Panduan Packing Yang Baik dan Benar Ketika Akan Naik Gunung

Ceritanya waktu itu kamu abis nonton sebuah film tentang naik gunung gitu. Terus kamu berencana buat pergi ke sebuah gunung gitu bareng sama temen-temen kamu, tapi kamu gak tau gimana cara packing buat naik gunung dan apa aja yang harus dibawa. Tenang aja, karena MBDC baik banget, kita bakalan ngasih tau gimana cara packing yang baik dan bener kalau kamu mau naik gunung.

Pakai tas Carrier dengan Besar yang Sesuai

mountain-bag

Mungkin sebagian dari kamu mengira tas untuk naik gunung ini semuanya tersedia dalam satu ukuran, tapi pas kamu ke toko dan liat-liat kamu bingung. Tas kayak gini tuh ada satuannya, dalam liter biasanya. Variatif, tergantung berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin kamu. Biasanya tuh dari 55 liter sampe 100 liter. Makanya, buat kamu yang mau beli tas ginian, ada baiknya tanya ke mas-mas penjaganya yang cocok buat kamu tuh yang berapa liter atau lebih baik kalau kamu ajak temen kamu yang udah sering banget naik gunung buat tau, kira-kira kalo sekamu tuh pake yang berapa liter.

Tenda

Kamu mau tidur di mana? Hotel? Kamu kira ini di dufan? Yang namanya di hutan atau gunung, ya kamu biasanya sih diriin tenda atau tempat bermalam sendiri. Tenda juga ada macem-macem, mulai dari yang kecil, sampe yang gede banget. Kalo kamu cuma sendiri, mendingan sih bawa tenda yang kecil aja. Trus cari juga yang ngerakitnya gampang. Daripada sok yang ribet-ribet, ntar malah gak bisa ngerakitnya. Repot kan.

Selalu Sediakan Matras Gulung dan Sleeping Bag

Matras-Gulung-+-Sleeping-Bag

Selain penting untuk alas tidur kamu nanti, Matras gulung dan sleeping bag bisa jadi pondasi buat tas carrier kamu. Umumnya, sleeping bag kamu simpen di bagian paling bawah tas kamu.

Persiapan Logistik Standar

poncho

Sediakan semacam senter, pisau lipat, jas hujan (disarankan ponco), lighter, garpu dan sendok. Kenapa ini penting banget? Percaya deh sama kita, kamu bakalan butuh banget perintilan macem ini. Kamu bakalan butuh pisau lipet (beserta isinya) buat motong-motong tali dan kegiatan lain yang mungkin gak kamu duga.

Terus kenapa ponco lebih kita saranin daripada jas hujan, karena ponco itu multifungsi, kalau kamu kreatif, itu bisa aja jadi tenda.

Sediakan Perbekalan Sesuai Lamanya Perjalanan

Selain yang tadi, makanan dan minuman adalah hal yang gak kalah penting. Kamu harus banget estimasiin kamu mau kesana buat berapa hari, bawa makanan mentah dan yang gampang di olah aja. Kayaknya sih kalau kamu mau makan masakan Perancis atau Itali gitu agak susah. Kenapa? Karena kamu bukan Jamie Oliver.

Jangan Lupa Bawa Mainan

Ini dia esensi dari naik gunung bareng temen-temen. Bawa mainan seru aja semacam kartu, UNO, atau bahkan twister. Selain itu kamu juga bisa bawa gitar buat nunjukin kamu itu gimana orangnya.

Asik.

Oh, tapi jangan bawa mainan kayak PS3 atau X360 gitu ya. Gak ada tempat nyoloknya lho di sana.

Ada lagi yang mau ditambahin? Share di komen yuk