MBDC Travel: Hong Kong - Persiapan

Beberapa waktu yang lalu, editor MBDC, @JHadiprojo, kembali berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri. Kali ini ke Hong Kong. Tentunya gak dibayarin kantor dong. Kok bisa? Emang mampu? Ya mampulah. Kan MBDC udah bilang kalo kerja di MBDC itu akan membuat kaya raya. Salah satu kontributor kita aja udah bisa menikmati masa muda di Leeds, padahal dia cuma kontributor. Apalagi pegawai tetapnya. Makanya ngelamar di MBDC dong.

Anyway, seperti waktu dia ke Tokyo, @JHadiprojo menjanjikan bahwa perjalanannya ini bisa dijadikan artikel. Maksudnya supaya dia dikasih ijin cuti gitu. Nah, jadi selama beberapa minggu ke depan ini MBDC bakal ngasih info buat kamu yang mau liburan ke Hong Kong. Di edisi pertama ini, seperti biasa MBDC akan membahas tentang persiapan untuk pergi ke Hong Kong. Ayo kita mulai!

Visa

Sebagai orang Indonesia, kamu gak perlu apply visa dulu untuk ke Hong Kong. Visa kamu akan langsung diberikan saat kamu tiba di Hong Kong nanti. Gratis juga. Pada dasarnya ini kayak pergi ke negara-negara Asia Tenggara aja lah. Kamu tinggal berangkat, trus sampe sana kasih paspor ke imigrasi, dicap, selesai deh. Jadi kamu gak perlu panik-panik pinjem uang buat sok-sok menuhin tabungan kamu dulu. Oh iya, visa Hong Kong kamu itu berlaku untuk 30 hari. Lumayan lah ya.

Uang

Mata uang Hong Kong adalah Hong Kong Dollar (HKD). Nilai 1 HKD saat ini (13 Maret 2013) kurang lebih Rp. 1250. Nah, yang unik dari mata uang Hong Kong ini adalah karena di sana itu ada 3 bank komersial yang ngeluarin uang. Beda sama di sebagian besar negara lain, dimana uang itu biasanya cuma dikeluarin sama 1 bank sentral kan. Jadi di Hong Kong itu selain pemerintah, yang juga nyetak uang adalah HSBC, Standart Chartered, dan Bank of China. Nilai uangnya juga sama aja. Jadi jangan panik dulu kalo kamu nerima uang yang beda-beda. Emang gitu soalnya.

Oh iya, biarpun kamu gak disuruh untuk nunjukin tabungan, tapi ada baiknya kamu nyiapin duit banyak sih kalo ke Hong Kong. Buat belanja.

Cuaca

Iklim di Hong Kong itu adalah Humid Subtropical. Kalo musim panas, rasanya sama kayak Jakarta gitu deh. Panas-panas lembab. Tapi kalo lagi musim dingin ya bisa dingin banget juga. Kalo waktu MBDC pergi kemaren sih cuacanya lagi panas. Tapi ada baiknya sebelum kamu pergi, kamu research dulu sih. Jangan sampe kamu ke sana cuma pake kutang sama celana pendek, eh ternyata di sana lagi musim dingin. Bisa gawat itu. Ntar kamu meriang lagi. Intinya baju yang kamu bawa harus disesuaikan sama musim deh. Jangan ngeremehin cuaca di sana.

Beli Tiket Pesawat

Ya iyalah, emang mau naik apa lagi ke Hong Kong. Ada banyak banget penerbangan yang menawarkan rute ke Hong Kong. Harganya juga variatif. Pada umumnya sih penerbangan ke Hong Kong itu lumayan mahal ya. Tapi kebetulan kemarennya itu MBDC dapet tiket lumayan murah. Naik Garuda, harga tiket PP-nya cuma sekitar 2,7 jutaan. Nah, makanya rajin-rajin aja sih ngecekin website-website maskapai penerbangan. Kali-kali pas ada tiket murah.

Kalo semuanya sudah kamu pahami, berarti kamu udah siap pergi ke Hong Kong! Di edisi minggu depan, MBDC bakal cerita tentang transportasi menuju Hong Kong, transportasi di Hong Kong, dan pastinya akomodasi di sana. Sampai ketemu minggu depan!