Cara Merakit Flying Gliders

Kalau kamu tumbuh besar di tahun 90an dan memiliki masa kecil yang bahagia, kamu pasti tau mainan yang satu ini: Flying Gliders!

Flying Gliders 01

Nah, buat kamu yang gak tumbuh besar di tahun 90an atau sekedar kurang asik, Flying Gliders ini adalah mainan pesawat yang terbuat dari gabus. Flying Gliders ini bisa dilempar dan dia akan melayang selama beberapa detik sebelum akhirnya jatuh. Udah gitu doang? Iya. Buat anak jaman dulu, kebahagiaan itu memang sungguh sederhana. Tapi seru lho.

Nah, kemarinnya ini gak sengaja MBDC menemukan mainan ini lagi. Yang jual adalah seorang bapak-bapak yang membawa pikulan berisi mainan-mainan jaman dulu.

Penjual Mainan BersahajaPenjual Mainan yang Bersahaja

Nah, Flying Gliders ini harganya Rp. 3000 saja. Tanpa pikir panjang, langsung MBDC beli dong! Buat kamu yang penasaran gimana cara ngerakitnya atau mungkin lupa, hari ini MBDC akan memberikan tutorial Cara Merakit Flying Gliders!

1. Sobek Bungkus dan Keluarkan Isinya

Flying Gliders 02

Step ini sungguh penting, karena kalo kamu gak keluarin isinya...kamu gak bisa ngerakit Flying Gliders-nya. Dan kamu tidak mau ini terjadi dong.

Mengeluarkan isi Flying GlidersMengeluarkan isi Flying Gliders
Flying Gliders 04Isi Flying Gliders

Satu bungkus Flying Gliders terdiri dari:

  1. Satu badan pesawat
  2. Satu sayap depan
  3. Satu sayap belakang
  4. Satu set baling-baling

Kalo di dalam bungkusan kamu gak ada 4 item tersebut...ya nasib. Tapi gimana dong, namanya juga mainan 3 ribuan.

2. Merakit Sayap

Flying Gliders 05

Hal pertama yang perlu kamu rakit adalah sayap-sayapnya. Ada dua sayap di mainan Flying Gliders, yaitu sayap depan dan sayap belakang. Cara merakitnya mudah, kamu cukup masukin sayapnya ke badan pesawat, sampe posisi sayapnya seimbang sempurna gitu. Biasanya lobang sayap di badan pesawatnya masih ketutup gabus gitu, kamu dorong aja pake kuku kamu sampe lobangnya kebuka.

Flying Gliders 06

Kalo kamu melakukannya dengan benar, bentuk pesawat kamu sekarang bakal kayak gini:

Flying Gliders 07

Cakep! Kalo udah kayak gini, kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Merakit Baling-baling

Flying Gliders 08

Pertama kali kamu melihat baling-balingnya mungkin kamu bingung. Baling-baling macam apa ini?! Gimana masangnya coba?! Santai. Memang baling-baling ini harus dirakit dulu. Caranya mudah. Bisa kamu lihat bahwa di baling-baling warna biru itu ada kayak semacam tumor gitu kan. Nah, ini harus dipotek dulu.

Flying Gliders 09Dipotek kayak gini

Nah, tumor itu rupanya adalah sumbu buat si baling-baling! Jenius banget! Nah, berikutnya kamu tinggal masukin ujungnya ke bolongan baling-baling.

Flying Gliders 10Seperti memasukkan benang ke jarum, tapi lebih gampang.

Selanjutnya sambungin baling-baling itu ke ujung sebuah benda kecil yang berwarna merah itu:

Flying Gliders 11

Kalo udah hasilnya kayak gini:

Flying Gliders 12

Nah, baling-baling kamu udah jadi!

4. Menyambungkan Baling-baling dengan Badan Pesawat

Flying Gliders 13

Kalo badan pesawat dan baling-baling kamu udah jadi, berarti yang perlu kamu lakukan tinggal menyambungkan baling-baling pesawat dengan badannya.

Flying Gliders 14

Nah, kalo udah begini, berarti Flying Gliders kamu udah siap!

Flying Gliders 15

5. Terbangin!

Kalo Flying Gliders kamu udah jadi, tentu hal terakhir yang wajib kamu lakukan adalah mencoba menerbangkannya. Berikut ini adalah gambar Flying Gliders MBDC melesat di angkasa!

Flying Gliders Terbang

Wuiih! Keren banget!

Nah, kalo kamu liat di bagian belakangnya Flying Gliders, kamu bisa melihat bahwa sesungguhnya ada banyak sekali varian dari Flying Gliders ini:

Koleksi Flying Gliders

Tentu kamu bisa mengkoleksi semuanya. Tapi perlu kamu ketahui bahwa bungkus sama isinya bisa beda banget lho. MBDC beli yang bungkusnya North American Mustang, tapi isinya...kayak gitu deh.

Oh iya, yang bertanya-tanya dimana bisa nemuin bapak-bapak yang jualan mainan ini, waktu itu sih MBDC ketemunya di Perthok Pondok Indah, hari Sabtu pagi. Nah, adakah dari antara kamu yang masih punya koleksi Flying Gliders? Atau mungkin ada yang punya tips tambahan? Boleh lho dishare di comments.

Other Post