MBDC Nostalgia: Acara Kuis Televisi Kece Tahun 90an

Gapapa lah ya bahas 90an lagi. Jebakan umur dikit. Jaman TV Nasional baru menggeliat dan lagi berlomba-lomba mengadaptasi acara dari luar negeri. Salah satunya ya menjamurnya kuis-kuis di televisi kayak contoh-contoh di bawah ini. Masih pada inget kan ya sama:

Kuis Keluarga Lifebuoy

Siang siang nih kayaknya dulu diputernya, di RCTI, pembawa acaranya namanya Cathy Bonn. Kuisnya tebak gambar gitu ya kayaknya, apa ada segmen yang lain ya? Kita lupa. Pokoknya karena kuis ini, hampir semua rumah di Indonesia pada kala itu sabun mandinya adalah Lifebuoy

Tak Tik Boom

Dede Yusuf dong ya pembawa acaranya dengan jas kedodoran. Ini kuis yang demen nonton bapak-bapak biasanya, karena membahas seputar pengetahuan umum, politik, sejarah, ekonomi gitu gitu. Jadi si peserta diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di balik panel panel kategori, dan harus membentuk jalur tertentu, kesamping atau menyilang gitu. Kayak mainan anak SD yang SOS di kertas itu, pada tahu gak? Nah makanya kalimat yang lumayan sering terlontar dari kuis ini adalah ‘Untuk menghambat jalannya bung Olan, saya pilih Sosial Ekonomi’ gitu.

Berpacu Dalam Melodi

Aduh mungkin satu-satunya orang yang bisa bernyanyi sambil tetap tersenyum pamer gigi adalah Koes Hendratmo yang menjadi pembawa acara kuis ini. Ditemenin sama Ireng Maulana yang jadi pemimpin band di belakang layar untuk ngasih nada nada awal yang kemudian ditebak lagunya apa. Asiknya kuis ini adalah, tiap abis nebak lagu pasti langsung nyanyi bareng-bareng. Kalo gak salah dulu tayangnya di TVRI ya? Lupa.

Jari Jari

Hostnya si Pepeng nih. Pelopor kuis langsung via telpon dengan pemirsa di rumah. Lupa sih kita pertanyaannya biasanya tentang apa, tapi pokoknya satu hal yang pasti ada di kuis ini adalah ‘Nama? Nama? Password?’ ‘JARII JARIIII’. Gitu deh.

Siapa Dia

"Bolehkah aku melihat sari wajahmu...O o siapa dia?" Pembawa acaranya Aom Kusman yang selalu ribet kalo udah ngomong kata emansipasi, partisipasi, globalisasi. Jadi ada 4 panelis gitu pesertanya, disuruh nebak profesi dari tamu misterius yang akan menjawab pertanyaan cuma dengan Ya atau Tidak gitu. Terus ada juga yang suruh nebak siapa yang bener-bener berprofesi jadi, misalnya Pramugari dari 4 orang yang duduk di depan mereka. Duile. Kayak Knock Knock Who’s There tapi versi lebih ribet.

Masih banyak lagi sih yang lain. Apalagi kuis-kuis dari Ani Sumadi. Kemana ya dia sekarang? Ada yang mau ngelengkapin atau nambahin? Silakan lho.

Other Post