MBDC Travel: London - Emirates Stadium Tour

Salah satu kebudayaan Inggris yang mendunia, semua orang pasti tau, apalagi kalo bukan sepak bola. Ampir semua orang di Inggris pasti ngerti dan suka bola. Dan kalo yang fanatik, mereka rela ngeluarin ribuan pound tiap tahunnya cuma buat nonton bola, dari langganan cable, nonton langsung di stadion kandang, sampe ngikutin tim favoritnya kemana-kemana kalo main tandang, biarpun mainnya ke luar negeri sekalipun.

Nah kalo kamu main-main ke Inggris, gak afdol lah kalo enggak main-main ke stadion bola yang ada disana, entah cuma foto-foto aja di depannya buat bikin iri temen-temen sekampung, ikut Stadium Tour, atau bahkan nonton langsung kalo hoki bisa dapet tiket.

Berhubung si @gsidharta ini adalah seorang Gooner, maka bertandang lah dia ke Emirates Stadium untuk ikut tur stadion, dan ditulis lah artikel ini untuk menuh-menuhin kuota artikel, untuk bikin iri teman-temannya setanah air, sekaligus memotivasi mereka yang sesama Gooner untuk segera menabung dan berangkat ke tanah suci ini.

Self Guided Stadium Tour

Yang unik dari Emirates Stadium Tour ini adalah turnya gak pake guide. Jadi kamu nanti bakal dikasi Pass yang nunjukin kalo kamu adalah seorang peserta tur, dan nanti udah disiapin jalur khusus yang boleh dilewatin selama tur, dan sepanjang jalan bakal ada orang-orang yang bisa kamu tanyain kalo kamu nyasar atau kebingungan.

Nah terus, apa serunya dong kalo cuma liat-liat sendiri gitu? Pas mulai tur, kamu bakal dikasih ini:

Emirates 02

Benda itu adalah audio-visual guide kamu. Nah jadi nanti disediain juga earphone-nya, dan sepanjang tur, bakal ada benda-benda yang dikasi nomer. Misalnya, nomer 1 itu adalah pintu masuk. Nah kamu pencet angka 1 di e-guide, dan bakal ada audio yang nge-welcome kamu dan ngasi brief tentang Arsenal dan Emirates Stadium itu. Lanjut lagi nanti ada patung Arsène Wenger dikasi nomer juga, dan kamu pencet nomer yang bersangkutan, lalu bakal ada penjelasan serta video-video yang berhubungan sama Wenger di alat yang kamu pegang.

Selain audio tour, sebenernya juga ada Legend Tour, dimana turnya dipandu sama pemain-pemain legendaris Arsenal yang udah pensiun dan gak ada kerjaan lain. Tapi kalo mau Legend Tour, harganya lebih mahal dan musti booking dulu sebelomnya, dan ada waktu-waktu khususnya. Audio Tour ini lebih fleksibel aja, kamu bisa masuk kapanpun selama stadionnya buka dan lagi gak ada game, dan kamu gak usah ngikutin rombongan atau guide, jadi lama turnya bisa sesuka kamu, dan kamu bisa berlama-lama di objek tur yang menurut kamu paling menarik.

Emirates 03

Terus di Stadium Tour ini, apa aja yang bisa dilihat sih? Banyak! Kamu bisa masuk dressing room pemain tim kandang dan tim tandang, conference room, ke lapangannya, tempat duduk pejabat-pejabat tinggi Arsenal FC, tempat duduk pelatih, dan lain-lain.

MBDC gak tau ya apakah semua stadion bola sama apa enggak, tapi antara pemain kandang sama tandang, beda banget ruang ganti bajunya. Nih coba tebak, foto mana yang dari ruang ganti tim kandang sama yang tandang.

Emirates 04

Emirates 05

Emirates 08

Emirates 07

Emirates 06

Terus kamu juga bisa lewat lorong sebelom para pemain bertanding. Tempat mereka biasanya gandengan sama anak kecil itu lho, dan kadang-kadang suka ada yg berantem disini sama pemain tim lawan. Dan tentu saja kamu bisa turun ke lapangannya. Yah dikit doang sih, cuma sebatas tempat pelatih aja, gak bisa lari-larian gitu di rumputnya.

Emirates 09

Emirates 10

Emirates 11

Museum

Selain jalan-jalan ke stadionnya, tur ini udah sepaket dengan tiket masuk ke museumnya. Museumnya isinya tentu saja artefak-artefak peninggalan sejarah Arsenal FC dari awal mereka berdiri, masa-masa kejayaan, masa-masa terpuruk, sampai masa sekarang. Atraksi yang cukup menarik di museumnya adalah, di satu bagian disediain kamera, dimana kamu bisa merekam pesan video selama 15 detik dan bisa dikirim ke email temen kamu. Jadi kalo kamu bikin iri temen kamu, bisa tuh dengan ngirim video itu dan bilang kalo kamu lagi ada dimana. Soalnya nanti subject dari emailnya adalah "(nama kamu) has sent a video message from the Arsenal stadium."

Nih ada beberapa foto dari museumnya.

Emirates Museum 01

Emirates Museum 02

Emirates Museum 03

Sekian dulu jalan-jalan kita di London kali ini. Semoga kapan-kapan MBDC bisa kesana lagi dan bikin artikel lanjutannya, soalnya masih banyak banget tempat yang bisa dikunjungin. Cuma masalah waktu aja sih. Sama biaya. #kode