Tutorial Selamat dari (Film) Zombie

Berhubung sekarang zombie lagi ngetrend, MBDC mau sedikit bagi-bagi pengetahuan ke kamu tentang zombie. Nah, kalo kemarennya kita udah ngasih tau jenis-jenis zombie, kali ini kita mau ngasih tau cara selamat dari zombie. Percaya ato enggak, zombie itu ada beneran, di Haiti. Tapi zombie di sana itu sebenernya kayak orang kena santet gitu sih, bukan mayat idup yang pengen makan kamu atau manusia rabies yang beringas.

Kata pepatah kan sedia payung sebelom ujan, jadi, siapa tau kan bisa kejadian wabah zombie beneran. Mungkin disaat kamu lagi baca ini, seorang ilmuwan jenius tapi ceroboh lagi bilang "oh-ooh.." karena gak sengaja melepaskan virus yang bisa membuat orang jadi zombie di belahan dunia lain, dan siapa tau gak lama lagi persebaran virus itu bakal nyampe ke orang-orang sekitar kamu.

Jadi, karena itu, MBDC mau ngasi beberapa tips supaya kamu bisa selamat dari (film) Zombie.

*Sebelom kita mulai, kita mau asumsiin aja, zombie yang kita pake di artikel ini yang klasik-Romero gitu ya. Yang bego, lamban, gak bisa lari, gak bisa manjat, tapi dibunuhnya cuma bisa dengan cara ngancurin otaknya*

1. Tempat Bersembunyi

Yang pertama dan paling penting, sebisa mungkin kamu jangan berinteraksi sama para zombie itu. Kalo cuma ada 1-2 doang, mungkin bisa kamu kalahin dengan mudah, tapi kalo ternyata ada se-geng. Atau sekampung gitu ? Gimana. Zombie itu makhluk yang mainstream lho. Kalo ada 1 zombie lagi ngejar kamu dan temennya ngeliat, temennya bakal ikutan, dan temennya-temennya-temennya lagi semua juga bakal ikutan. Tanpa disadari kamu udah dikejar sama sekampung.

Nah makanya, kamu perlu tempat ngumpet yang mumpuni. Bentuknya bisa macem-macem. Dari kamar, gudang, rumah, gedung, supermarket dan lain-lain. Yang penting bisa dikunci dan dibarikade supaya para zombie bodoh itu gak bisa merangsek masuk. Tapi yang namanya idup, pasti kan adaaa aja kerjadian sial. Entah emang lagi apes aja, atau temen kamu bego dan akibatnya zombie bisa masuk. Nah maka dari itu, serapet-rapetnya kamu ngunci pintu dan sekuat-kuatnya barikade, kamu harus tau rute kabur kamu kalo-kalo kejadian gawat terjadi.

2. Persediaan 

Selama kamu lagi sembunyi, emang kamu cuma duduk-duduk bengong aja ? Enggak kan. Soalnya kamu gak tau kapan wabah bakal berakhir kan. Bisa jadi besok. Atau bulan depan. Atau taun depan. Atau peradaban manusia jadi hancur berantakan dan musti mulai dari 0 lagi kayak orang isi bensin.

Karena itu, kamu perlu nyetok macem-macem barang dan jumlahnya musti banyak. Barang-barang ya terserah kamu, tapi yang penting paling kan makanan, obat-obatan, terus batre ama accu gitu buat listrik, ato bensin buat generator kalo kamu yakin suaranya gak bakal narik perhatian zombie. Terus jangan lupa nyetok hiburan juga, karena nunggu kan bosen tuh. Selain itu senjata kali ya. Senjatanya macem apa? Nah kita bahas di poin selanjutnya.

3. Senjata

Buat ngalahin zombie, kamu perlu ngerusak otaknya. Tapi kalo tujuan kamu adalah kabur, kamu bisa aja ngerusak organ-organ tubuhnya yang lain buat memperlambat mereka, kakinya gitu terutama.

Nah menurut MBDC senjata-senjata yang ampuh buat ngelawan Zombie itu besi yang panjang, kayak palang gitu, atau tongkat baseball. Gak terlalu berat, jangkauannya lumayan jauh, dan gampang makenya. Yang penting kamu bisa getokin besi itu ke kepala zombie sekeras-kerasnya. Terus selain itu, kalo mau pake pistol, MBDC saranin kamu pake rifle semi-auto dan shotgun. Rifle karena jangkauannya yang jauh, dan kalo peluru abis bisa dipake buat getok zombie. Kalo shotgun mungkin akurasi kurang, tapi bisa merusak tubuh si zombie dan kamu bisa kabur. Oh iya, machine gun gitu kurang efektif sih, buang-buang peluru aja. Kalo handgun bolehlah, tapi jadiin cadangan aja, jangan pistol utama kamu.

Dan satu lagi, pedang katana. Kenapa? Karena katana itu keren dalam situasi apa aja.

4. Jangan Bego

Tips ini sih bisa buat kehidupan sehari-hari juga sih. Tapi kalo lagi wabah zombie gitu, hal-hal yang simpel kayak ngambil tas yang jatoh pas kamu lagi lari bisa jadi taruhan hidup dan mati. Jadi biarpun keadaan lagi gawat, akal sehat tolong banget dipake. Jangan sampe kamu melakukan hal-hal bego yang sering dilakukan orang di film zombie, kayak mempermainkan zombie-nya, ngebiarin orang yang abis digigit zombie karena dia pacarnya/ibunya/anaknya salah satu grup kamu, atau yang paling bego: bikin kegaduhan yang menarik perhatian zombie.

Kalo misalnya kamu terjebak dalam wabah zombie dan salah satu kelompok kamu punya tendensi buat melakukan hal bego, lebih baik kamu umpanin dia ke zombie ASAP. Karena cepat atau lambat, si bego itu bakal bawa bencana ke kelompok kamu.

Oiya, sama jangan bikin drama. Udah deh, situasi udah gawat karena ada zombie yang mau makan kamu. Urusan kamu harus terjebak satu kelompok sama mantan kamu dan selingkuhannya itu belakangan deh.

5. The Golden Rule

Satu yang terakhir dari MBDC. Kalo kamu mau selamat dari kejaran zombie, kamu perlu inget kata-kata ini :

"Kamu gak perlu lebih cepet dari zombie, yang penting kamu lebih cepet dari temen kamu"

Begitulah.

Nah sekian dulu beberapa wejangan dari kami. Kalo diantara kamu ada yang pengalaman dikejar-kejar zombie, boleh lho bagi-bagi ilmunya di comment. Jangan pelit. Nanti burungnya kejepit.