Cara Cepet Tidur Buat Kamu yang Susah Tidur

Katakanlah hari ini adalah Minggu malam setelah liburan panjang, dimana hari Seninnya kamu ada rapat sama jajaran atas perusahaan kamu buat ngebahas planning proyek yang kamu bawahi. Kamu perlu banget tidur cepet, segala macem materi buat rapat besok udah kamu persiapkan, cuma ada satu masalah: Kamu gak ngantuk. Nah terus gimana dong MBDC? Tenang aja, kita kan baik banget, makanya kita buat artikel ini, tujuannya sih biar kamu bisa tidur cepet disaat-saat gini.

1. Siapkan Situasi Tidur yang Nyaman 

Ini penting banget nih. Sebelum memulai tidur, segala jenis persiapannya harus matang: kamu harus berada diatas kasur yang empuk, sirkulasi udara kamar kamu harus bagus, pokoknya segalanya harus dibuat senyaman mungkin, termasuk posisi tidur kamu juga harus yang paling nyaman.  Jangan tidur dengan posisi nungging, karena biasanya sih ini agak kurang nyaman ya.

Kalau kamu ngerasa semuanya udah nyaman, mari lanjut ke poin berikutnya.

2. Tutup Mata

Jangankan tidur, ngantuk aja bakalan susah banget kalau kamu gak nutup mata. Untuk kasus tutup mata ini, kamu gak perlu banyak teori, tinggal tutup mata, yang penting santai aja. Lampu gak harus mati, tiap orang kan gaya tidurnya beda-beda. Cuma kalau kata para ahli sih, bagusan mati lampunya, tapi buat yang biasa nyalain lampu juga gak masalah.

3. Lupakan Segala Masalahmu Sejenak

Mobil belum isi bensin, besok bakalan macet atau enggak, belum siapin back-up buat bahan rapat besok...ah itu semua gak penting sekarang. Kan yang penting gimana caranya biar bisa tidur. Ya  intinya kamu harus rileks, harus tenang.

Ada banyak cara sih kalau udah sampe sini. Ada yang biasanya ngitung domba, ada yang menghayal, ada yang berimajinasi, pokoknya bebas, yang penting kamu tenang dan bisa ngebuat kamu lupa akan segala macam beban hidup kamu yang lebih berat dari beban badan kamu.

4. Bikin Sesuatu yang Produktif

"Ah itu semua gak bikin aku ngantuk MBDC! Gimana dong?!" Oo gitu ya. Ya udah, mumpung kamu gak ngantuk, mending kamu bikin sesuatu yang produktif ajah. Misalnya bagusin bahan presentasi buat besok, bikin rencana keuangan buat setahun, bikin planning hidup kamu 20 tahun mendatang, nulis cerpen, atau mungkin bisa juga nulis artikel buat MBDC. Biasanya sih kalo kamu abis bikin sesuatu yang produktif, otak kamu jadi capek, trus kamu jadi ngantuk deh. Sukses!

5. Belajar

"Ah, kalo kayak gitu mah malah makin gak ngantuk MBDC! Aku malah jadi semangat trus gak tidur-tidur!" Nah, kalo kayak gini, mendingan kamu belajar ajah. Mumpung lagi musim UN nih. Kalo disuruh belajar kamu pasti malah jadi ngantuk kan? Pilih pelajaran yang kamu gak suka. Misalnya kamu benci pelajaran Sejarah, nah kamu buka-buka trus langsung mulai hafalin aja tahun-tahun penting di Perang Diponegoro. Paling 5 menit otak kamu langsung shut down dan kamu pun terlelap.

Udah ah, segitu aja, ada yang mau nambahin? Boleh loh.