MBDC Travel: Hong Kong - Tempat-Tempat Asik

Jadi beberapa waktu yang lalu, editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan untuk jalan-jalan ke Hong Kong. Seperti biasa, demi mendapatkan ijin liburan, dia harus nulis artikel tentang perjalanannya gitu deh. Nah, minggu lalu kan udah dibahas tentang persiapan ke Hong KongTransportasi dan Akomodasi di sana, sama makanan-makanan yang enak. Nah, kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat yang asik untuk dikunjungi di Hong Kong! Mari!

Avenue of Stars

Avenue of Stars

Biarpun ini standart banget, tapi kalo kamu ke Hong Kong kamu wajib mampir ke tempat ini. Avenue of Stars itu letaknya di pinggir sungai di Tsim Sha Tsui gitu. Tempat ini dibuat ceritanya untuk menghormati para penggiat perfilman Hong Kong. Jadi di sepanjang jalan di Avenue of Stars ini, kamu bisa ngeliat ada banyak bintang-bintang di lantai yang ada nama para penggiat film Hong Kong gitu. Serupa sama Hollywood Walk of Fame lah.

AoS Jackie Chan

Dan pastinya ada Bruce LeeDan pastinya ada Bruce Lee

Cuma gitu doang? Ya nggak lah. Avenue of Stars ini kalo malem keren banget, karena kamu bisa liat lampu-lampu di gedung yang ada di Hong Kong Island gitu. Kalo kamu ke Hong Kong itu kayaknya belom afdol kalo belom foto pemandangan ini. Selain itu, setiap jam 8 malem, di Avenue of Stars ini ada yang namanya 'A Symphony of Lights' gitu. Jadi ini adalah show laser dan lampu gitu deh. Kerennya, karena lampu-lampunya ini sinkron sama lagu, trus lampu-lampunya ini hasil kolaborasi gedung-gedung yang ada di Kowloon dan Hong Kong Island gitu. Buat gambaran, Symphony of Lights ini kurang lebih kayak gini:

Cakep ye. Oh iya, kalo kamu lagi di Avenue of Stars, kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat lain, seperti Hong Kong Museum of Arts, Hong Kong Space Museum, Cultural Center, sama ada Clock Tower. Seru deh tempat ini.

Broadway Cinematheque

Broadway Cinematheque

Hong Kong itu kan cukup identik dengan film ya. Jadi kayaknya kurang afdol gitu kalo pergi ke Hong Kong tapi gak dateng ke tempat yang film banget gitu. Nah, Broadway Cinematheque di daerah Yau Ma Tei ini adalah tempat yang wajib banget kamu datengin kalo kamu adalah pencinta film. Sebenernya di daerah Yau Ma Tei ini ada satu teater lagi yang lebih bersejarah, namanya Yau Ma Tei Theatre. Tapi MBDC cuma ngeliat depannya, gak sempet masuk.

Ini yang namanya Yau Ma Tei TheatreIni yang namanya Yau Ma Tei Theatre

Nah, di Broadway Cinematheque ini ada sebuah bioskop yang muter film-film yang cukup alternatif, toko buku, cafe, dan sebuah toko yang menjual DVD/Blu-ray/poster/OST/baju namanya Kubrick. Koleksi film yang dijual keren-keren banget. Wah surga banget deh kalo kamu suka film.

Kubrick

Kubrick 2

Oh iya, waktu MBDC ke sini, MBDC nonton film Moonrise Kingdom bikinannya Wes Anderson. Keren filmnya. Tapi kita gak akan ngebahas reviewnya di sini. Kenapa? Karena ini bukan review film. Nah, kalo kamu kebetulan lagi di Yau Ma Tei, kamu bisa mampir ke...

Hobby & Toys Museum

Hobby & Toy Museum

Museum kecil yang satu ini letaknya juga di Yau Ma Tei. Kalo kamu keluar dari stasiun MTR terus jalan menuju ke Broadway Cinematheque, pasti ngelewatin tempat ini. Museum yang satu ini wajib banget buat pencinta mainan dan action figures. Tapi buat kamu yang gak suka sekalipun, kayaknya sih bisa lumayan terpesona ngeliat koleksi mainan-mainan di sini.

Hobby & Toy 01

HObby & Toy 02

HObby & Toy 03

MBDC sih curiganya ini sebenernya koleksi pribadi, trus orang yang punya nyari cara buat dapet duit dari koleksinya gitu. Tapi keren kok. Lumayan bikin ngiler deh.

Victoria Peak

Victoria Peak 01

Jadi Victoria Peak ini adalah salah satu titik paling tinggi di Hong Kong gitu. Kamu bisa ngeliat kota Hong Kong dengan lumayan jelas dari sini. Untuk ke sini, kamu bisa naik sebuah kendaraan yang namanya Peak Tram. Keren deh bentuknya klasik gitu.

Peak Tramnya yang warna merah itu...Gak keliatan ya?Peak Tramnya yang warna merah itu...Gak keliatan ya?

Di Victoria Peak ini juga ada Madame Tussaud. Itu lho yang wax museum itu. Trus ada...apa ya. Intinya sih kamu di sini buat foto-foto aja sih sebenernya.

Central Mid-Level Escalator

Central Mid Level Escalator 01

Nah, ini unik nih. Central Mid-level escalator itu adalah eskalator outdoor terpanjang di dunia. Jadi eskalator ini menghubungkan wilayah Central dan Western District gitu. Alkisah eskalator ini tuh dibuat karena daerah central itu tuh daerahnya tinggi dan berbukit gitu. Jadi dibuatlah eskalator panjang ini, supaya para penduduk bisa jalan dengan lebih mudah gitu.

Central Mid Level Escalator 02

Central Mid Level Escalator 3

Film Chungking Express dan The Dark Knight sempet shooting di sini gitu. Keren deh.

Ngong Ping Village

Ngong Ping 01

Ngong Ping Village ini adalah sebuah pulau yang agak jauh gitu. Untuk ke sini, kamu harus naik cable car. Lumayan makan waktu sih, tapi worth it banget kok. Jadi di Ngong Ping ini kamu bisa...ya pada dasarnya liat-liat aja sih. Ada patung Buddha yang gede banget gitu di sini. Keren deh kalo buat profile picture baru kamu.

Ngong Ping 02

Selain itu di sini ada tempat yang namanya Path of Wisdom. Ini tuh...apa ya. Sebuah bukit yang ada papan-papan bertuliskan petuah-petuah Cina gitu deh. Tapi ini keren banget lho. Rasanya kamu kayak lagi di film-film kung fu gitu deh.

ngong ping 03

ngong ping 04

Ngong Ping Village ini cocok banget kalo kamu ngerasa penat sama kepadatan Hong Kong gitu. Udaranya relatif lebih segar, trus juga lebih sepi gitu. Seru deh.

Macau

Macau

Lho?! Macau kan negara sendiri MBDC?! Yap, memang bener. Kamu juga perlu passport kalo pergi dari Hong Kong ke Macau. Trus kenapa diitung sebagai tempat asik di Hong Kong? Abisnya kalo kamu udah pergi ke Hong Kong, sesungguhnya tidak afdol kalo gak mampir ke Macau sejenak. Macau ini cuma 1 jam kalo naik ferry dari Hong Kong. Nah, terus ada apa di Macau? Hmm. Ada macem-macem sih. Bisa jadi artikel sendiri. Ntar untuk Macau dibahas sendiri aja deh. Haha.

Nah, itulah tempat-tempat seru yang sempet MBDC kunjungi selama di Hong Kong. Ada yang mau nambahin? Atau mau tanya? Silakan diutarakan di kolom comment di bawah. Minggu depan kita akan membahas hal-hal random di Hong Kong! Sampai jumpa minggu depan!