Panduan Piknik yang Menyenangkan

Berhubung musim hujan (harusnya) udah hampir kelar nih, MBDC bisa kembali melangsungkan hobi MBDC yang lama tertunda hujan: Piknik! Nah, di artikel ini MBDC akan menjelaskan hal-hal yang musti diperhatikan sebelum menyelenggarakan piknik! Penting banget dibaca oleh kamu yang mungkin dalam waktu dekat ini pengen piknik-piknikan!

1. Peserta Yang Tepat

Ini yang paling penting nih. Level keseruan piknik ditentukan oleh para pesertanya. Piknik seru bisa dilakukan dengan mengajak sahabat, keluarga, sahabat keluarga, keluarga sahabat, pacar teman, pacar-pacar teman atau teman-teman pacar.

Kenapa ini penting? Karena kamu akan menghabiskan satu hari bersama peserta piknik yang lain, kalau peserta piknik yang lain orangnya nggak seru, maka fungsi awal dari piknik, yaitu refreshing, tidak akan kamu dapatkan.

2. Tentukan Destinasi

Setelah kamu memilih peserta piknik, maka putuskanlah tempat piknik kamu bersama peserta yang lain. Tempat-tempat yang sering digunakan untuk piknik itu diantaranya: Gunung, pantai dan taman. Demokrasi sangat diperlukan di sini, pilih tempat yang disetujui oleh mayoritas peserta piknik. Ingat, musyawarah untuk mufakat.

Oiya, tempat piknik tidak sebatas tiga tempat tadi ya. Kalau kamu dan peserta piknik lainnya setuju untuk piknik di parkiran mall, MBDC nggak ngelarang kok. Mungkin dengan piknik di parkiran mall, piknik kalian jadi lebih mudah. Bisa beli makanan enak di dalam mall dan kalo ada yang kurang-kurang tinggal beli gitu.

3. Transportasi

Ini sesuai preferensi kamu dan peserta piknik yang lain. Kalau kamu suka naik motor ya naik motor, kalau suka naik mobil ya naik mobil, kalau suka naik kendaraan umum ya naik kendaraan umum.

Eh tapi kadang kan pengen piknik naik motor, tapi nggak punya motor. Atau pengen naik mobil, tapi nggak punya mobil. Yah sebenernya naik apa aja nggak ngaruh sih, yang penting nyampe dengan selamat.

4. Konsumsi

Dari bertahun-tahun pengalaman piknik MBDC, MBDC menyimpulkan bahwa konsumsi juga sangatlah krusial. Kalau konsumsinya nggak memuaskan, para peserta bisa bete dan yang paling parah, mereka bisa kapok lalu nggak mau diajak piknik lagi.

Saran MBDC, jangan sok bule dengan bawa bekal berupa roti/sandwich. Nggak mantep. Nasi adalah jawaban. Bawa nasi dan lauk pauk yang enak dan banyak. Jangan bawa makanan kamu di dalam lunch box/kotak bekal, sensasinya kurang. Untuk mengamplifikasi sensasi piknik, masukan makanan kamu ke dalam rantang. Beuh. Gokil. Ini baru piknik ala Indonesia!

Proses mempersiapkan konsumsi piknik juga menyenangkan lho! Kalau kamu (atau salah satu peserta piknik yang lain) suka masak, ajak masak bareng aja. Tapi saran MBDC sih harap tau diri ya. Kalau kamu ‘hobi’ masak, tapi masakan kamu rasanya kaya sandal jepit, mending beli aja deh makanannya. Ada baiknya kamu suruh temen-temen kamu nyobain makanan kamu dulu, trus suruh mereka nilai dengan jujur.

5. Dokumentasi

Foto-foto ini juga esensial. Namanya juga tahun 2013, percuma ngelakuin sesuatu kalau nggak bisa dipamerin ke orang lain, ya kan? Makanya, kegiatan piknik kamu harus didokumentasikan supaya bisa diupload di facebook atau dipamer-pemerin di twitter.

Dengan membuat orang lain iri, selain kamu merasa bangga, orang lain juga jadi pengen ikutan piknik di lain waktu. Win win!

6. Dan Lain-Lain

Yang ini tambahan aja sih, tergantung kemampuan kamu dan peserta piknik yang lain. Misalnya ada yang bisa main gitar, boleh lah bawa gitar supaya bisa nyanyi-nyanyi sambil diiringi gitar. Atau kalian suka main bola, boleh lah bawa bola supaya ada kegiatan seru yang bisa dilakukan selama piknik. Yang suka selingkuh, boleh lah bawa selingkuhannya, biar nggak sepi.

Nah itu deh tips piknik MBDC. Ngomong-ngomong kalau ada yang beneran mau piknik di parkiran mall, jangan lupa foto terus post di comment box ya!