Mirip Tapi Beda - Seri 1

Hallo semuanya, di artikel ini MBDC akan membantu kamu dalam membedakan hal-hal yang memang sangat amat mirip, tapi bisa jadi kacau kalau kamu nggak tau bedanya! Semoga artikel ini dapat membuat kamu sedikit lebih pintar. Hyuk kita mulai!

Popok dan Pembalut

Ini krusial banget nih. Bentuknya emang rada mirip sih, biasanya warnanya juga sama-sama putih. Dipake di tempat yang sama pula. Kalo keduanya ‘penuh’ juga yang make biasanya nangis. Joke yang ini musti dijelasin nggak ya? Enggak kan?

Perbedaannya adalah:

Popok:

Popok ini dipakai oleh bayi atau balita yang belum bisa mengontrol proses eksreksi mereka sendiri. Jadi mereka ini belum tau kapan mereka kebelet pipis dan/atau boker gitu. Untuk mengantisipasi pipis dan boker tumpah dan belecetan dimana-mana, popok ini sangat dibutuhkan. Popok fungsinya adalah menampung boker dan pipis si bayi atau balita. Kalau popoknya udah penuh (bayinya nangis nangis dan baunya super sekali), barulah orang tua dari bayi tersebut turun tangan untuk membuka popok, membersihkan daerah selangkangan dan pantat bayi dan memakaikan popok yang baru.

Pembalut:

Pembalut ini dipakai oleh perempuan yang sudah siap dibuahi. Setiap bulan, sel telur wanita yang tidak dibuahi itu rontok dan musti dikeluarin dari badan si wanita. Keluarnya nggak bulet gitu kayak telor ayam, melainkan dalam bentuk darah. Nah pembalut ini fungsinya untuk menampung darah yang ngocor dari alat kelamin wanita. Iye, ngocor! Kamu nggak tau? Ck, pasti suka bolos pas pelajaran biologi.

Salju dan Ketombe

Masih berwarna putih, sama-sama kecil dan sama-sama berjatuhan. MBDC juga sempat kesulitan untuk membedakan yang mana salju – yang mana ketombe. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, MBDC simpulkan perbedaannya adalah:

Salju:

Dengan ukuran yang sama kecil seperti ketombe dan warna yang sama putih, lagi-lagi seperti ketombe, salju memang sering dikira ketombe. Cara membedakannya gampang-gampang-susah. Kalau kamu sedang berada ditempat yang sangat dingin dan tiba-tiba ada butiran putih kecil berjatuhan, coba kamu amati lingkungan sekitar kamu. Apakah ada orang yang sedang menyibak-nyibakkan rambutnya dan dari rambutnya itulah asal usul benda putih ini? Jika Ya: itu ketombe. Jika tidak: itu salju.

Ketombe:

Ketombe adalah kulit kepala yang kering dan mati. Karena kering, kulit kepala ini lepas dari kawan-kawannya dan rontok. Penyebabnya sih karena orang ini jarang keramas. Ukuran dari ketombe ini juga bervariasi, ada yang kecil kecil banget, cuma seukuran dosa gitu, musti pake kaca pembesar liatnya. Ada juga yang segede gede biji cabe. Rada malesin sih yang segede biji cabe ini.

Oiya, ngomongin ketombe, MBDC punya tips untuk mengetahui apakah cewek yang pake rok itu di dalemnya pake celana dalem atau enggak. Caranya adalah dengan melihat sepatunya. Kalau di sepatunya ada ketombe, berarti tuh cewek nggak pake celana dalem. (Aduh maaf ya, agak basi becandaannya - red)

Nah segitu dulu deh untuk seri satunya. Ngomong-ngomong, ada yang bisa menemukan perbedaan di gambar di atas gak? Kalo bisa boleh sih ditulis jawabannya di comments.