adalah naga. Oh dan beberapa kota di Essos juga berbicara dalam bahasa ini sih. Jadi kalau kamu lagi pengen beli budak atau sekedar jalan-jalan ke kota itu gak akan mudah dibohongin sama para maester nya.

Parseltongue

Meskipun Parseltongue ini dikatakan hanya ada pada orang tertentu yang merupakan garis keturunan dari Salazar Slytherin, tapi buktinya si Ron Weasley bisa tuh mengucapkan sepatah dua patah kata dalam Parseltongue untuk membuka kunci ke kamar rahasia dan akhirnya dapat menghancurkan Hocrux. Tapi yang paling penting, dengan menjadi Parselmouth (sebutan bagi orang-orang yang menguasai parseltongue) kamu bisa berbicara dengan ular. Bukan sekedar sembarang ular di sawah, tapi ular purba Basilisk. Huwoooh.

Elvish

Penting karena ini adalah bahasa kaum elves. Gimana caranya kamu bisa beraliansi dengan mereka, dan sukur-sukur bisa ikutan tinggal di Aman untuk hidup abadi, kalau gak menguasai bahasa ini? Agak susah sih memang karena ada banyak rumpun gramatikal dan dialek dari bahasa ini. Kayak misalnya Primitive Quendan, Quenya, Common Eldarin dan banyak lagi. Oh ini baru Elvish yang di middle earth loh ya. Karena versinya Ancient Languange-nya Eragon sama Dalish-nya Dragon Age itu beda lagi Elvish language-nya. Tapi saran MBDC sih, mendingan belajar Elvish yang versi Tolkien aja, karena lebih terstruktur. Kamu bisa mulai mempelajari dengan membaca Sarati, Tengwar dan Cirth.

Bocce

Karena bahasa ini digunakan sebagai bahasa perdagangan yang sudah mencakup banyak banyak bahasa dari species lain. Tapi kalau mau spesifik sih bisa juga coba mempelajari bahasanya Jawaese, Huttese, Ewoks, Wookie language of Shyriiwooks dan lain lain. Tapi sebenernya ya, kalau kamu punya C-3PO, udah gak perlu lagi untuk mempelajari bahasa bahasa tersebut.

Gitu deeeeeeeh. Ada bahasa asing lain yang mnurut kamu wajib diketahui dan dipelajari?