Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Seenaknya di Negara Orang

Merantau itu bukan hal yang mudah, apalagi kalo di negara orang yang jauh. Kamu musti ngapa-ngapain sendirian, jauh dari keluarga dan handai taulan, dan musti ngomong pake bahasa asing. Tapi ngerantau di negara orang gak semuanya gak enak. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sesuka hati di negara orang yang gak bisa kamu lakukan di kampung halaman. Nih langsung aja ya.

Sumpah Serapah

Hal paling asik yang bisa kamu lakukan dengan bahasa ibu kamu, terlebih kalo kamu tinggal di negara dimana gak banyak orang dari negara asal kamu atau gak banyak orang yang tahu bahasa kamu. Misalnya kamu orang Indonesia yang lagi tinggal di Eropa gitu. Kamu bisa maki-maki bule pake bahasa Indonesia sepuas kamu, tapi pake nada yang gak marah-marah gitu dan si bule pun gak bakal ngerti apa yang kamu omongin. Dan kalo pun si bule nanya, kamu bisa ngeles apa gitu kek.

Tapi beda cerita misalnya kamu bule amrik yang lagi tinggal di Indonesia gitu. Kalo kamu maki-maki orang lokal pake bahasa Inggris, apalagi kalo di kota-kota besar gitu, kemungkinan besar orang itu ngerti bahasa Inggris dan ngerti apa yang kamu omongin.

Ngerjain Orang

Sebagai perantau yang baik, kalo ada orang yang gak tau tentang kebudayaan dan kebiasaan di negara asal kamu, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah ngerjain dia. Misalnya ini nih, kayak Joe Taslim ngerjain Tyrese Gibson, katanya dia melakukan salam tradisional dari Indonesia, yang sebenernya boongan.

Selain ngerjain orang, kamu juga bisa boongin orang untuk kepentingan kamu, misalnya kamu lagi males cuci piring, tapi temen bule kamu nyuruh-nyuruh terus. Kamu bisa aja boongin dia bilang kalo menurut adat, kamu gak boleh cuci piring langsung setelah makan, kalo gak mau kena sial atau pamali. Atau kalo kamu lagi kere, kamu bisa boongin bule dengan dalih seperti kalo di Indonesia, kalo ngasi makan orang kelaperan nanti bakal dapet keberuntungan selama 7 hari berturut-turut. Gunakan kreatifitas kamu!

Jadi Orang Lain

Kamu kan ceritanya tinggal di lingkungan baru. Gak ada orang yang kamu kenal sebelomnya. Orang juga gak ada yang kenal kamu sebelomnya. Nah inilah saatnya untuk berubah menjadi orang lain. Misalnya di kampung halaman kamu adalah seorang yang dibenci karena suka ngintip gadis-gadis mandi di kali, di negara orang kamu bisa jadi seorang gentleman yang dihormati dan menghormati sesama.

Lho kok gitu MBDC? Bukannya lebih baik jadi diri sendiri? Ya gapapa dong, pasti kan semua orang punya hal-hal dari dirinya yang ingin diubah atau diperbaiki, atau pengen sesekali jadi orang lain. Kalo di kampung halaman, kamu tiba-tiba berubah, orang yang kenal kamu pasti bakal curiga kamu ada apa-apanya. Nah kalo di lingkungan baru, gak bakal ada yang tanya-tanya.

Bergaya Aneh-aneh

Di Indonesia, sayangnya orang masih sangat dinilai dari penampilannya. Misalnya dandanan kamu gembel gitu, kemana-mana cuma pake kaos oblong, celana pendek ama sendal jepit, masuk ke toko mahal pasti bakal diliat sebelah mata sama mas-mas yang jaga toko. Padahal dompet kamu isinya kartu kredit platinum semua dan kamu lagi nyobain gaya Bob Sadino.

Nah kalo di luar, terutama di negara-negara barat, orang cenderung cuek sama penampilan orang lain. Kamu gak bakal dinyinyirin atau diomongin kalo pake dandanan aneh-aneh. Inilah saatnya untuk nyobain dandanan aneh yang selalu kamu pengen coba tapi takut dimarahin sama mama kamu. Kamu mau rambut mohawk warna merah? Kamu mau bergaya 70-an? Kamu mau jadi hipster? Silakan, gak ada yang peduli.

Nah begitulah kurang lebih. Ada yang mau nambahin? Silakan tambahin di comments!