MBDC Nostalgia: Gaya Berantem Anak SD

Waktu kecil pernah atau sering berantem gak? Gak seru banget kalo belum pernah. Karena kalo kamu udah segede sekarang dan baru mulai berantem sama orang, itu udah gak asik aja sih. Karena berantem jaman masih kecil itu lebih gimana ya, polos gitu lah, lucu-lucuan. Biasanya abis berantem, sejam kemudian udah main lagi, terus berantem lagi dan seterusnya. Ini kita bukannya mau bilang kalo kid violence itu gapapa loh ya. Ini kan cuma nostalgia ajah. Nah, jadi waktu bocah, kamu pernah berantem kayak gini gak? 

Ngatain

Ini yang paling dasar nih. Main ledek-ledekan. Biasanya kata-kata yang digunakan bukan kata-kata kasar atau jorok, dan masih di level kayak misalnya, fisik, kebiasaan dan nama orang tua. Pas udah gede gini masih misteri kenapa main ledek-ledekan nama orang tua itu waktu dulu kocak banget.

Contoh:

‘Wooo dasar lo Ahmad!’

‘Ah daripada elo Bambang!’

Ancam-ancaman

Ini juga salah satu gaya berantem anak SD yang paling cemen. Ngancem. Biasanya sih ancaman standarnya adalah bakalan ngaduin ke guru atau orang dewasa lainnya. Kegiatan ini terjadi biasanya kalau si pengancam sudah terdesak hampir kalah di level main ledek-ledekan atau permainan lainnya.

Contoh:

‘Gua bilangin bapak gua lo!’

‘Awas lo ya besok!’

‘Pulang lewat mana lo!’

Dorong-dorongan

Nah ini udah makin meningkat nih levelnya. Udah mulai berani ada kontak fisik. Biasanya sih gak langsung nonjok tapi dorong-dorongan dulu sambil apa lo-apa-lo gitu. Kalo udah begini, anak-anak lain udah mulai rame ngerubungin. Seringkali gak ada yang berani nonjok duluan, karena kalau begitu ntar dia yang salah. Jadi adegan dorong-dorongan ini bakalan terjadi cukup lama, sampe kemudian ada yang memisahkan hahaha.

Contoh:

‘Maju lo kalo berani!’

‘Elo sini!’

Jambak-jambakan

Yah atau tonjok-tonjokan lah. Kalo anak cowok mungkin lebih susah untuk menjambak karena rambutnya pendek. Biasanya sih nonjok perut dulu, terus baru abis itu ditabrak anaknya, terus guling-gulingan deh. Itu juga kalau dibales. Seringan sih, ditonjok sekali terus anaknya langsung nangis terus langsung di nah-lo-nah-lo in sama anak-anak yang lain yang gak ikut berantem, abis itu ada guru dateng terus digiring ke ruangan kepsek. Haha.

Contoh:

Gak usah pake contohlah yang ini. Inget-inget aja sendiri.

Nah, kalo kamu berantemnya kayak gimana dulu waktu SD? Boleh lho dishare di comments.