Tipe-tipe Teman Kost

Hidup manusia selalu berubah. Kadang-kadang senang, kadang-kadang sedih, kadang-kadang sulit, kadang-kadang sembelit atau bahkan kecepirit. Mungkin hari ini kamu bisa menikmati kenyamanan tinggal di rumah sendiri bersama keluarga, tapi besok kamu diharuskan untuk merantau jauh dari keluarga, dan bertemu dengan orang-orang baru yang aneh-aneh.

Nah orang kalo ngerantau, biasanya kan ngekost gitu, karena gak semua orang punya bokap tajir yang bisa beliin apartment dimana-mana atau punya sodara banyak banget, sampe di setiap kota ada yang bisa ditumpangin. Hidup ngekost itu penuh suka dan duka, dan gak bisa dilakuin sama semua orang. Salah satu tantangan dari ngekost, selain main petak umpet sama ibu kost kalo duit kiriman belom dateng, adalah berinteraksi dengan makhluk-makhluk yang tinggal bareng di kostan kamu.

Sebelom kamu berangkat ngekost, MBDC saranin baca dulu deh ini, supaya kamu punya gambaran orang-orang macam apa yang bakal tinggal bareng kamu nanti. 

1. Si Baik Hati

Ini dia nih teman yang ideal. Dia baik. Dia gak berisik malem-malem, dan lebih penting lagi: gak berisik pas pagi-pagi buta. Kalo kostan kamu kamar mandinya sharing, dia gak pernah mandi lama-lama dan bikin orang antri sambil ngedumel. Kalo masak dan makan, selalu dibersihin dan dirapihin ke tempat semula, gak ditumpuk doang di bak cuci piring sampe ibu kostnya ngamuk-ngamuk. Dan gak jarang dia nawarin untuk masakin buat kamu. Dan ketika kamu pulang malem sambil bawa cowok/cewek/binatang (Santai aja men, kita gak nge-judge orientasi kamu kok) ke kamar kamu, dia gak komentar atau nyinyir macem-macem.

Pokoknya asik banget deh kalo ada orang kayak gini di kostan kamu. Apalagi kalo lebih dari satu. Pesen MBDC, kalo ada yang kayak gini, kamu bales lah kebaikannya, jangan dimanfaatin doang. Orang yang keliatannya baik-baik, belom tentu bukan psikopat lho. Jadi ya...

2. Si Hantu

Kenapa hantu? Karena cuma kedengeran ada suaranya doang, tapi orangnya gak pernah keliatan. Pas kamu bangun pagi masih kriyep-kriyep gitu, dari kamar dia kedengerannya sih lagi siap-siap. Terus tengah malem, kamu denger dia gedubrak-gedubrak baru pulang. Kayaknya. Kamu gak yakin juga soalnya kamu udah setengah sadar. Kalo misalnya kamu lagi gak kemana-kemana, dan lewat kamar dia, kayaknya sih ada orangnya. Tadi kayaknya kamu liat dia lewat samar-samar gitu. Tapi gak yakin juga kamu.

Yang kayak gini sih biasanya orang sibuk gitu, pergi masih gelap dan pulang udah gelap lagi. Gak ganggu sih, asal kamu juga gak ganggu dia. Biarkan aja dia punya alamnya sendiri. Sesama makhluk yang beda alam emang harusnya jangan saling mengganggu.

Atau.. Ngomong-ngommong soal makhluk beda alam, coba kamu pastiin sama ibu kost kamu. Siapa tau kamar itu sebenernya kosong, dan pernah ada....kejadian gak enak disitu.

3. Si Ansos

Kalo ini mirip-mirip sama yang hantu tadi, tapi bedanya kamu tau dia ada orangnya, bentuknya kayak apa, dan jelas napak tanah. Kalo si hantu gak pernah keliatan karena kayaknya gak pernah ada di kostan, si ansos ini justru ada di kamar mulu, tapi gak keluar-keluar aja. Kok tau dia ada di kamar? Ya kedengeran aja gitu suaranya, entah suara laptopnya, atau dia grusak grusuk gak jelas.

Kadang-kadang kamu ketemu dia, entah di dapur atau di ruang tengah. Kamu coba ajak ngobrol, sepertinya sih orangnya ramah dan baik-baik aja. Mungkin emang introvert aja dia, lebih seneng menyendiri daripada ngobrol sama orang. Jadi kalo yang ngamar mulu gini, jangan kamu kira dia nyembah setan atau nyembunyiin mayat dulu. Eh tapi siapa tau sih. Bisa juga.

4. Si Brengsek

Dari namanya, kamu pasti udah tau kalo kamu gak mau ada orang kayak gini di kostan kamu. Kelakuannya udah pasti brengsek dan gak nyenengin buat tinggal bareng orang kayak gini.

Brengseknya kayak gimana MBDC? Macem-macem sih. Kalo menurut pengalaman dan cerita temen-temen MBDC yang MBDC kumpulin, kelakuan-kelakuan brengsek di kostan itu termasuk: ngebajak barang-barang yang disediakan buat bersama seenaknya, ngotor-ngotorin rumah dan gak dibersihin, make kamar mandi lama dan bikin orang telat, ngambilin makanan orang, sotoy dan ngurusin hal yang bukan urusannya, berisik malem-malem dan pagi-pagi buta, pokoknya brengsek dan nyusahin secara general deh. Kamu pasti tau kalo ada orang brengsek di kostan kamu.

Ada satu cerita temen MBDC yang cukup menarik. Jadi temen kostannya itu cukup...ekstrim. Suatu hari temen MBDC abis ngopi film dewasa dari temennya dan akhirnya dimintain sama orang-orang satu kostan. Nah mendengar kabar ini, si ekstrim itu gak tinggal diam. Dia pura-pura mau ngopi juga dari temen MBDC, tapi ternyata ketika harddisk-nya dibalikin, folder film dewasa itu ternyata di apus sama dia, dan besokannya dia bilang ke temen MBDC kalo sebaiknya film seperti itu jangan ditonton. Luar biasa.

Begitulah beberapa makhluk yang mungkin bakal sekostan sama kamu untuk beberapa waktu kedepan. Kamu ngekost dan punya temen yang lebih ajaib lagi dari ini? Coba share di comment.