#TanyaJawabMBDC: Sebut dan Jelaskan 12 Saraf Kranial!

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya MBDC menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin gak bisa dijawab oleh adik kamu yang masih SD. Nah, pertanyaan hari ini datang dari @kakkoi_boy dan sangat menantang MBDC:

Gitu doang pertanyaannya? OK langsung aja deh.

Saraf Kranial

Jadi Saraf Kranial, nama latinnya nervii craniales, itu adalah 12 pasang saraf manusia yang mencuat gitu dari otak. Lho emang saraf biasanya mencuat darimana? Ada yang mencuat dari sumsum tulang belakang. Namanya saraf spinal. Nah ini beda sama saraf spinal. Saraf kranial ini merupakan bagian dari sistem saraf sadar.

Seperti yang udah MBDC sebut tadi, saraf kranial ini ada 12 pasang. Nah, saraf-saraf ini dikasih nomer gitu deh, sesuai dengan urutan dari depan sampe belakang. Nah, apa aja 12 saraf-saraf ini?

I. Olfaktorius

Olfaktorius ini adalah saraf sensori. Fungsinya adalah untuk menerima rangsangan dari hidung trus dianterin ke otak untuk diproses jadi bau. Jadi kalo kamu bisa mengenali bau-bauan, itu karena saraf yang satu ini.

II. Optikus

Gampang lah ya. Dari namanya aja udah tau. Saraf optikus ini sama kayak Olfaktorius, dia sensori juga. Fungsinya menerima rangsang dari mata trus dikasih ke otak untuk diproses jadi persepsi visual. Ini yang berjasa bikin kamu bisa liat.

III. Okulomotor

Nah yang ini motorik nih jenisnya. Saraf yang ini fungsinya untuk gerakin sebagian besar otot mata.

IV. Troklearis

Ini juga saraf motorik. Sama kayak okulomotor, saraf ini fungsinya juga untuk gerakin beberapa otot mata. Tapi beda gitu yang digerakin sama okulomotor.

V. Trigeminus

Si Trigeminus ini adalah saraf gabungan. Dia sensori sekaligus motorik. Canggih ye. Sebagai sensori, fungsinya adalah untuk menerima rangsang dari wajah dan dianter ke otak untuk diproses sebagai sentuhan. Sementara sebagai motorik, fungsinya adalah untuk gerakin rahang.

VI. Abdusen

Si abdusen ini adalah saraf motorik. Tugasnya dia adalah abduksi mata. Kamu gak tau Abduksi? Belajar apa sih kamu di TK? Abduksi itu adalah gerakan menjauhi tubuh. Dalam kasus mata, abduksi itu berarti gerakan menggulirnya bola mata ke arah temporal.

VII. Fasialis

Kayak Trigeminus, Fasialis ini juga saraf gabungan. Sebagai sensori, fungsinya adalah menerima rangsang dari bagian anterior lidah untuk diproses di otak sebagai sensasi rasa. Nah, sebagai motorik, fungsinya adalah untuk mengendalikan otot wajah, jadi kamu bisa bikin ekspresi-ekspresi wajah gitu deh.

VIII. Vestibulokoklear

Saraf Vestibulokoklear ini adalah saraf yang berperan dalam proses mendengar dan menjaga keseimbangan tubuh. Jadi istilah Vestibulokoklear ini sebenernya berasal dari 2 kata, yaitu vestibular (keseimbangan) dan koklear (pendengaran). Gampang kan. Kalo tau dua istilah ini pasti langsung tau lah fungsinya.

IX. Glosofaringeal 

Ini juga saraf gabungan nih. Sebagai sensori, fungsinya adalah menerima rangsang dari posterior lidah untuk diproses di otak sebagai sensasi rasa. Lho bukannya fasialis juga gini tadi? Beda. Kalo fasialis kan rangsangnya dari anterior lidah. Kalo ini dari posterior. Diperhatikan ya. Nah, sementara sebagai motorik, fungsinya adalah untuk mengendalikan organ-organ dalam.

X. Vagus

Vagus ini adalah saraf gabungan yang terakhir. Fungsi utamanya adalah untuk bicara dan menelan. Selain itu, dia juga berfungsi untuk menerima rangsang dan mengendalikan organ dalam gitu.

XI. Aksesorius

Yang ini adalah saraf motorik. Fungsinya bukan buat jualan aksesoris lho. Saraf aksesorius ini fungsinya adalah untuk mengendalikan pergerakan kepala gitu deh.

XII. Hipoglosus

Nah, ini adalah saraf kranial yang terakhir. Dia juga motorik. Yang satu ini fungsinya adalah mengendalikan pergerakan lidah. Jadi ini yang bisa bikin kamu melet-melet gitu.

Nah, itu dia 12 saraf kranial. MBDC tau pertanyaan kamu: "Trus yang buat main burung yang mana MBDC?" Hah! Ketebak banget. Saraf kranial ini sih pada umumnya mengatur organ-organ yang terhubung dengan struktur kepala dan leher aja. Tapi kalo mau dikait-kaitin sih, berarti yang ada hubungannya dengan main burung itu adalah Optikus (II). Kenapa? Karena berkat saraf itu kamu bisa liat gambar, horny, trus main burung deh.

Gitu deh. Gampang kan? Emang kamu gak tau ginian doang?