MBDC Travel: Hong Kong - Makanan

Jadi beberapa waktu yang lalu, editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan untuk jalan-jalan ke Hong Kong. Seperti biasa, demi mendapatkan ijin liburan, dia harus nulis artikel tentang perjalanannya gitu deh. Nah, minggu lalu kan udah dibahas tentang persiapan ke Hong Kong sama Transportasi dan Akomodasi di sana. Kali ini kita akan membahas tentang makanan! Yeay!

Buat kamu yang belum pernah ke Hong Kong, mungkin kamu akan berpikir kalo makanan di Hong Kong itu enak-enak semua. MBDC pun berpikir demikian. Sebelum sampai di Hong Kong, MBDC ngebayangin kalo Hong Kong itu bakal jadi kayak surga makanan gitu. Masuk sembarangan restoran juga pasti makanannya enak. Tapi ternyata MBDC kecewa. Makanan di Hong Kong itu gak seenak itu. Mungkin lebih tepatnya, cita rasanya agak beda sama lidah Indonesia. Makanan di Hong Kong itu rasanya agak plain gitu. Bumbunya gak sekuat makanan-makanan Indonesia. Mungkin kita kebanyakan makan micin kali ya?

Nah, tapi biar begitu, MBDC berhasil menemukan beberapa restoran yang makanannya enak banget. Tapi...ya gitu deh. Yang bakal MBDC bahas di sini sih kebetulan mengandung babi semua. Abis gimana dong. Susah bener nyari makanan tanpa babi di sini. Bahkan restoran Padang di Hong Kong aja ada babinya.

IMG_3323

IMG_3322

Yah. Gitu deh. Kayaknya sih emang namanya aja 'Padang'. Jadi sebelumnya, MBDC minta maaf ya buat yang gak makan babi, karena semua makanan yang akan MBDC bahas di sini pasti ada babinya. Yak, mari kita mulai.

Lan Fong Yuen

Lan Fong Yuen

Lokasi: Dimana-mana. Banyak cabangnya. MBDC makan yang di sebelah Chungking Mansion.

Harga: Mulai dari HKD 20 gitu deh.

Jadi Lan Fong Yuen ini kalo di Hong Kong istilahnya adalah Cha Chaan Teng, yang kurang lebih artinya adalah tea meal shop. Jadi mereka jualan makanan sepanjang hari gitu, mulai dari sarapan sampe makan malam. Menu andalannya juga banyak, mulai dari pork chop buns sampe Chicken Chop Noodles. Nah, waktu pertama kali MBDC 'nyasar' ke sini, itu udah malem dan MBDC laper banget, jadi kayaknya kurang kenyang gitu kalo makan pork chop doang. Jadinya MBDC pesen ini:

Lan fong yen roast pork 01

Lan fong yen roast pork 02

Ya ya ya. MBDC tau, kamu pasti mikir, "Itu kan roast pork biasa?! Di sini juga ada!" Ya emang bener sih. Tapi beneran, yang di sini lebih enak. Kamu liat ada bumbu-bumbu tambahan itu kan? Nah, itu bikin sensasi makan roast porknya jadi lebih asoy. Nah, MBDC sempet balik lagi ke sini buat sarapan dan kali ini yang MBDC cobain adalah menu ini:

Lan fong yen roast Bfast 02

Lan fong yen roast Bfast 01

Yang kayak Indomie itu...ya emang kayak Indomie aja sih. Pake telor goreng sama ham. Trus yang gambar di atasnya itu ada semacem toast gitu. Enak juga rasanya. Lumayan lah buat sarapan. Lumayan murah juga buat ukuran Hong Kong.

Guangdong BBQ

Guangdong 1

Lokasi: Menurut Google Maps sih ada dua ya, satu di Hennessy Road, Wan Chai dan satu lagi di Argyle St, Mongkok. MBDC makan yang di Mongkok.

Harga: Mulai dari HKD 30-an.

Guangdong ini adalah salah satu dari banyak restoran BBQ di Hong Kong. Yang namanya Barbeque di Hong Kong itu beda sama Barbecue amrik ya. Yang di-barbecue-in di Hong Kong itu ya antara bebek sama babi aja. Oh, terkadang ada ayam juga sih. Nah, waktu ke sini, MBDC makan:

Guangdong 3

Ya, kalo ini sih roast pork biasa lah ya. Tapi roast pork ini termasuk dalam jajaran yang enak banget: kulitnya garing, tapi dagingnya juicy banget. Pokoknya enak banget lah. Namun sesungguhnya menurut MBDC, menu yang paling spesial di sini adalah yang satu ini:

Guangdong 2

Beeeuh. Ini adalah BBQ pork mereka. Asli. Ini. Enak. Banget. Dari gambar ini aja udah keliatan kalo ini juicy banget. Duh. Enak banget lah pokoknya. Slurp.

Hakata Ippudo

Hakata Ippudo 1

Lokasi: Causeway Bay

Harga: Lupa, kalo gak salah sekitar HKD 40an.

Ya, jadi ini adalah restoran ramen Jepang gitu. LHO KOK DI HONG KONG MAKAN RAMEN JEPANG SICH?! Ya gak papa dong. Lagian ini enak kok. Kalo kamu sudah familiar dengan ramen-ramen seperti Ramen 38 atau Ikkousha, ya ini ramen-ramennya model begitu lah. Tonkotsu ramen gitu deh. Kayak gini nih model ramennya:

Hakata Ippudo 2

Ini belum seenak ramen yang di Tokyo itu sih, tapi ini enak juga kok. Kalo lagi di Causeway Bay trus gak tau mau makan apa, boleh lah makan ini.

Joy Hing BBQ

Joy Hing 3

Lokasi: Hennessy Rd, Wan Chai

Harga: Sekitar HKD 40an.

Satu lagi restoran BBQ nih. Yang satu ini sebenernya agak sulit dicari, karena papan namanya bahkan gak ada huruf latinnya sama sekali. MBDC pun sempet nyasar-nyasar pas mau ke sini. Sebenernya nyasar gara-gara salah dikasih tau arah sama temennya MBDC sih. Jadi kalo mau ke sini, kamu turun di MTR Wan Chai, keluar di exit A2, trus jalan ke arah kiri sampe ketemu Stewart Rd. Nah di Stewart Rd. ini belok kiri dikit, trus ketemu deh. Perjalanan mencari Joy Hing ini emang susah banget, tapi sungguh worth it. Kenapa? Karena BBQ pork di sini ENAK BANGET.

Joy Hing 1

Buat gambaran betapa enaknya BBQ pork di sini, MBDC makan BBQ pork ini dalam keadaan kenyang, baru aja makan. Harusnya kalo kamu udah kenyang, makan sesuatu jadi biasa aja dong ya? Tapi gak dengan yang satu ini. BBQ Pork-nya Joy Hing tetap bisa membuat MBDC merem melek keenakan, walaupun sebenernya udah kenyang. Manteb lah.

Joy Hing 2Ini semua daging BBQ

Nah begitulah kurang lebih. Minggu depan kita akan membahas tempat-tempat seru di Hong Kong! Oh iya, ada yang mau  nambahin? Atau mau nanya-nanya? Silakan langsung aja di kolom comments di bawah.

Other Post