MBDC Travel: Hong Kong - Random Things

Jadi beberapa waktu yang lalu, editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan untuk jalan-jalan ke Hong Kong. Seperti biasa, demi mendapatkan ijin liburan, dia harus nulis artikel tentang perjalanannya gitu deh. Nah, minggu lalu kan udah dibahas tentang persiapan ke Hong KongTransportasi dan Akomodasi di sanamakanan-makanan yang enak, sama tempat-tempat asik. Nah, kali ini kita akan membahas tentang hal-hal random yang mungkin kamu perlu tahu sebelum kamu ke Hong Kong. Mari!

Orangnya Judes-judes

Yang ini mungkin kamu udah sering denger ya. Beda dengan orang Jepang yang ramah-ramah, orang di Hong Kong itu judes dan kasar. Kalo misalkan kamu mau beli sesuatu, trus kamu nanya-nanya, nyobain, tapi kamu abis itu gak jadi beli, kamu udah pasti dijudesin. Ini gak cuma berlaku di toko kecil lho. Di toko-toko gede juga demikian. Kayaknya sih sebenenernya bukan maksud mereka untuk galak atau gimana. Tapi kayaknya secara kebudayaan udah kayak gitu deh. Jadi jangan keburu sakit hati, marah, atau ciut kalo tiba-tiba dijutekin. Cuek aja.

Toilet Susah

Nah ini. MBDC gak tau ya emang kita yang bego nyari WC apa gimana, tapi waktu MBDC ke sana, nyari toilet itu susah banget. Di kebanyakan stasiun MTR itu gak ada toilet. Trus di dalem Mall, terkadang kamu harus naik beberapa lantai gitu sebelum nemuin toilet. Udah gitu toiletnya tersembunyi gitu. Di beberapa tempat lain, toilet itu dikunci. Jadi yang boleh pake toilet itu cuma pelanggan tempat itu. Kamu gak bisa masuk ke tempat itu cuma numpang WC. Kamu harus masuk, beli makanan atau apa gitu, trus kalo kamu mau pipis, ntar dikasih kunci buat buka toiletnya.

Gak Sebisa itu Bahasa Inggris

Sebagai bekas koloni Inggris, kamu tentu mengira bahwa orang Hong Kong semuanya ahli berbahasa Inggris. Kamu salah! Biarpun cukup banyak orang Hong Kong yang bisa berbahasa Inggris, namun banyak juga yang gak bisa bahasa Inggris sama sekali. Yah, mereka ngerti sih kamu ngomong apa, tapi mereka tetep bakal nanya balik pake bahasa canton. Selain itu yang bisa bahasa Inggris itu juga kebanyakan bahasa Inggris seadanya gitu ya. Survival mode gitu lah. Intinya sih gestur dan bahasa tarzan lebih akan menyelamatkan hidup kamulah di sini. Oh iya, sering kali di restoran (biasanya restoran kecil) itu menunya ditulis dalam aksara Cina. Mereka punya menu dalam bahasa Inggris, tapi kamu harus minta dulu. Dalam istilah mereka, menu bahasa Inggris itu secara simple disebut menu 'A B C'. Tapi kalo kamu minta 'english menu' mereka juga rata-rata ngerti sih. Kecuali di restoran Joy Hing, dimana mereka gak punya menu sama sekali dan penjualnya juga gak bisa bahasa Inggris.

TKW

Yes, ada buanyaaaak banget TKW di Hong Kong. Kalo kamu ke daerah Causeway Bay di hari Minggu, kamu akan ngerasa kayak di Indonesia. Cuma settingnya lebih bagus aja. Kamu akan denger dimana-mana orang ngomong bahasa Indonesia. TKW ini canggih-canggih lho, banyak yang fasih berbahasa canton/mandarin gitu. Dan mereka juga akan dengan senang hati membantu kamu kalo kamu lagi kebingungan atau mau nanya sesuatu. Sisterhood para TKW ini erat banget deh pokoknya.

Nah, demikianlah. Kayaknya segini dulu sih MBDC Travel: Hong Kong. Berikutnya MBDC bakal membahas sedikit tentang trip ke Macau. Tapi dikit doang, soalnya di situ gak sampe sehari. Nah ada pertanyaan? Atau ada yang mau nambahin? Silakan utarakan di comments!