Panduan Melamar Pekerjaan

Nih ya, MBDC kasih tau, sebenernya banyak lho lowongan pekerjaan yang tersedia. Coba aja liat di koran-koran. Tiap hari pasti ada aja lowongan. Permasalahannya adalah apakah kamu mau atau tidak mengambil pekerjaan tersebut, bayarannya cocok atau tidak, kamu pantes apa nggak buat kantor itu, dan lain sebagainya. Tapi intinya lowongan pekerjaan itu ada!

Nah, daripada kamu bengong, mending baca artikel ini, biar tau caranya ngelamar kerja.

1. Kenali Dirimu

Pertama-tama kamu harus tau kelebihan dan kekurangan kamu. Nyari kerja itu nggak melulu kerja kantoran lho ya. Misalnya kamu orangnya penyabar dan suka mewarnai, itu adalah kelebihan kamu. Melihat kelebihan kamu, mungkin kamu cocok menjadi guru TK. Ada organisasi-organisasi yang membutuhkan tenaga suka rela untuk mengajar anak-anak kurang mampu, nah kamu bisa ikutan.

Tetapi kalau kekurangan kamu adalah kamu phobia sama anak kecil, ya jangan ikutan. Maksud MBDC adalah, kamu harus seimbang dalam melihat kekurangan dan kelebihan kamu. Gitu loch.

2. Kenali Pekerjaan Yang Akan Kamu Lamar

Kalau kamu sudah tau kelebihan dan kekurangan kamu, maka kamu bisa mulai mencari lowongan pekerjaan. Kalau udah nemu yang cocok sama kelebihan dan kekurangan kamu dan kamu merasa tertarik dengan lowongan yang tersedia, sekarang kamu harus mengenali pekerjaan tersebut.

Ini penting lho, siapa tau kamu lolos screening pertama dan diperlukan tes wawancara. Kalau job descriptionnya aja kamu nggak tau, kamu butuh hoki untuk bisa lolos tes. Oya, kalau bisa kenali juga (calon) tempat kerja kamu. Ngakunya distributor kertas, ternyata kamu jadi kurir perusahaan ekstasi kan repot juga.

3. Cocokin Gaji Dengan Pekerjaan

Nah ini penting nih. Jaman sekarang jangan malu atau takut nanya gaji. Setelah kamu dinyatakan diterima di tempat kerja kamu yang baru, tanya dulu berapa gaji kamu. Baru teken kontrak. Eh tapi ini nanyanya setelah kamu dinyatakan diterima ya. Kalo baru mulai interview kamu langsung nanya gaji, itu sih agak kurang sopan ya.

Kalau kamu kritis, kamu bisa juga pelajari dulu peraturan-peraturan pemerintah seperti gaji minimum, tunjangan ini, tunjangan itu. Begitu kamu dinyatakan keterima, tanyain dah tuh sama HR kamu.

4. Kerja Yang Bener

Last but not least nih. Bahwa sesungguhnya langkah terakhir dalam melamar pekerjaan adalah melakukan pekerjaan itu sendiri. Dengan kerja yang bener, kamu akan disayang bos.

Kalau kamu disayang bos, tidaklah mustahil kalau kamu akan dikasih bonus-bonus. Bisa dalam bentuk uang, atau sekedar ditraktir makan siang aja. Tapi kalau udah sampe diundang sendiri ke rumahnya (dan kamu tau bos kamu masih single)….. Yah kamu bisa kira-kira sendiri lah apa yang akan terjadi selanjutnya. Mungkin kalian bisa main game bersama. Atau main kartu. Seru banget!

Oh iya, kalau kerja kamu bagus kamu juga bisa dapet recommendation letter ketika kamu cabut dari tempat kerja kamu. Jadi calon bos baru kamu bisa tau kalau kerja kamu bagus!

Begitulah. Ada yang ngerasa udah berpengalaman banget dan pengen nambahin? Silakan lho.

Other Post