Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Mesir Kuno Part 3 - Gods

Setelah asal muasal kehidupan dan demons yang ada dalam mitologi Mesir kuno, maka sesuai janji, kali ini yang akan kita bahas adalah dewa-dewa yang ada berseliweran di mitologi ini. Karena banyak banget dan ada beberapa versi, kita kasih tahu yang paling umum aja ya. Kenapa? Karena namanya juga seri pengetahuan umum. Nah:

Ra

Dewa matahari nih, salah satu yang terhebat lah doi. Lambangnya adalah manusia berkepala Elang dengan lingkaran matahari di atas kepalanya. Lingkaran mataharinya itu berbentuk ular kobra. Jadi ceritanya si Ra ini, dia setiap hari berlayar menyebrangi surga, nanti di penghujung hari Ra akan mati karena dia akan mengunjungi underworld, ketika dia di underworld inilah bulan naik untuk menggantikan. Nanti besoknya, Ra akan lahir kembali dan begitu seterusnya. Dalam perjalanannya,  Ra sering sekali bertempur dengan si Apep, musuh bebuyutannya.

Hathor (Sekhmet)

Hathor ini dewa perempuan. Dia adalah dewi kebahagiaan, cinta dan kesuburan perempuan. Lambangnya adalah manusia berkepala sapi dengan lingkaran matahari di atas kepalanya, sama kayak si Ra. Nah si Hathor ini punya sisi lain yaitu Sekhmet. Kalau si Ra adalah dewa matahari yang memberikan kehidupan bagi manusia, nah si Sekhmet melambangkan matahari yang ini merusak dan menghancurkan kehidupan manusia. Kepala si Hathor juga jadi berubah dari sapi jadi singa.  Jadi awalnya si Ra bete karena diketawain sama manusia, terus dia akhirnya mengutus Sekhmet untuk merusak dan menghancurkan kehidupan manusia. Tapi abis itu si Ra nyesel. Tapi once in a while, Sekhmet juga perlu dilepaskan untuk menjaga keseimbangan. Mungkin si Sekhmet ini perlambang matahari gurun yang ganas kali ya.

Anubis

Berkepala serigala, si Anubis ini dewa balsem. Euh gak keren ya kedengerannya. Jadi dia yang pertama kali membalsem Osiris agar jiwanya tetap abadi. Nah disinilah tradisi mummy mulai berjalan. Si Anubis ini nanti yang akan menimbang hati manusia dengan bulu kejujurannya si Ma’at, dewi kejujuran. Kalo hatinya lebih berat dari bulunya si Ma’at , Anubis akan memberikan hati tersebut ke si Ammit untuk dimakan (masih inget kan kemarin baru dibahas tentang doi).

Amun

Dia dewa pencipta. Tapi si Amun ini agak misterius gitu deh, dia menciptakan segala hal nih ceritanya, tapi dia sangat terpisah dari ciptaannya tersebut. Amun gak ada gambarnya. Tapiii, kadang-kadang dia bersinergi dengan Ra, dan menjadi Amun-Re. Nah kalo lagi jadi Amun-Re dia baru bisa ada lambangnya yaitu manusia dengan kepala manusia (gak seperti dewa-dewa yang disebutkan diatas) dan memakai mahkota bulu burung onta.

Yak segitu aja deh, kalo Isis, Osiris, Seth itu udah dijelasin kan ya di mitologi Mesir yang pertama. Nah tapi kalo ada yang mau ditambahin lain, silakan aja sih.