MBDC Travel: London - Transportasi

Halo, kembali lagi MBDC berjalan-jalan menyusuri kota-kota di dunia. Kali ini, salah satu kontributor kita si @gsidharta, setelah beberapa bulan tinggal di negara Britania Raya, akhirnya menginjakkan kaki di ibukotanya, yaitu London. Nah karena si London itu kotanya gede banget, kota paling gede satu negara, artikel ini juga bakal dipecah jadi beberapa bagian, karena selain kalo dibahas dalam 1 artikel doang, kaga muat dan pasti jadinya TL;DR. MBDC gak mau lah udah capek-capek nulis malah gak dibaca. Alesan satunya lagi, ya tentu saja biar menuh-menuhin kuota artikel. Hehe..

Yak jadi, di bagian pertama ini kita bakal ngebahas transportasi di kota London. Yuklah, daripada basa-basi mulu, kita langsung molai saja artikelnya.

King's Cross Station

Kings Cross 01

Nah jadi MBDC ke London kali ini naik kereta, dari Leeds. Kalo dari Leeds, naiknya adalah kereta dari East Coast Network. East Coast ini keretanya menurut MBDC adalah salah satu kereta dan bentuk dan servisnya paling kece di UK.

King's Cross station ini adalah salah satu stasiun kereta yang terbesar dan tersibuk di UK, karena selain kereta-kereta antar kota, King's Cross juga tetanggaan sama St Pancras Station, dimana kamu bisa naik Eurorail dari situ. Selain itu, dibawahnya, juga ada stasiun MRT-nya London yang terkenal dengan istilah Undergound atau Tube.

Ini main lobby-nya King's Cross. Bentuknya dome gitu, dan warna lampu dome dari dalemnya itu bakal berubah tergantung siang dan malam. Kalo siang, warnanya cerah gitu, tapi kalo malem, jadi agak keunguan. Nah berhubung MBDC sampe disana malem, dan fotonya malem, jadi dapetnya ngeliat pas warnanya lagi ungu.

Kings Cross 02

Selain itu, di King's Cross ada replika Platform 9 3/4 dari serial Harry Potter. Sebenernya cuma tembok biasa aja sih, cuma ditempelin tanda sama troli setengah gitu yang ceritanya nembus. Biasanya banyak orang-orang yang foto disini, belagak lagi nembus tembok.

Kings Cross 03

Underground

Underground 01

Seperti yang udah dibahas barusan, King's Cross ini adalah jantung dari transportasi massa kota London. Diatasnya ada jaringan kereta antar kota dan antar negara, dan dibawahnya ada stasiun MRT yang paling sibuk. Stasiun King's Cross Underground ini dilewatin sama 5 jalur MRT, dan ada di tengah-tengah jaringan MRT London secara keseluruhan. Petanya jaringannya kayak gini nih, lumayan ribet, tapi bisa dipelajarin dalam sehari kok.

Underground 02

Kalo si keretanya sendiri, atau Tube, bentuknya kayak dibawah ini. Exterior dan Interiornya sih gak jauh beda sama MRT negara-negara maju lainnya. Kalo pagi dan jam pulang kantor, sumpek juga. Tapi secara general, keretanya masih bersih dan nyaman dan gak perlu sampe harus dempet-dempetan pake taruhan nyawa kalo lagi rame.

Underground 03

Buat naik Tube, kamu musti bayar dong. Beli tiketnya bisa di loket, atau mesin otomatis. Dan tiketnya pun ada macem-macemnya. Kamu bisa pake Oyster Card, yaitu semacam kartu langganan gitu atau Travelcard, tiket biasa yang jenisnya ada harian, mingguan, bulanan, dan kalo gak salah ada taunan juga. MBDC kurang paham sih sebenernya lebih murah yang mana, soalnya selama MBDC disana, MBDC coba make dua-duanya, dan kurang lebih sama sih duit yang dikeluarin.

Underground 04

Underground 05

Nah terus, perbedaan antara kedua tiket ini, adalah cara kamu masuk automatic gate-nya. Kalo pake Oyster Card, kamu cukup scan aja di pad yang warnanya kuning. Sedangkan kalo kalo pake Travelcard, musti dimasukin ke dalem slot yang tersedia, dan nanti diambil lagi di slot yang berbeda.

Underground 06

Waktu mau scan Oyster Card kamu di kuning-kuning itu, nanti di layarnya kamu bisa liat saldo yang kamu punya masih ada berapa.

Bus

Bus 01

Sama seperti bus-bus pada umumnya, bus di London pake nomer dan ada trayeknya (yaiyalah ya). Kamu bisa liat informasi tentang trayek, nomer dan tempat mana aja yang di lewatin di halte-halte bus.

Untuk naik bus ini, bayarnya gak pake recehan, soalnya bus disini gak pake kenek. Di setiap halte, ada mesin seperti dibawah ini untuk beli tiket bus. Tapi, kalo kamu punya Oyster Card atau Day Travelcard, itu bisa dipake juga buat bayar naik bus. Oyster-nya cukup kamu scan ke kuning-kuning yang ada di deket pintu masuk bus, sedangkan kalo pake Travelcard, kamu cukup tunjukin aja ke supirnya. Dan kalo kamu gak yakin dengan tujuan kamu, kamu bisa tanya sama supirnya, apakah bus ini ngelewatin tempat yang kamu tuju.

Bus 02

Taxi

London Black Cab

Atau populer dengan sebutan London Black Cab. Sama sih kayak taxi-taxi lainnya. Bisa di panggil di jalan, nunggu di antrian taxi, atau di pesen. Konon katanya sih mahal banget, jadi MBDC waktu itu gak sempet naik. Lebih milih jalan dan naik transportasi massal aja. Oh iya, di UK, gak semua taxi bisa di stop di jalan. Ada beberapa jenis yang bisa kamu naikin dengan mesen terlebih dahulu, dan biasanya sih lebih murah daripada taxi yang bisa di stop atau yang ada di antrian.

Sepeda

Sepeda London 01 Sepeda London 02

Kamu pun bisa keliling kota London dengan sepeda sewaan ini. Sistemnya adalah kamu bayar di sebuah depot seperti gambar di atas, nanti kamu bisa make sepeda itu, tergantung dari berapa yang kamu bayar. Dan lama nyewanya macem-macem, dari harian sampai bulanan. Kalo kamu udah sampe tujuan kamu atau udah capek, kamu bisa balikin sepeda yang kamu pake di depot deket tujuan kamu. Gak boleh dibawa pulang ini sepedanya. Jaringan depot sepedanya juga luas kok, bisa buat ngelilingin kota London sampe puas. Tergantung kaki kamunya aja kuat apa enggak.

Nah begitulah mode-mode transport yang sempet MBDC cobain dan liat selama jalan-jalan di London. Oiya kali ini kita gak ngebahas akomodasi ya, soalnya MBDC nginep di rumah temen, jadi gak bayar. Kalo kamu mau ke London dan akomodasi murah, coba nginep di wisma-wisma KBRI aja, harganya bisa dari 10 Pound per malam. Kalo ada pertanyaan, atau mungkin disini ada yang tinggal di London dan ngerasa ada yang salah dari artikel ini, boleh lho di-comment.