MBDC Travel: Hong Kong - Transportasi & Akomodasi

Jadi beberapa waktu yang lalu, editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan untuk jalan-jalan ke Hong Kong. Seperti biasa, demi mendapatkan ijin liburan, dia harus nulis artikel tentang perjalanannya gitu deh. Nah, kalo minggu lalu sudah dibahas tentang persiapan kalo mau pergi ke Hong Kong, kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Transportasi dan Akomodasi di sana. Mari langsung kita mulai!

Transportasi Menuju ke Hong Kong

Ya naik pesawat lah. Naik kapal bisa aja sih...tapi lama nyampenya. Udah lah gak usah sok-sok anti mainstream. Naik pesawat aja, cepet nyampenya. Ada banyak maskapai yang punya rute ke Hong Kong, baik budget airlines seperti, misalnya AirAsia, maupun airlines-airlines yang gak terlalu budget, seperti misalnya Garuda, Cathay, atau mungkin Singapore Airlines. Kalo kamu sih pasti naik budget airlines. Tapi kalo MBDC kemaren sih naik airlines yang gak budget. Biasalah, kerja di MBDC emang bisa bikin kamu kayak gitu. Buat kamu yang selama ini naiknya budget airlines terus, naik airlines yang gak budget itu rasanya beda lho. Di dalem pesawatnya ada TV:

IMG_3245

IMG_3249Dapet headset juga lho...Tapi ntar harus dibalikin sih.

Trus di TV itu kamu juga bisa nonton banyak banget pilihan film:

Seperti misalnya The Amazing SpidermanSeperti misalnya The Amazing Spiderman

Jadi di perjalanan jauh kamu bisa nonton film gitu. Gak kerasa deh! Selain itu, di dalem pesawat yang gak budget kamu juga udah dapet makanan dan minuman, gak perlu beli lagi:

Makanan di PesawatMayan deh, enak juga

Oh iya, kamu juga dapet comfort kit gitu deh kalo kamu mau bobo:

Comfort Kit Pesawat

Gitu deh. Nah, setelah sekitar 4.5 jam di udara, tibalah kamu di:

Tiba di HK

Cihuy! Tinggal jalan-jalan nih!

Transportasi di Hong Kong

Seperti halnya negara-negara maju lainnya, transportasi umum di Hong Kong itu bagus, aman, dan nyaman. Tapi sebelum kita mulai membahas satu per satu transportasi di Hong Kong, dari airport ke pusat kota naik apa nih MBDC?! Nah, dari airport ke pusat kota ada kereta yang namanya Airport Express. Keretanya adem dan cepet. Kalo gak salah cuma sekitar 20 menit dari airport ke pusat kota.

Tiket Airport ExpressIni tiketnya Airport Express
Ini interiornya Airport ExpressIni interiornya Airport Express

Cihuy lah pokoknya. Nah, kalo kamu udah sampe pusat kota, kamu bisa mulai menjelajah nih. Ada berbagai mode transportasi di Hong Kong, antara lain:

MTR

Pintu masuk MTR Station Pintu masuk MTR Station

Ini keretanya Hong Kong. Bentuknya ya sama lah kayak kereta-kereta di negara maju lain. Kalo menurut MBDC sih ini mode transportasi yang paling enak, nyaman, dan cepet. Rutenya juga cukup gampang dipelajari. Ini map MTR-nya Hong Kong:

MTR_MapMTR Map

MTR di Hong Kong itu kalo lagi rush hour itu bisa rame banget. Tapi ya penuhnya tetep gak sepenuh busway sih, masih lebih manusiawi lah. Selama di Hong Kong sih MBDC paling sering naik ini. Oh iya, satu lagi. Kalo kamu tau kamu bakal sering naik MTR selama di Hong Kong, ada baiknya kamu beli yang namanya Octopus Card:

Octopus Card

Octopus Card ini adalah semacem kartu pra bayar gitu deh. Kamu isi saldo ke kartu ini, trus ntar kalo mau masuk ke stasiun MTR, tinggal kamu sentuhin gitu kartunya. Ini bikin perjalanan kamu lebih cepet dan praktis aja sih, karena gak perlu itung-itung receh buat beli tiket dulu tiap kali naik MTR. Selain itu katanya Octopus Card ini bisa dipake buat belanja di mini market juga. Tapi MBDC gak sempet nyobain sih.

Tram

Tram HK

Nah, yang ini cukup lucu nih. Sayangnya MBDC gak sempet naik, cuma liat doang. Tram ini juga areanya terbatas. Oh iya, buat yang belum tau, Hong Kong itu terdiri dari beberapa daerah gitu, yaitu Hong Kong Island, Kowloon, New Territories, sama Lantau Island. Nah, si tram ini cuma ada di bagian utaranya si Hong Kong Island doang. Pada dasarnya sih Tram ini kayak bis, cuma ada relnya. Mereka bisa jalan dan berhenti semau-maunya.

Bis

Ada dua macem bis di Hong Kong, yang gede sama yang kecil. Yang gede kurang lebih sama lah kayak bis-bis di Singapore. Bisnya gede, ada yang dua tingkat, dan pastinya nyaman lah. Nah, selain bis gede ini, ada juga bis kecil yang sering disebut Green Minibus.

HK Green Bus

Bisnya kurang lebih segede jemputan sekolah gitu deh. Ini kayak ekivalennya mikrolet gitu kali ya kalo di Jakarta. Supir bisnya juga bentukannya suka rusuh gitu, nyetir cuma pake kutang doang. Tapi biar gimana juga, minibus ini rapi dan teratur. Mereka cuma berhenti di halte dan menaati peraturan.

Taxi

Ya taxi mah dimana-mana sama aja lah ya. Taxi di Hong Kong ini bentuknya sama kayak taxi merah yang di Singapore. Persis kayak gitu.

Akomodasi

Konon, harga sewa properti di Hong Kong itu mahal banget. Ini menyebabkan harga tempat penginapan di sana juga jadi mahal. Kalo kamu mau nginep di hotel-hotel beneran, itu harganya udah pasti di atas sejuta semalem. Nah, kalo kamu mau nginep di tempat yang harganya masih masuk akal, kamu harus nginep di hostel/guesthouse. Ada banyak banget hostel/guesthouse di Hong Kong. Waktu MBDC ke Hong Kong, MBDC nginep di sebuah hostel yang namanya Apple Hostel. Hostel ini rupanya cukup terkenal. Tapi sebelum kita membahas tentang Apple Hostel itu sendiri, ada baiknya kita membahas dimana Apple Hostel ini berada.

Apple Hostel ini berada di sebuah tempat yang bernama Chungking Mansion. Nah, Chungking Mansion ini unik banget. Chungking Mansion ini adalah sebuah gedung 17 lantai yang terdiri dari 5 blok. Masing-masing blok punya akses elevator masing-masing. Kalo kamu suka film dan pernah denger film Chungking Express, nah itu banyak ngambil setting di sini.

Chungking Mansion

Nah, Chungking Mansion ini isinya tuh super random, mulai dari restoran, toko elektronik, toko kain, sampe hostel. Yes, ada buanyaaaaaak banget hostel di gedung ini, mulai dari yang berizin sampe yang hostel-hostel gelap gitu. Kalo kamu masuk ke Chungking Mansion, bakal ada banyak banget orang yang nawarin kamu tempat nginep. Nah, kamu harus hati-hati nih kalo milih hostel di sini, karena katanya sih suka banyak yang nipu-nipu gitu. Saran MBDC sih, kamu udah booking dari jauh-jauh hari gitu via website macem hostelworld.com.

Chungking MansionLorong-lorong di Chungking Mansion. Ini masih pagi banget, belum pada buka.

Oh iya, satu lagi. Kalo kamu ke Chungking Mansion itu rasanya gak kayak di Hong Kong, karena isinya sebagian besar adalah orang-orang Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh) dan orang-orang Afrika. Pokoknya ini bagian yang unik banget dari Hong Kong deh.

Nah terus apakah Apple Hostel ini sendiri bagus? Ya nggak lah. Namanya juga hostel. Tapi paling gak si Apple Hostel ini cukup bersih dan orangnya ramah-ramah. Kamarnya sih kecilnya setengah mati. Ini kamar yang MBDC inepin:

Kamar Apple Hostel

Asli, udah segitu doang. Ini motretnya juga udah mepet banget ke tembok. Kamu gak bisa lari-larian deh pokoknya di kamar ini. Masuk kamar, jalan satu setengah langkah udah ketemu ranjang. Kalo kamu berdua, satu orang harus naik ke ranjang dulu sebelum yang lain bisa lewat. Pokoknya kecil banget. Ranjangnya dari besi gitu, kayak di penjara. Tapi ya kalo cuma buat tidur doang sih OK lah.

Plangnya Apple HostelPlangnya Apple Hostel
Buat ke resepsionisnyaBuat ke resepsionisnya

Oh, satu lagi yang menurut MBDC bisa jadi keunggulan Apple Hostel: Internetnya kenceng banget. Bisa kamu pake gratis lagi.

Apple Hostel DL Speed

MBDC kebetulan bawa laptop waktu pergi ke sana (karena harus tetep sambil kerja) dan tergoda untuk mencoba download. Hasilnya bisa kamu liat di situ. Untuk download speednya bisa sampe 2.31 MB/s. Sekali lagi, ini bebas dipake lho. Lumayan bikin seneng sih.

Ya udah deh segitu dulu. Minggu depan kita bakal bahas tentang makanan-makanan yang enak di Hong Kong. Oh iya, kalo ada yang mau ditanyain atau mau ngelengkapin boleh langsung tulis di comments aja. Atau mau mention @JHadiprojo di Twitter juga boleh. Bebas ajalah. Sampai jumpa minggu depan.