Bioskop Keliling Vol. 2

Kamu anaknya anti mainstream? Bosen dengan tontonan yang gitu-gitu aja? Pengen nonton film dari sutradara-sutradara muda potensial? Berarti kamu harus banget nih dateng ke Bioskop Keliling vol. 2! Buat kamu yang belum tau, Bioskop Keliling itu adalah sebuah layar alternatif buat para pencinta film di Indonesia. Kemarennya baru MBDC FF-in nih. Nah, di acaranya yang kedua ini, Bioskop Keliling kembali menampilkan film-film pendek yang menarik. Nih list film beserta sinopsisnya:

“Altitude Alto” (2011) – Aditya Prasbaswara

Altitude Alto

Sinopsis: Alto (6 tahun) bercita-cita menjadi pilot pesawat tempur seperti ayahnya. Suatu pagi, Ibunya menghidangkan sayuran untuk sarapan. Alto yang tidak suka memakan sayur-sayuran awalnya menolak. Ibunya yang tidak kehabisan akal, mengajaknya bermain dengan menyuapinya seakan2 sayuran itu adalah pesawat. Alto pun masuk kedalam alam imajinasinya.

“Timun Emas” (2009) – Gatya Pratiniyata

Timun Emas

Sinopsis: Diadaptasi dari cerita rakyat Jawa, Timun Emas merupakan kisah seorang gadis kecil yang lahir dari sebuah timun besar berwarna emas. Dikisahkan seorang wanita tua bernama Mbok Sirni yang hidup sendirian secara tiba-tiba didatangi oleh Raksasa bernama Buto Ijo. Buto Ijo menawarkan seorang anak kepada Mbok Sirni dengan syarat anak tersebut akan diberikan kembali kepada Buto Ijo setelah dewasa sebagai makanannya. Mbok Sirni setuju. Raksasa itupun memberikan biji mentimun kepada Mbok Sirni untuknya kemudian menanam biji tersebut, dimana dari biji ajaib itu akan tumbuh timun besar yang berwarna emas. Dari dalam timun tersebutlah lahir seorang bayi perempuan yang kemudian dinamakan Timun Emas. Petualangan Timun Emas dimulai ketika Buto Ijo mendatangi rumah Mbok Sirni dan menagih Timun Emas yang sudah beranjak besar untuk dijadikan makanannya.

“Dalang Kecil” – Christopher Hanno

Dalang Kecil

Sinopsis: Suatu hari, Ardi ingin bermain di luar rumah, Namun karena hujan deras, ia mengeluarkan wayang dari kotak mainannya dan memutuskan untuk bermain dengan wayangnya di dalam rumah. Di sinilah terjadi petulangan epik Ramayana di rumah Ardi.

“Flip” – Jerry Hadiprojo 

FLIP

Sinopsis: Seorang pemuda yang sedang belajar main skateboard diganggu oleh seorang om-om yang menyebalkan.

“Pohon Penghujan” – Andra Fembriarto

Pohon Penghujan

Sinopsis: Film ini bercerita tentang seorang anak perempuan berkarakter (terlampau) gembira, yang berusaha sangat keras mengambil perhatian seorang pemuda yang sedang duduk di Pohon Penghujan. Kesabaran pemuda ini sangat diuji oleh ulah anak kecil misterius ini.

Wih, kayaknya menarik-menarik semua kan? Makanya langsung aja dateng ke Bioskop Keliling vol. 2 yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 30 Maret 2013

Tempat: SAE Institute, fX Sudirman lt. 6

Nah, berikut ini adalah rundown dari acaranya:

14:30 – 15:30 : Open Session (Opening short movie screening)

15:30 – 16:15  : Animation Short Film: “Altitude Alto” and “Timun Emas”. Sharing Session with the makers: Aditya Prasbaswara and Gatya Pratiniyata

16:15 – 16:45   : Live Action Short Film: “Dalang Kecil”. Sharing Session with the maker: Christopher Hanno

16:45 – 17:15   : Malesbanget.com Shortlist: A film by Jerry Hadiprojo

17:15 – 17:45   : Exclusive “Jalan-Jalan Men” Indonesian Travel Series Sharing Session

17:30 – 17:45     : Exclusive Preview: “Anna Ballerina” by Naya Anindita

17:45 – 18:30  : Premiere: “Pohon Penghujan” by Andra Fembriarto

Eh eh eh sebentar. Kok di situ ada ngomong Jalan-Jalan Men dan Naya Anindita segala?? Yes, karena di Bioskop Keliling vol. 2 ini kamu juga bisa sekalian mini gathering sama crew MBDC! Whoa! Gak ada alesan buat gak dateng banget nih. Oh iya, jadwal dapat berubah menyesuaikan kondisi tanpa pemberitahuan sebelumnya lho. Supaya kamu bisa dapet info yang paling mutakhir, mendingan sih kamu follow twitter @BIOSKOPling ajah. Sama satu lagi, tempatnya terbatas banget lho. Jadi kalo kamu mau pasti dapet tempat, mending dateng dari awal banget. Males kan udah dateng tapi gak dapet tempat. Makanya jangan males. Oh satu lagi: Acara ini GRATIS. Gak bayar. Gila, makin gak ada alesan buat gak dateng.

Oh iya, karena Bioskop Keliling vol. 2 ini diadain di dalam acara Pesta Film Indonesia, jadi kamu juga bisa menikmati beragam kegiatan lain selain pemutaran BIOSKOP KELILING, antara lain:

  1. Pemutaran film-film program #SineasMuda
  2. Workshop “Musik Dalam Film Indonesia” - Ricky Leonardy
  3. Pemutaran film-film program #SuaraDariTimur
  4. Screening film “Di Balik Frekuensi” (dan diskusi)
  5. Screening film “Persona”
  6. Diskusi Film “Nonton Film Nonton Budaya” – Ichwan Persada
  7. Diskusi dan screening film pendek – Angga Sasongko
  8. Screening film “Eliana, Eliana” (dan diskusi)

Seru banget kan? Gak ada alesan buat gak dateng lah. Sampe ketemu tanggal 30 Maret nanti ya.