5 Kegunaan Miras yang Tidak Mainstream

Kita tentunya sudah cukup akrab dengan istilah Miras yang dipopulerkan oleh BH Oma. Kita mungkin juga sangat paham bahwa Miras alias Minuman Keras seringkali digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan permabukan.

Akan tetapi, ternyata Miras memiliki fungsi-fungsi lain selain untuk kegiatan bermabuk-mabukan. Ada baiknya fungsi ini kita ketahui agar kita bisa mengenal sisi lain dari Miras yang kurang mainstream, juga sukur-sukur bisa mengoptimalkan kegunaan-kegunaan tersebut sebaik mungkin. Inilah dia!

Amer

Amer Cap Orang Tua

Anggur merah (Amer) cap Orang tua adalah salah satu jenis Miras yang cukup populer digunakan untuk kegiatan mabora murah meriah. Ini karena harga Amer yang terbilang cukup murah, serta efeknya yang cukup instant. Biasanya sih gak nyampe setengah botol juga udah bikin keliyengan, bahkan cenderung buas.

Kegunaan lain:

Sebenarnya ini agak ironis, karena kegunaan yang tidak mainstream dari Amer justru adalah kegunaan utamanya. Amer ini sebenarnya jamu, bro, sis. Sejak diciptakan pertama kali di tahun 1948  dengan logo orang tua berjenggot, minuman ini diperuntukkan sebagai suplemen kesehatan. Katanya sih mengandung Kalsium yang berkhasiat membantu perkembangan tulang dan gigi, serta Ferrum yang  baik untuk peredaran sel darah merah. Tapi ya gitu deh, namanya juga obat, minumnya harus sesuai dosis yang dianjurkan, yakni: 3 kali sehari sesudah makan, satu sendok makan aja. Bukan sebotol. Tujuannya sehat nih bro, bukannya teler.

Cap Tikus

Cap Tikus

Cap Tikus ini adalah sejenis alkohol asal Sulawesi Utara yang terbuat dari nira. Kadar alkoholnya tergantung proses fermentasi dan kualitas bahan-bahannya. Ya kira-kira antara 45-70% lah. Cap Tikus lumayan terkenal  karena kegaharannya. Pernah ada kasus-kasus kematian dan kebutaan yang konon terjadi karena minum Cap Tikus. Ck ck ck.

Kegunaan lain:

Minum Cap Tikus buat mabu’-mabu’an? Kurang hipster, bro. Cap Tikus itu justru punya kegunaan lain yang cukup handal, yaitu sebagai BBM! Ethanol nira yang ada pada Cap Tikus dapat difungsikan sebagai substitusi bensin yang setara dengan Pertamax. Malahan katanya bikin suara mesin kendaraan roda empat lebih halus dan lebih kencang tarikannya. Jadi next time coba ngana pikir, lebe bae itu cap tikus for ngana pe oto, bukan for ngana minum.

Vodka

Mansion House

Vodka ada banyak jenisnya. Mulai dari Vodka impor yang tentunya mahalan, sampai kelas Vodka Mansion House yang murah meriah namun kacau rasanya. Vodka biasanya diminum dengan menggunakan shot glass, dan sampai saat ini record minum vodka shots terbanyak dipegang oleh Sven Tyor yang berasal dari Jerman. Dia minum 48 shots  vodka, straight up! Sudah bisa dipastikan Bro Sven sangatlah mabuk setelah minum vodka sebanyak itu.

Kegunaan lain:

Mungkin Bro Sven kurang tahu kalau vodka itu sebenarnya punya kegunaan lain yaitu untuk… bebersih rumah! Yak, mulai dari menghilangkan noda pada pakaian, ngebersihin lantai kamar mandi, sampai buat ngelap kacamata. Vodka, tiada duanya! Gih, beres-beres rumah, gih! Jangan mabu’mabu’an terus ah! 

Whisky

Topi Miring

Tomi alias Topi Miring adalah salah satu specimen Whisky yang lumayan sering terlihat beredar di Indonesia. Konon sih rasanya pahit-pahit bikin miring gitu, apalagi kalau diminum dengan kuantitas yang berlebihan.

Kegunaan lain:

Selain digunakan untuk bermiring-miring, whiskey ternyata juga cukup ampuh digunakan sebagai obat pilek.  Jadi cara bikinnya itu adalah, whiskey direbus, berikut campuran madu dan lemon. Pilek hilang, hati ikut senang kayaknya. 

Bir

Bintang

Tergolong miras yang cukup merakyat karena bisa ditemukan di mana-mana. Sering juga dipadukan dengan Amer untuk meraih efek mabu’ Abidin (anggur dan bir dingin) yang maksimal.

Kegunaan lain:

Terlalu mainstream kalau bir cuma dipake buat minum-minum dan mabuk-mabukan doang, bro. Bir konon berkhasiat melembutkan rambut dan menghaluskan kulit. Jadi, mulai sekarang, birnya kamu pake mandi aja. Eh serius loh ini. Bir emang BISA dipake buat mandi-mandi berendam gitu. Seru kali ya, sambil menyelam minum air. Atau lebih tepatnya, sambil menyelam minum bir.

Ada yang mau mandi-mandi bir? Atau ada yang tau kegunaan-kegunaan lain dari Miras selain buat mabora? Langsung aja ditambahin di comment yak!