Kenapa Naik Kereta Itu Asik

Travelling naik kereta tuh asik banget lho! Meskipun yang kelas ekonomi notabene banyak premannya dan yang kelas eksekutif sekarang harganya udah saingan sama tiket pesawat, travelling naik kereta itu memiliki sensasi tersendiri yang tak ternilai harganya. Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa naik kereta itu asyik versi MBDC:

1. Pemandangan Alternatif

Bosen mantengin jalan aspal di depan muka yang panjang dan seolah tak berujung? Kalau kamu naik kereta, kamu akan mendapatkan pemandangan-pemandangan alternatif. Jalur kereta kadang memang melintasi pemukiman, perkotaan dan jalan raya, namun tidak jarang juga jalur kereta dibuat melintasi daerah yang tidak banyak diintervensi oleh manusia. Masih asri gitu.

Saking alternatifnya, kadang ada rel kereta yang dibuat diantara dua gunung. Jadi relnya disangga tiang tiang gitu. Kalau kamu liat kebawah ya hutan gitu deh. Lumayan memancing adrenalin, saingan lah sama naik halilintar di Dufan.

2. Nggak Perlu Nyetir Sendiri

Kecuali kamu adalah seorang masinis, kamu nggak perlu nyetir sendiri ketika travelling naik kereta. Mungkin kamu berfikir: “Ya iyalah nggak nyetir sendiri, kan udah bayar!?”, namun sesungguhnya ketika kamu memutuskan untuk travelling dengan (menyewa) mobil, kamu udah bayar buat mobilnya, musti isiin bensinnya, nyetir sendiri dan tak jarang kamu harus bersilat lidah dengan abang-abang rental mobilnya kalau mobil tersebut mengalami cacat selama kamu pinjam.

Berbeda dengan nyewa mobil, kalau naik kereta kamu nggak perlu nyetir sendiri, kamu nggak perlu isi bensin sendiri (karena emang gak pake bensin) dan kalau kereta kamu mengalami kecelakaan, kamu yang harus marah-marah! Bukan kamu yang dimarah-marahin.

3. Meningkatkan Kemampuan Bengong 

Sesaat setelah kereta kamu melaju, biasanya pikiran pun mulai terbang. Bisa jadi kamu membayangkan kejadian-kejadian yang kamu lakukan di tempat yang kamu tinggalkan, bisa juga kamu membayangkan kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan di tempat tujuan. Kalo MBDC sih seringnya membayangkan keheningan alias bengong.

Bengong itu enak banget lho, duduk dikereta, ngeliatin apa aja yang dilalui dengan tatapan kosong. Kadang kadang dapet bisa dapet inspirasi dan pemikiran pemikiran baru, seringnya sih gak dapet apa apa. Ngomong-ngomong, bengong itu sehat gak sih?

4. Nyicipin Jajan Lokal

Kalo kamu menempuh perjalanan yang jauh, misalnya dari Jakarta ke Jogja gitu, kamu akan berhenti di banyak stasiun kereta di berbagai tempat. Nah setiap kamu berhenti itu biasanya ada pedagang jajanan yang masuk kereta dan menawarkan dagangan mereka.

Logikanya sih setiap daerah menawarkan jajanan khas daerah mereka masing-masing ya, tapi berhubung Indonesia itu ‘bhineka tunggal ika’, nggak tau kenapa yang dijual ya biasanya tahu dan kacang. Yaudah lah terima aja, kamu bisa nyicipin tahu (yang udah dingin) dari berbagai macam daerah.

Kalo menurut kamu, kenapa sih naik kereta itu asik?

Other Post