Yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Lagi Kehabisan Ide

Mungkin kadang-kadang kamu mikir kalo lagi baca MBDC, "Kok bisa ya bikin artikel banyak banget, dan macem-macem gitu yang dibahas. Pada random gitu. Terus suka hal-hal yang bener-bener gak kepikiran kok bisa dibahas aja sama MBDC. Pada dapet ide dari mana sih emangnya?"

Biarpun MBDC selalu terlihat keren dan punya segudang ide, tapi sebenernya dibalik website yang super keren ini, terdapat manusia-manusia biasa yang menjalankannya. Kadang, kontributor MBDC pun suka kehabisan ide, sampe akhirnya kita gak bisa menuhin janji buat ngumpulin artikel. Nah kita tau, kehabisan ide itu bukan masalah bagi kontributor website humor doang. Jadi MBDC mau bagi-bagi tips nih, MBDC biasanya ngapain sih kalo lagi kehabisan ide buat nulis artikel? Yuk disimak.

Jalan-Jalan

Kebuntuan itu biasanya dateng gara-gara udah sumpek sama suasana. Nah biar gak sumpek lagi, salah satu hal yang paling gampang tapi efektif buat dilakuin itu adalah jalan-jalan. Dan jalan-jalannya gak usah repot sih, bisa aja jalan keliling ruangan gitu muter-muter kayak orang bingung. Tapi emang paling enak jalan keluar lah, cari angin, ganti suasana gitu. Dan pas lagi jalan itu MBDC kadang ngeliat sesuatu yang menarik, dan akhirnya bisa dijadiin bahan tulisan.

Banyak Baca

Katanya, buku adalah jendela dunia. Tapi jaman sekarang, bukan buku doang yang bisa disebut sebagai jendela dunia. Banyak banget bahan bacaan jaman sekarang yang bisa dijadiin inspirasi, dari koran, majalah, iklan, sms, bbm, bahkan tweet temen kamu pun bisa dijadiin bahan artikel kalo emang menarik, dan kamu kreatif ngembanginnya.

Bengong

Bisa juga, kamu kehabisan ide gitu karena otak kamu udah cape bekerja. Udah kebanyakan yang dipikirin gitu. Ibaratnya kalo komputer, memory-nya udah kepake banyak buat jalanin aplikasi. Nah coba kamu matiin semua pikiran itu, dan bengong aja. Kosongin pikiran kamu, dan biasanya ide muncul sendiri. Tapi jangan kelamaan juga bengongnya, kalo kesurupan MBDC gak mau tanggung jawab ya.

Tidur

Berhubungan sama poin sebelomnya, pas otak kamu udah cape kerja, mungkin emang kamu perlu istirahat. Coba lah tidur sebentar, biar kamu fresh lagi dan bisa nyari ide, dan juga nuangin ide kamu itu. Pengalaman MBDC sendiri, sering MBDC dapet ide aneh-aneh pas lagi kriyep-kriyep di tempat tidur pas mau tidur. Biar gak lupa, langsung di catet tuh, dan pas bangun nanti coba lah dikembangin idenya.

Bikin Artikel Soal Kehabisan Ide

Lho. Kenapa? Kehabisan ide kan topik juga. Kesialan itu bisa dijadikan keuntungan. Kesempatan bisa datang dari kesempitan. Tergantung gimana kamu menyikapinya dan menghadapinya dengan kreatif.

Akhir kata, MBDC cuma pengen curhat aja dikit, walaupun keliatannya kerjaannya MBDC itu gampang dan semua orang bisa ngelakuin, tapi kenyataannya enggak. Perlu dedikasi dan intelejensia tinggi untuk nulis-nulis kayak begini.

Hal ini diakuin oleh salah satu pejabat MBDC sendiri, @JHadiprojo:

Ya gitu deh pokoknya. Semoga bermanfaat. Wassalam.