Pesan Moral Kartun Jaman Dulu

Buat kalian yang besar di era 90an pasti banyak banget tuh kartun yang suka kalian tonton di hari minggu pagi, kayak Dragon Ball, Doraemon, banyak deh pokoknya. MBDC kurang tau sih kartun jaman sekarang kayak gimana, yang pasti, kalau kamu besar di era itu, kamu bakalan belajar banyak banget hal keren yang bisa kamu gunakan di kehidupan kamu di jaman sekarang. 

DORAEMON – Keserakahan akan selalu membawa kearah keburukan

Scene khas doraemon banget nih: Nobita diusilin Giant dan Suneo, lari nangis mewek ke Doraemon minta dikasih alat. Alatnya sukses buat bales dendam, tapi karena ketamakan dan keserakahan nobita, ujung-ujungnya dia kena batunya sendiri. Atau kadang suka diceritain juga kan kalau Giant atau Suneo ngerebut alat doraemon dari Nobita, terus dipake buat hal-hal jahat (gak jahat juga sih bahasanya, kesannya kayak pembunuh gitu) dan akhirnya mereka kena batunya sendiri.

DRAGON BALL – Kekuatan jahat selalu gagal menguasai dunia

Katakanlah kamu mau menguasai dunia, berarti kamu harus ngikutin banget kisah Son Goku dan kawan-kawan nih. Coba aja perhatiin, musuh-musuh Goku yang jahat dan berambisi menguasai dunia gak ada yang sukses kan, mau Bhu, Freeza, Cell, pasti semuanya kalah sama Goku deh.

Terus MBDC, kalau aku mau menguasai dunia gimana dong? Tenang aja, kalau menurut analisa kita sih, kamu masih bisa menguasai dunia, minimal jadi orang yang berpengaruh untuk dunia tanpa harus jadi sakti atau keturunan bangsa saiya kayak Goku atau Bezita. Ya, betul, kamu cukup jadi Mr. Satan. Apa? Kamu gak kenal Mr. Satan? MBDC kecewa banget sih kalau kamu gak kenal sosok makhluk paling fenomenal sedunia per-dragon ball-an itu. Ya kamu cari tau sendiri deh buat yang gak tau.

HONEY BEE HUTCH  – Surga ada di bawah telapak kaki ibu

Buat yang dulu sempet nonton kartun fenomal tentang seorang anak lebah yang mencari mamanya pasti tau banget pesan moral dari film ini, gimana perjuangan si hachi mencari mamanya, yang bahkan tersampaikan dalam lirik lagu openingnya. Segala macam kesulitan yang ditemukan hachi si anak lebah akan dimudahkan, itu semua semata-mata untuk mencari mamanya. Ah indah sekali.

SAILOR MOON – Cewek akan tetap membutuhkan cowok

Kamu pikir bisa bertahan gitu aja tanpa kehadiran cowok? Coba kamu perhatiin tuh Sailor Moon, mereka jagoan, hebat, mandiri, tapi ujung-ujungnya, kalau kepepet di tolongin sama Tuxedo Bertopeng kan? Cih.

SAINT SEIYA – Cewek adalah akar dari masalah

 Gara-gara ngelindungin Athena, berapa ksatria berjubah yang akhirnya gugur dan mati? Hah!? Eh, ini pesan moral dari kartun nya loh, kalau kamu gak percaya, coba aja nonton. Ini bukan menurut MBDC loh.

CAPTAIN TSUBASA – Bola adalah teman

“Bola adalah teman” ah betul sekali tsubasa, engkau mengajarkan kami hal yang sangat indah dan bermakna! Memang bola itu adalah teman, apalagi kalo kamu pasang banyak trus tim yang kamu pegang menang. Tapi kalo kamu pasang banyak trus kalah, itu sih namanya amsyong. Eh maksudnya Tsubasa itu ini kan ya?

Ada yang mau ditambahin? Silakan lho.