Jenis-Jenis Musik Soundtrack Game

Sama kaya di film, soundtrack juga memainkan peran penting dalam game. Lagu yang pas bisa membuat kita lebih menghayati suasana permainan. Karena game banyak yang menekankan pada kesenangan kompetitif dan memicu adrenalin, maka hal tersebut tercermin juga dari soundtrack yang cenderung bertempo cepat. Kayak gini misalnya:

Musik Metal

Dulu waktu main Need for Speed: Underground, pas lagi asik-asiknya balapan dan tiba-tiba musiknya muter lagu Static-X yang "The Only" entah kenapa bakal langsung berasa kaya masuk ke 'serious mode'. Ya, musik kenceng yang distorsif emang paduan pas banget sama game-game balapan. Begitu juga dengan game tembak-tembakan, berasa tambah gimana gitu kalo soundtracknya jedar-jeder barengan sama ledakan dan desingan peluru. Misalnya kaya lagu "Blow Me Away"-nya Breaking Benjamin yang jadi soundtrack Halo 2. 

Upbeat/Pop Rock

Gak harus metal juga sih, lagu pop pun asal nadanya pas juga seru masuk jadi soundtrack game. Misalnya, FIFA 2000 yang soundtracknya intro-nya diisi Robbie Williams yang "It's Only Us", atau kalo versi PES yang soundtracknya dari Kaiser Chiefs "Thank you very much". Tapi emang soundtrack game bola banyak yang fenomenal, favorit kita di MBDC sih tetep Fat Boy Slim yang "Rockafeller Skank" (FIFA 1999) sama Chumbawamba di game World Cup 1998 yang I get knocked down, but i get up again!. Owyeah!

Instrumental

Untuk urusan soundtrack memang yang bentuknya instrumental lebih pas karena biasanya udah digubah sesuai banget dengan karakter game-nya dan loopnya lebih panjang ketimbang lagu konvensional yang cuma 5 menitan. Selain yang udah melegenda macam ost-nya Mario Bros, coba aja kamu main The Sims (1,2 atau 3), dijamin 4 jam kemudian kamu udah ikutan bersenandung ngikutin nadanya. Musik instrumental di game juga jauh lebih variatif dan sesuai sama situasi game-nya, karena dia nyala terus sepanjang permainan ketimbang ost lagu dari band yang lebih sering nyalanya cuma pas intro, pas lagi jeda sama pas credit roll. Game balapan yang ost-nya instrumental juga ngga kalah seru, seri WipeOut tuh keren-keren semua musik techno-nya, seru buat balapan.

Rap

Kurang asik kalo main game NBA ngga pake lagu-lagu bernada hip-hop. Ngoprek mobil sambil ditemenin "Riders on The Storm" juga rasanya jadi gimana gitu. Atau mungkin ngajak si CJ muter-muter San Andreas sambil nembakin gang musuh, sambil nyetel radio Playback FM di mobil. Yang pasti, musik hip-hop itu atittude-nya khas banget.

Jenis Musik Lainnya

Kreasi dalam membuat ost game itu gak ada hentinya, selalu aja akan ada game-game dengan soundtrack yang keren banget dan asik untuk didengerin. Misalnya, soundtrack Hotline Miami yang  nuansanya psychedelic gitu, dipadu sama gamenya yang grafisnya pixelated gitu, jadi berasa maen game taun 80-an. Etapi tetep, gak ada yang ngalahin kalo lagu dangdut dan lagu band Indonesia dijadiin soundtrack game. Gak percaya? Garis keras penggemar Winning Eleven pasti paham banget ini. Kalo udah main WE yang udah dimodif, misalnya WE 100000 pangkat 1 milyar (sumpah judulnya diubah jadi kaya gitu) musik-musiknya juga diubah biar mengikuti selera lokal. Kamu bisa ampe hapal liriknya"Cinta Satu Malam" sama lagunya Wali yang "Cari Jodoh" kalo maen WE beginian. Soalnya, kalo lagi di rental, lagu ini bisa didenger ampe puluhan kali diulang-ulang terus. Ajegile.

Gitu deh broh. Ada yang mau nambahin?